Jenis Nafsu Berdasarkan Islam

Jenis nafsu berdasarkan islam - Halo sobat bloggedewek?. Tahukah kalian apakah arti nafsu dan macam-macam nafsu manusia itu?.

Nafsu itu bisa dikatakan sebuah nyawa dalam jiwa kita. Karena nafsu bisa membuat diri kita merasakan semangat, malas, cinta dan berbagai perasaan lainnya yang bergejolak dalam hati kita.

Nafsu menurut sifatnya ada 2 macam yaitu

*. Nafsu positif
*. Nafsu negatif

Nafsu positif merupakan nafsu yang selalu mendorong pada kebaikan dan juga ketaatan. Bayangkan bila tak ada nafsu, maka kita tak akan bersemangat dalam berbuat kebaikan.

Sedangkan nafsu negatif adalah jenis nafsu yang mendorong seseorang agar selalu berbuat kejahatan dan keburukan terhadap orang lain.

Contoh nafsu negatif adalah malas, suka mencelakakan orang lain, membenci orang lain dan sebagainya yang mana itu adalah semua sifat buruk mahluk yang terhina yaitu setan.

Dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa jenis nafsu berdasarkan islam. Jika ingin mengetahui apasaja macam-macamnya, maka Anda sendirilah yang harus membaca baik-baik dibawah ini.



Jenis-jenis nafsu berdasarkan islam



Menurut islam, setidaknya ada 3 jenis nafsu yang disebutkan, yakni:

1. Nafsu Ammarah

Nafsu ammarah atau dalam Al-Quran disebutkan dengan nama Ammarah bissu' ini merupakan salah satu jenis nafsu yang tingkatanya paling rendah.

Jadi apabila manusia selalu menggunakan waktu-waktunya dengan jenis nafsu ini, maka ia bisa dikatakan seburuk-buruknya manusia. Bahkan lebih baik daripada hewan ternak.

Nafsu ini selalu berusaha untuk berbuat buruk terhadap banyak orang. Apabila orang itu diberi peringatan maka ia akan marah dan bicara kotor.

Intinya nggak pernah mau mendengarkan nasihat baik dari orang lain. Pokoknya nganggep dirinya itu benar dan tidak ada orang lain yang bisa menghentikan perbuatannya.

Jadi jangan sampai Anda terjerumus dengan nafsu dengan jenis ini ya...

2. Nafsu lawwamah

Jenis nafsu yang selanjutnya adalah nafsu lawwamah yaitu nafsu yang sudah mengenal baik dan buruknya perbuatan.

Namun nafsu lawwamah ini termasuk jenis nafsu yang penuh bimbang. Ia berada ditengah tengah dan sangat tidak stabil.

Jadi apabila ada orang yang berbuat buruk maka ia akan ikut-ikutan melakukannya walaupun hal itu sudah tau salah.

3. Nafsu Mutmainnah

Nah, jenis nafsu terakhir adalah nafsu mutmainnah yang merupakan nafsu yang paling baik.

Nafsu ini merupakan nafsu dengan keikhlasan. Hal ini diakibatkan karena orang yang memiliki tingkatan nafsu mutmainnah akan selalu diberi kemudahan, kekuatan dan ketenangan serta petunjuk.

Ia selalu berusaha untuk memperbaiki setiap perbuatannya, selalu berdzikir, dan semua nafsunya berjalan atas dasar kebaikan.

Mereka akan selalu bersyukur dan menerima apa adanya (qonaah) dan Allah rido dan cinta terhadapnya, dan begitupun sebaliknya.

Segala yang diperbuat selalu dalam pengawasan Allah sehingga dirinya selalu berbuat yang benar.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis nafsu berdasarkan islam. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Amiin.

Jangan lupa kunjungi blog bloggedewek terus yah...