5 Jenis Bisnis Kerajinan yang Menguntungkan Bisa Sampai 100 juta/bulan

Hai sobat bloggedewek, bagaimana kabarnya kalian semuanya?. Apakah kalian sedang nyari bisnis rumahan kerajinan tangan?. Memang saat ini agak sedang booming mengenai jenis usaha kerajinan tangan dalam bentuk yang unik keren serta kreatif.

Apabila Anda ingin menjalankan bisnis usaha krajinan tangan, maka yang perlu Anda perhatikan adalah:

*. Persaingan pasar
*. Minat pasar
*. Bahan baku yang tersedia

Jadi Anda harus mengetahui ke-3 hal diatas. Jadi nantinya gak kalah saing dengan yang lainnya.

Sebelumnya kalian harus liat terlebih dahulu sudah ada atau belum barang yang ingin Anda produksi dipasaran itu. Jika belum ada maka segera saja buat lalu pasarkan. Jangan nunggu-nunggu lagi, karena bagaimanapun juga, waktu juga harus Anda perhatikan. Hal ini agar tidak ada saingan yang mendahului Anda, yang nantinya Anda dicap sebagai plagiat.

Selanjutnya ketahui juga minat pasar, buatlah barang yang unik dan kreatif. Karena orang menginginkan hal itu. Pokoknya beda dari yang lain dan menampilkan fungsi yang tidak dimiliki produk saingan. Perlu Anda tahu, bahwa minat orang asing (luar negeri) terhadap barang produk kerajinan tangan Indonesia sangat tinggi loh. Jadi Anda bisa ekspor nantinya.

Terakhir, pahami juga kebutuhan bahan bakunya. Usahakan seadaanya saja, misal disekitar Anda ada tanaman eceng gondok, ya manfaatkanlah tanaman itu, jika ada akar bambu ya manfaatkan saja. Yang penting ada inovasi yang tinggi dalam menciptakan barang tak bernilai menjadi barang bernilai tinggi.

Jika Anda sudah bisa memahami ke-3 hal diatas, maka Anda bisa langsung aja melihat berbagai jenis kerajinan tangan yang menguntungkan dengan hasil sampai puluhan juta hingga ratusan juta perbulan, berdasarkan para pelaku yang telah menggeluti bisnis di bidang seni kriya maupun fine art ini.

Baca juga: Ide usaha di rumah sendiri yang menjanjikan

5 Jenis Bisnis Kerajinan yang Menguntungkan Bisa Sampai 100 juta/bulan



Ada berbagai jenis bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan, mulai dari usaha kerajinan tangan dari kertas, logam atau juga plastik. Dan semua itu juga bisa sukses loh. Asalkan ada kemauan dan inovasi.

Inilah beberapa usaha kerajinan tangan dari barang bekas yang menguntungkan serta menjanjikan. Mudah dilakukan, pokoknya rekomended deh buat kalian.



1. Pembuatan tas dari kain perca batik



Peluang usaha kerajinan tangan ini juga cukup menjanjikan loh, bagaimana tidak, dengan kain perca batik warna-warni ditempel ditas yang sering dibawa oleh kaum hawa itu, maka akan menjadidi daya tarik tersendiri. Banyak juga yang menyukai jenis satu ini nantinya.

Tips yang bisa Anda lakukan adalah membuat satu atau 2 sampel lalu iklankanlah di FB ads selama seminggu. Apabila respon masyarakat banyak, maka buatlah dalam skala medium hingga jumlah besar.

Jika sudah sukses, jangan lupakan blog bloggedewek ini yah... :) :) :)

2. Aksesoris (Gantungan Kunci)



Anda bisa membuat gantungan kunci yang unik dan menarik. Usahakan beda dari yang lain. Buatlah desain yang belum ada sebelumnya seperti bentuk sabun mandi, betuk meja kursi, bentuk jam atau lainnya. Usahakan jangan menyamai dari pendahulunya.

Serta buatlah dari bahan alam. Namanya aja juga kerajinan tangan. Pasti dari bahan disekitar kita akan lebih mengesankan bukan?. Misalnya dari upih pinang, klobot jagung, akar wangi dan lainnya.

3. Kacamata bingkai kayu



Peluang usaha kerajinan tangan yang selanjutnya ini juga tergolong sukses. Saya pernah membaca dalam sebuah artikel, bahwa bisnis ini bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta perbulan loh...

Bagaimana tidak 1 kacamata saja dijual hampir senilai 1 juta. Walaupun dilihat secara sepintas bentuk maupun lensa kacamatanya sama saja, namun, karena ada hal yang membedakan dan ciri khasnya yaitu bingkainya yang mengkilap itulah yang menampilkan kesan klasik tapi mewah, sehingga banyak orang yang menyukainya. Jadi ini masuk sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan yang patut Anda tiru mulai saat ini.

Baca juga: Peluang usaha di desa terpencil dengan modal kecil.

4. Jam tangan dari bambu



Ini adalah salah satu dari berbagai usaha kerajinan bambu. Anda bisa menciptakan sabuk jam tangan dengan menggantinya menggunakan bambu wulung atau bambu gading yang kuning itu.

Saya yakin, apabila Anda bisa merakitnya menjadi satu produk jam tangan tersendiri, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Strategi pemasaran barang seperti ini gak terlalu sulit. Pertama gaetlah konsumen lokal. Jika memang ada atau banyak yang tertarik, maka Anda bisa menggaetnya dengan merambah ke luar negeri. Saya percaya orang bule banyak yang tertarik.

5. Ikat pinggang dari bungkus kopi



Bisnis kerajinan tangan yang terakhir adalah ikat pinggang dari bungkus kopi yang dilipat lalu disatukan.

Anda pernah lihat tas yang seluruhnya terbuat dari barang bekas berupa bungkus kopi bukan?. Nah, ini prinsipnya sama, Anda tingga membuat anyaman dari bungkus berbagai produk makanan atau minuman. Lalu disatukan memanjang.

Agar terkesan kreatif, maka buatlah antara 1 ikat pinggang dengan yang lainnya memiliki motif dan keunikan yang beda. Selain itu, kekokohan dan ketahanan juga perlu diperhatikan demi konsumen itu sendiri.

Demikian itulah beberapa jenis usaha kerajinan unik yang menguntungkan serta menjanjikan apabila Anda mau bertindak saat ini juga.

Jangan terus berfikir saja, namun teruslah berbuat dan berjuang untung dikenal masyarakat luas melalui kreatifitas dari tangan Anda sendiri.

Teruslah berkarya dan buatlah orang banyak menikmati karya Anda. Jangan pernah berfikir bahwa diri kita tidak akan bisa seperti orang sukses.

Itulah mengenai bisnis kerajinan tangan yang menguntungkan bagi kita semuanya. Saya Achmad Mustakim, sampai jumpa.