Apa Bahaya Kantong Plastik Sehingga di Supermarket Harus Bayar?

Alasan kenapa kantong plastik harus bayar - Mengapa setiap kita berbelanja di supermarket, atau market-market lainnya seperti Indomart, Alfamart atau bahkan di berbagai pasar swalayan , kita harus mengeluarkan uang sedikitnya Rp200 untuk setiap kantong plastiknya?.

Perlu sahabat blog bloggedewek tahu, bahwa dampak negatif kantong plastik terhadap kesehatan manusia dan lingkungan itu cukup berbahaya loh... Bagaimana tidak, banyak sekali kandungan dalam plastik, seperti halnya kurtköy atau iletişim yang sulit terurai dengan baik, butuh ratusan ribu tahun agar dapat terurai dengan baik.

Maka dari itu, Anda juga tidak perlu merasa khawatir karena tidak bisa menikmati plastik secara gratis, atau Anda bisa menggunakan plastik yang jika terkena air akan hancur dan apabila dalam waktu tertentu akan hancur sendiri juga sekarang sudah tersedia. Alias plastik ramah lingkungan.

Dibawah ini, saya akan memberikan 3 dampak negatif plastik, sehingga plastik itu harus bayar setiap kali kita membeli sesuatu.

Silakan simak baik-baik yah...

1. Mempunyai kandungan polyethylene





Pengertian Polyethylene ini adalah sejenis thermoplastic yang terbuat dari bahan sejenis minyak dan termasuk kedalam bahan photodegrade. Ini artinya bahwa plastik ini hanya bisa pecah dan terurai menjadi butiran kecil yang mampu hancur seperti halnya tanah, mulai dari warna hingga teksturnya, tapi untuk mencapai itu dibutuhkan jangka waktu yang sangaaaaaaaaaaaaaat panjang. Dalam masa penguraian, plastik ini akan berubah bentuk menjadi petro-polymers, yang mana ini dapat mengontaminasi tanah dan lingkungan yang terkena seperti air yang merupakan tempat tumbuh bagi berbagai jenis makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, mikroba sehingga akan meracuni semua habitat laut yang ada didalamnya. Racun tersebut masuk ke dalam tubuh kita juga pada akhirnya dan kitapun yang akhirnya kena kan?. Senjata makan tuan tuh namanya.

2. Sulit Terurai



Sudah banyak daerah di Indonesia yang menerapkan dibeberapa daerah. Kota yang menerapkan kantong plastik berbayar di Indonesia sudah banyak, seperti Jakarta dan daerah kecil lainnya yang terdapat pusat perbelanjaan (Store) yang besar. Hal itu dilakukan demi plastik yang sulit terurai kembali, sehingga pencegahan harus segera ditangani sejak dini.

Dengan menerapkan recycle yaitu proses pendaur ulangan limbah plastik maka semua itu bisa teratasi. Namun, tentunya tak semudah yang dibayangkan, karena itu membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan memproduksi dari bijih plastik itu sendiri pada awalnya. Setelah berhasil didaur ulang, nantinya harga jual dari plastik tersebut jauh lebih murah daripada harga daur ulangnya. Lalu apa yang didapat perusahaan?. Kerugian bukan?.

Selain itu, limbah plastik seperti kresek hitam dan hitam putih yang ada disungai-sungai itu gak bisa didaur ulang lagi. Jadi tak semuanya dapat didaur ulang. Paling yang bisa seperti bekas botol air mineral, dan sejenisnya yang keras dan tebal.


3. Racun bagi lingkungan



TPA atau Tempat Pembuangan Akhir dari plastik ialah di tanah pembuangan, sungai, jurang, lautan, danau dan bahkan karena keterbatasan tempat di pinggir jalan raya juga biasanya sebagai tempat pembuangan sampah yang baunya minta ampun. Nah, pada akhirnya kumpulan dan gunung sampah plastik ini akan bertebaran dimana-mana dan dapat meracuni habitat makhluk hidup disekitarnya yang mana hal itu cepat sekali dalam merusak lingkungan dan juga ekosistem maupun rantai makanan yang ada didalamnya.

Ya itulah penjelasan mengenai apa bahaya kantong plastik sehingga di supermarket harus bayar? Semoga kalian memahami maksudnya yah...

Perlu kalian semua tahu, bahwa aturan dari kantong plastik yang berbayar setiap kali kita berbelanja di supermarket atau di berbagai mart lainnya, sepertinya terlihat kurang dan kurang efektif. Hal ini dikarenakan pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan kantong plastik daripada membawa tas sendiri dari rumah saat berbelanja. Padahal,gerakan ini memiliki tujuan yang sangat positif bagi lingkungan yaituu dalam rangka meminimalkan penggunaan kantong plastik yang berbahaya bagi habitat makhluk hidup dan semua biota yang ada didalamnya.
Tentunya kalian semua tak ingin kan bumi yang begitu kita cintai ini rusak parah karena kita terus menerus menggunakan kantong plastik.

Berikut ini beberapa tips penggunaan kantong plastik yang dapat Anda lakukan.

Cara Mengurangi Dampak Buruk Penggunaan Plastik



Bahaya sekali kan dampak negatif plastik?. Maka dari itu, agar dampak negatif dari kantong plastik ini berkurang, serta efek samping berbahaya bagi habitat di lingkungan juga berkurang, maka ada satu tindakan yang perlu kalian lakukan. Yaitu perubahan dan mengadakan penyesuaian gaya hidup sehari-hari untuk mengurangi pemakaian kantong plastik ini. Apakah Anda siap?.

Selalu pakailah kantong kain daur ulang dari penjahit. Atau bisa juga buat kantong belanja sendiri dari kain perca yang kalian bisa temukan di penjahit terdekat Anda. Bisa melatih kreatifitas kita juga kan?.

Kantong dari kain ini selain aman dan nyaman dibawah, juga dapat dipakai berulang-ulang kali untuk menghemat pemakaian plastik dan menghemat pengeluaran uang Anda. Bantuan serta kontribusi dari kalian inilah yang apabila mulai melakukan pemakaian kantong kain secara signifikan, yaitu dengan mulai dari membantu mengurangi pemakaian minyak bumi untuk membuat plastik dan juga menjaga habitat lingkungan semuanya.

Dan juga jangan lupa untuk selalu membawa kemanapun kantong kain kosong sebagai wadah barang Anda saat berbelanja. Jangan lupa, selalu simpan cadangan kantong kain pada kendaraan Anda lalu taruhlah pada tempat yang mudah terlihat dan terjangkau agar Anda terus mengingat untuk membawanya kemanapun Anda berada.

Itu saja mengenai sebab dan akibat kenapa plastik harus bayar saat berbelanja. Semoga bermanfaat.