Contoh Teks Tantangan dan Strukturnya

Contoh teks tantangan dan strukturnya - Halo sobat bloggedewek, ketemu lagi di blog tercinta ini. Pada kesempatan klo ini saya akan memberikan sedikit ilmu kepada Anda mengenai contoh teks tantangan tentang narkoba secara singkat.

Sebelum mengenal lebih lanjut mengenai teks tantangan dan strukturnya, saya akan menjelaskan dahulu mengenai pengertiannya.

Baca juga nih: Contoh dialog showing care

Pengertian teks tantangan



Pengertian teks tantangan adalah teks yang berisi suatu informasi yang berbantahan atau bertentangan terhadap suatu paham yang sedang berkembang di masyarakat.

Teks ini menjadi hal yang biasa digunakan dalam debat, tapi juga harus dilengkapi dengan data-data yang valid untuk membantah hal itu.

Ada banyak sekali contoh yang bisa Anda gunakan seperti contoh teks tantangan tentang sekolah, narkoba, kebakaran hutan, contoh teks tantangan tentang pendidikan dan lainnya.

Struktur teks tantangan

Teks tantangan ini memiliki 3 struktur, yaitu:

*. Pengantar yaitu bagian dari teks yang berisikan tentang topik yang akan dibantah, sering juga disebut sebagai isu.

*. Argumen yaitu struktur teks tantangan yang berisikakan beberapa rangkaian bukti ataupun alasan yang berfungsi sebagai pendukung bantahan.

*. Simpulan yaitu berisikan berbagai pernyataan yang menegaskan suatu bantahan.

Ciri kebahasaan teks tantangan

Jenis cerita ini memang sedikit berbeda pada kaidah kebahasaan yang digunakan. Antara lain meliputi:

*. Kata hubung yaitu kata yang berfungsi sebagai penghubun suatu kata.

*. Diksi (Pilihan Kata) tujuannya agar gagasan teks dapat disampaikan dengan baik dan mudah dipahami.

*. Kalimat kompleks yaitu kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur dan juga satu verba.

*. Kata rujukan ialah kata yang menunjukan suatu rujukan sebagai pemberi informasi.

Baca juga ya: Contoh wawancara singkat dengan petani

Contoh teks tantangan tentang narkoba singkat



Narkoba merupakan suatu bahan aktif yang terdiri dari beberapa rangkaian dan campuran bahan. Campuran bahan yang ada dalam narkoba digolongkan kedalam bahan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif.

Banyak yang bilang bahwa narkoba itu adalah obat yang terlarang dan berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Tapi sebenarnya tak selamanya seperti itu.

Narkoba merupakan suatu obat yang biasa digunakan dalam ilmu medis atau ilmu kesehatan. Kebutuhan narkoba juga sangat banyak bagi para penderita penyakit.

Namun, narkoba yang diberikan dokter kepada pasiennya tentulah sesuai dengan ilmu medis yang berbasis kesehatan. Jadi tidak terlalu berefek samping.

Apabila Anda menemui berbagai pengguna narkoba di jalanan lalu Anda melihat pengguna itu gila, berarti itu karena penyalahgunaan obatnya saja.

Narkoba yang seharusnya digunakan sebagai penyembuh penyakit yang harus digunakan dengan hati-hati, malahan disalahgunakan. Itulah yang mendapatkan citra buruk pada masyarakat.

Teman... itulah contoh teks tantangan yang bisa Anda gunakan.

Strukturnya sudah jelas di teks diatas. Silakan tinggal Anda aplikasikan.

Sekian pembahasan saya mengenai contoh teks tantangan tentang narkoba. Semoga selalu bermanfat.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini yah..