Internet Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif

Hai sobat bloggedewek?, kita kan sudah tahu hingga saat ini bahwa pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memang sudah merambah meluas untuk negeri tercinta kita ini. Karena kita tahu bahwa internet di Indonesia mulai sampai ke pelosok negeri.

Manfaat internet sebagai media pembelajaran memang sangat besar, mulai dari guru, siswa dan juga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan lebih efisien karena adanya internet ini.

Namun kekurangan internet sebagai media pembelajaran juga ada tentunya, dengan banyaknya sumber informasi yang tidak terpercaya, membuat banyak orang terjebak dan salah paham akan sesuatu materi pembelajaran itu sendiri.

Baca juga: Peluang usaha yang menjanjikan di masa depan.



Berbeda jika kita menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran seperti pada zaman dahulu, yang mana si pelajar itu bisa mengambil kesimpulan sendiri, sehingga bisa lebih aktif dan punya pemikiran sendiri yang jauh lebih baik.

Jika kita melihat manfaat internet sebagai media sumber informasi, tentunya para siswa jadi malas berfikir lebih. Misal gurunya menugasi mengerjakan penelitian terhadap nya, maka tinggal buka internet aja selesai sudah tinggal di copy paste lalu di print. Kan nggak ada kreatifnya sama sekali!.

Ya itulah salah satu dampak negatif menggunakan internet sebagai media pembelajaran, yaitu membodohi anak sekarang dengan pola pikir yang serba instant, bahwa seolah-olah semua yang ada di internet itu valid, benar, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Maka dari itu, kita harus tahu dan paham jika internet sebagai sumber belajar yang nggak semuanya valid. Nah jika Anda menginginkan sumber belajar dan informasi pembelajaran yang valid, maka segera cari aja di google "bloggedewek blog" maka akan menemukan banyak pengetahuan dan informasi yang bisa Anda jadikan referensi pengetahuan Anda.

Memang sekarang banyak sekali teknologi internet pendamping guru dalam proses belajar mengajar yang memudahkan, seperti halnya edmodo, brainly, bloggedewek dan lainnya. Tapi kadang namanya anak sekolah lebih memilih buka facebook, buka twitter, instagram dan sosial media lainnya yang menyenangkan, sehingga jarang sekali buka media pembelajaran seperti "blog bloggedewek" ini jika tidak diberi tugas oleh guru mereka.

Maka dari itu, gunakanlah internet sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien.

Pilihlah media yang tepat, yang akurat dan dapat dipercaya serta dipertanggungkawabkan kebenarannya.

Maka dari itu, manfaatkan internet sebagai media pembelajaran bagi kita semua. Oke...

Kita bisa lebih bijak dalam menggunakan internet sebagai alat pembelajaran bagi guru murid dan siswa yang saling terhubung satu sama lainnya.

Misalnya guru membuat tugas di blognya lalu siswa mengerjakan dan mengupload juga diblognya. Maka ini akan lebih bermanfaat dan lebih berguna lagi kedepannya.

Jadi jangan sampai internet menghancurkan diri sendiri dan bangsa kita sendiri ya...

Ok. Jangan lupa kunjungi selalu blog bloggedewek yah..

Thanks