Apa Arti dari Pepatah "Men Sana In Corpore Sano"

Hai semuanya.... pernahkah Anda mendengar kata-kata men sana in corpore sano di manapun, misal di dinding sekolah, mading (majalah dinding), gedung olahraga atau bisa juga dibuku?. Lalu apa artinya kalimat itu?

Mungkin sejak kecil kita sudah tahu apa yang dimaksud dengan pepatah mensana in corpore sano tersebut. Namun masih banyak juga yang belum tahu dan belum paham tentang arti dan makna yang terkandung didalamnya.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pengetahuan kepada Anda semua tentang apa maksudnya Men sana In corpore Sano tersebut. Untuk mengetahuinya, silakan simak pembahasannya dibawah ini.



Mens sana in corpore sano ini merupakan sebuah pepatah kuno yang diserap dari bahasa Latin yang artinya: Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat.

Maksudnya ialah apabila di dalam jiwa seseorang itu sehat, maka tubuhnya juga akan sehat. Demikian pula sebaliknya, apabila tubuh orang itu sehat, maka jiwanya juga sehat.

Baca juga: Duduk terlalu lama dan dampaknya bagi kesehatan

Mensana in corpore sano mengandung arti yang dalam bagi kita semua. Terutama bagi pelajar. Namanya juga pepatah, pasti memiliki arti dan makna yang mendalam.

Kita sebagai manusia itu selain punya tubuh kasar atau jasad fisik ini juga punya kelebihan dibandingkan yang lainnya, yaitu kita diberikan jiwa yang sempurna.

Jadi, kita bisa merasakan 2 hal secara bersamaan, misal kulit pada tangan kita terluka, maka jiwa kita juga ikut merasakan rasa sakit itu, sehingga bagian tubuh yang lain ikut merasakan sakit.

Jadi bagaimanapun juga, selama kita hidup didunia ini, dalam kesadaran yang utuh, antara jiwa dan raga kita menyatu. Saling melengkapi, saling merasakan dan saling memahami satu sama lain.

Itulah arti men sana in corpore sano yang sebenarnya. Semoha bermanfaat bagi kita semuanya. Thanks.