Cara Membuat Dendeng dari Kulit Singkong Paling Mantap

Cara membuat dendeng dari kulit singkong - Halo sahabat bloggedewek semuanya, Semoga di hari ini menjadi hari yang membahagiakan dan penuh keberkahan bagi kita semuanya. Amiin.

Apakah Anda ingin menjalankan bisnis rumahan yang menjanjikan dan mudah untuk dilakukan?. Jika maka silakan berkreasi dengan menggunakan bahan baku semurah mungkin tapi disukai oleh konsumen.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin berkreasi untuk membuat suatu makanan dari bahan yang murah sekali bahkan gratis, mudah didapat serta banyak disukai oleh masyarakat luas, yaitu berupa dendeng kulit singkong. Iya betul kulit singkong.

Sebelum Anda bertanya ini dan juga itu, maka silakan simak terlebih dahulu mengenai cara mengolah kulit singkong menjadi dendeng yang mudah Anda lakukan.

Cara membuat dendeng dari kulit singkong





Inilah cara bikin dendeng kulit singkong yang bisa Anda buat sendiri dirumah. Pasti bisa deh karena cara mengolah kulit singkong menjadi dendeng ini sangat mudah, tapi rasanya juga nggak kalah sama dendeng daging loh...

Langsung saja inilah beberapa resep dendeng kulit singkong yang dapat Anda buat. Silakan simak baik-baik yah...

*. Alat: alat pengukus (Kukusan), ulekan, wajan, Pisau, Kompor, Panci email, tampah.

*. Bahan: kulit singkong ambon bayi atau raja nangka 10 helai, ketumbar 1 sdm, Ikan teri 1 ons, bawang merah 8 siung, bawang putih 5 siung, gula merah / gula pasir dan garam secukupnya.

Langkah Pembuatan dendeng kulit singkong:

1. Pilihlah kulit singkong yang lapisan kedua bukan yang pertama itu loh.. ya betul yang halus dan berwarna putih atau agak kemerahan itu.

2. Bersihkan dengan cara dicuci dengan air mengalir. Cuci dengan cara disikat, sampai benar-benar bersih, lalu bilas kembali sampai 4 kali.

3. Tiriskan sampai sebagian airnya hilang. Kalau ingin cepat bisa dijemur sebentar.

4. Potong agak kecil-kecil agar mempermudah proses selanjutnya.

5. Rebus kulit singkong yang telah dipotong tadi hingga benar-benar lunak.

6. Tumbuk dengan alat penumbuk berupa alu kecil hingga kulit singkong yang telah direbus tadi lembut.

7. Haluskan semua bahan bumbu-bumbu, dan masaklah di dalam wajan lalu masukkan kulit singkong yang telah ditumbuk tadi ke wajan.

Baca juga: Kisah pengusaha pemuda sukses dibidang kuliner.

8. Setelah itu adonan baru dimasak, aduk-aduk hingga merata, dan kemudian tambahkan gula merah dan penyedap rasa untuk menambah cita rasa kenikmatan. ± 10-20 menit.

9. Jika sudah masak dan bumbu tercampur merata, segera angkat adonan dendeng tersebut lalu segera cetaklah di atas tampah.

10. Ukurlah dan bentuklah dengan cetakan dendeng yang telah disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Namun saya sarankan agar dendeng kulit singkong jangan terlalu tebal agar cepat kering (± 2-4 mm).

11. Jemurlah dendeng selama 3 – 5 hari hingga kering dan jika cuaca tidak bagus, maka bisa di open dengan suhu tak terlalu tinggi.

12. Setelah itu goreng lah dendeng kulit singkong hingga masak.

13. Kemas dendeng kulit singkong yang telah digoreng tadi ke dalam kantong plastik atau wadah lain yang dapat ditutup rapat dan steril.

Ya itulah proses pembuatan dendeng kulit singkong yang dapat Anda buat dengan mudah sendiri dirumah kan?.

Demikianlah cara buat dendeng kulit singkong, semoga pembahasan kali ini berguna bagi kalian semuanya yah.

Dan juga jangan lupa selalu kunjungi blog bloggedewek ini untuk mendapatkan banyak tips dan info unik setiap harinya yah...

Thanks.