Cara Merawat Tanaman Padi Agar Panen Melimpah Ruah

Cara merawat tanaman padi agar panen melimpah - Halo pembaca setia blog bloggedewek semuanya?. Apakabarnya kalian semua hari ini?. Semoga kita semua selalu diberikan kebaikan dan juga kesehatan kepada kita semua. Amiin.

Berbicara mengenai pertanian, banyak sekali hal yang dibicarakan, mulai dari A hingga Z. Betul bukan?.

Salah satu hal yang menjadi pokok dari kegiatan pertanian di Indonesia adalah budidaya padi.

Indonesia sebagai negara agraris seharusnya bisa menjadi pemasok dan juga sentra padi yang begitu besar, bukannya seperti sekarang ini yang mana menjadi negara yang import beras yang begitu banyak setiap tahunnya.

Salah satu hal yang mendasari hal itu adalah dikarenakan hasil panen padi tidak melimpah sesuai dengan harapan. Dalam artian banyak gangguan yang terjadi.

Misal dari petani itu sendiri, yaitu tidak diberi pengarahan dan penyuluhan dari dinas pertanian, serta tidak tahu cara merawat tanaman padi agar panen melimpah.

Dibawah ini saya akan sedkit memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk panduan budidaya padi. Untuk mengetahui cara merawat tanaman padi agar panen melimpah dan maksimal.

Baca juga: Cara budidaya pegagan hasil melimpah

Cara merawat tanaman padi agar panen melimpah





Perlu Anda ketahui, mungkin saja Anda sebagai pembaca adalah seorang petani, menjadi petani adalah hal yang tak lepas dari mengikuti perkembangan jaman. Betul bukan?.

Anda tidak hanya tahu tentang cara menanam padi di sawah sampai panen saja, namun harus tahu yang serba modern dan berbasis lingkungan seperti pembibitan padi modern dan cara budidaya padi organik.

Kenapa Anda harus tahu hal itu?.

Karena, petani itu juga dituntut oleh perkembangan jaman, tak bisa diam saja ditengah jaman yang bergejolak.

Disaat harga padi murah, kita harus menyiasati dengan hal yang baik. Termasuk tahu cara merawat padi agar panen melimpah.

Lalu bagaimanakah cara itu sendiri?.

Apabila kita menilik pertanian luar negeri di negera maju, orang yang punya sawah itu bukan orang miskin. Karena sekali punya sawah bisa sampai ratusan hektar.

Mereka tidak mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, seperti halnya subsidi pupuk atau lainnya tidak ada. Sehingga mereka pun tak memakai pupuk kimia lagi.

Mereka mengembangkan berbagai teknologi dalam merawat tanaman padi itu sendiri, yaitu dengan cara menggunakan teknik pertanian modern.

Mereka menggunakan cara tanam padi terbaik dengan menggunakan benih yang telah dilakukan eksperimen ratusan kali dan juga teknik budidayanya juga telah dikembangkan begitu sangat lama.

Namun hasil panen padi tertinggi menjadi milik mereka.

Dari hasil data, di India sana, mereka mendapatkan hasil panen padi tertinggi sebesar 25 ton perhektar.

Mereka tak menggunakan teknik dan perawatan apapun. Mereka cuma mengandalkan adanya lahan saja. Jadi tanah aja itu bawaan dari sungai, sehingga mereka tidak mempunyai teknik merawat, tapi hasilnya yang sangat dahsyat.

Hal itu sebenarnya dipengaruhi oleh tanah. Semakin tanahnya kaya unsur hara dan mineral, seperti tanah bekas luapan sungai itu, maka itu bisa menjadikan tanaman tumbuh dengan subur.

Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil panen padi melimpah, maka jangan hanya mengandalkan pupuk kimia seperti N, P, K saja.

Tapi gunakanlah pupuk kompos yang mengandung berbagai macam mineral untuk tanaman.

Demikianlah sedikit info mengenai cara merawat tanaman padi agar panen melimpah.

Semoga bermanfaat.

Jadi jika menginginkan info unik sebagai petani modern, silakan kunjungi saja blog ini yah!.

Thanks.