Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Saat Tidur

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi saat tidur - Halo sobat bloggedewek, bagi Anda yang baru punya momongan, pastinya Anda akan sangat memperhatikan kondisi anak Anda bukan?. Mulai dari A hingga Z. Betul bukan?.

Buah hati yang terlahir kebumi dari rahim Anda itu merupakan sebuah permata mulia paling berharga yang tak dapat ditukar dengan nilai berapapun. Memang kasih sayang seorang ibu itu menjadi hal yang tak dapat dibayar oleh apapun.

Saat masih bayi, kadangkali berbagai penyakit menyerang tubuhnya, mulai dari flu, batuk, pilek, demam, pusing dan panas. Apakah Anda pernah mengalami anak Anda semacam itu?.

Mungkin dari itu semua yang paling dikhawatirkan adalah penyakit panas dan pilek. Karena banyak bayi yang meninggal akibat penyakit panas. Sedangkan pilek bisa saja menyumbat hidung bayi saat tidur dan dikhawatirkan tidak bisa bernafas.

Kalau kita sebagai orang dewasa tentunya sudah mengetahui cara mengatasinya saat kita berbaring tidur, bila mampet di sebelah kanan maka tidurnya miring ke sebelah kiri, begitu juga sebaliknya. Namun bagaimana halnya dengan si bayi yang belum bisa berbicara itu?. Ya palingan cuma nangis. Iya kan?.

Nah maka dari itu, saya akan memberikan suatu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi saat tidur. Langsung saja simak untuk mengetahui seperti apa tipsnya.

Simak dulu nih: Obat cacing mayang pada anak dan manfaatnya

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari





Ini merupakan cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang dapat digunakan pada bayi yang berumur 1 bulan, 6 bulan, atau saat usia 2 tahun. Bisa Anda lakukan dengan mudah.

Sebenarnya, mengatasi pilek pada bayi baru lahir itu susah susah gampang, apalagi menghilangkan pilek pada bayi secara total. Namun tidak ada salahnya Anda bisa ikuti caranya berikut.

Berikut ini tips atasi hidung tersumbat pada umur balita yang bisa Anda coba.

1. Miringkan bayi

Apabila bayi Anda mampet hidungnya pada sebelah kanan, maka miringkan ke sebelah kiri badannya. Setelah itu biarkan sampai longgar, jika sudah longgar tinggal baringkan menghadap ke atas. Cara ini cukup efektif untuk merangsang lendir yang ada pada hidung si bayi agar tidak mampet.

2. Beri kehangatan

Anda bisa menyelimuti si bayi lalu memberikannya minyak telon hangat pada daerah dada dan leher. Hal ini bisa berguna untuk menghangatkan saluran pernafasan bayi. Sehingga tidak menimbulkan hidung tersumbat terus menerus. Cara ini juga bisa Anda lakukan bersamaan dengan cara yang pertama di atas.

3. Pijat lembut

Anda juga bisa memijat lembut pada daerah sekitar hidung. Cara ini cukup efektif sebagai pelonggar hidung tersumbat. Bisa juga saat memijatnya gunakan sesuatu yang hangat seperti halnya minyak telon. Tapi yang khusus bayi ya, jadi tidak kepanasan dan mengiritasi kulit sensitif si bayi.

Baca juga: Akibat suka makan mie instant paling berbahaya

4. Beri obat

Tentunya jika bayi terkena pilek, maka segera saja bawa ke dokter atau pelayanan kesehatan terdekat. Hal ini agar bisa segera ditangani, salah satunya yaitu untuk menjaga agar lendir tidak keluar dan tidak bikin mampet pada bayi. Pasti ini jadi pilihan terbaik Anda karena ini cara yang praktis dan aman tentunya.

5. Larutan garam

Ini adalah warisan tradisional. Anda bisa mencairkan 1/2 sendok makan garam kedalam 1 gelas air hangat. Lalu masukan kedalam alat semprot kecil (handsprayer) dan semprotkan ke hidung bayi dengan lembut (butiran paling halus). Lakukanlah dengan sangat hati-hati, jangan sampai terkena mata si bayi ya!. Bisa bahaya.

Waaupun ini cara yang bisa dibilang cara alami atau tradisional, namun ini efektif dan manjur untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi saat tidur malam hari.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi saat tidur malam hari. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Tentunya bagi momongan buah hati Anda agar tidak sesak nafas akibat hidungnya mampet.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungannya kembali ke blog bloggedewek ini yah...