Kelebihan Olahraga Bersepeda daripada Olahraga Lain

Manfaat bersepeda - Hai sobat setia blog bloggedewek?. Bagaimana nih kabarnya semua, semoga hari ini menjadi hari yang membahagiakan bagi kita semuanya yah...

Berbicara mengenai olahraga bersepeda adalah olahraga ringan yang dapat kita lakukan kapan saja dan dijalanan mana saja bukan?. Sudah ringan, ramah lingkungan serta menyehatkan tubuh kita tentu menjadi sisi positif dari kegiatan bersepeda itu sendiri.

Saya memang sangat menggemari alat transportasi yang satu ini, dibilang jadul juga tidak, karena bagaimanapun kedepannya saya kira tidak akan punah deh yang namanya sepeda, walau ada banyak inovasi dibidang transportasi, namun keberadaan sepeda kedepannya masih trend juga deh.

Nah langsung aja, inilah beberapa kelebihan olahraga jika dibandingkan dengan olahraga lainnya. Silakan simak.

Kelebihan olahraga bersepeda dibanding dengan yang lain





Olahraga yang hemat uang



Ya betul bukan?. Olahraga berseda merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dibilang murah meriah. Kita hanya perlu membeli awalnya saja, nggak sampe puluhan juta kok, dan harga sepeda tentunya lebih murah dari harha sepedada motor bukan?. Selain itu dari segi perawatannya, sepeda itu perawatannya juga jauh lebih murah dan mudah bukan daripada kendaraan bermotor?.

Tak hanya itu, dengan bersepeda, maka kita tidak perlu mampir ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar, nggak usah diapa-apain kita bisa bersepeda sampai jauh sekalipun. Jadi, setiap kayuhan kakimu pada sepeda yang terus kalian genjot, maka kalian juga menghemat uang dan setiap kayuhan adalah kesehatan.

Simak juga nih: Makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga

Olahraga yang efisien



Kita sekarang tuh bisa dibilang semakin dan semakin dewasa terus bertambah umurnya, hal itu tentunya mengakibatkan kesibukan kita pun bertambah serta makin begitu banyak hal yang mesti dilakukan. Ini kek itu kek pokoknya semuanya super sibuk.

Tapi kebutuhan olahraga juga jangan Anda tinggalkan, karena bagaimanapun juga kesehatan adalah lebih mahal dari apapun
Tapi kalian semua tak perlu khawatir akan terbatasnya waktu untuk olahraga, karena selain manfaat bersepeda sebagai sarana transportasi yang efisien, olahraga juga menjadi hal yang bisa digunakan sebagai alat olahraga sampai Anda berkunjung ke kantor Anda. Ini bermanfaat untuk membakar kalori dalam tubuh Anda, serta dapat menyegarkan hari yang penuh dengan aktivitas.

Macet, panas, sesak, marah adalah sesuatu yang bisa membebani pikiran Anda dan dapat membuat Anda kurang sehat secara fisik maupun batin. Tapi dengan Anda bersepeda ke tempat tujuan, maka itu dapat memberi perubahan yang sangat signifikan bagi kesehatan baik fisik serta mental Anda.

Melatih dan membentuk otot



Manfaat bersepeda selanjutnya adalah mampu melatih berbagai otot dalam tubuh kita. Bersepeda ini dapat mengaktifkan berbagai jenis otot seperti otot pantat, quadricep dan otot lengan, jadi bila kalian terbiasa, maka lama kelamaan otot mulai terbentuk. Tak hanya itu saja, manfaatnya secara keseluruhan akan membuat otot di tubuh lebih mampu mempertahankan keseimbangan diri kita. Hal ini dapat memperbaiki postur tubuh dan kekuatan tubuh kita.

Good mood



Suasana hati yang tenang, nyaman, damai dan selalu bersyukur adalah ciri hati orang sehat secara mental. Dan perlu kalian tahu, bahwa dalam suatu penelitian ilmiah diketahui dengan bersepeda dapat meningkatkan mood, menghilangkan stres. Selain itu juga dapat membentuk suatu hormon dalam tubuh yaitu hormon endorfin yang merupakan hormon pembawa bahagia. Jika Anda amati, saat Anda sendiriri naik sepeda berkeliling ke lingkungan desa Anda, dibanding dengan berkeliling menggunakan sepeda motor, maka Anda merasa nyaman mana?. Merasa bahagia yang mana?. Tentu lebih bahagia bersepeda bukan?. Nah inilah yang disebut good mood sebagai akibat dari bersepeda.

Menurunkan berat badan



Manfaat olahraga bersepeda untuk menurunkan berat badan memang sudah ramai diperbincangkan oleh orang, bahkan ada yang bilang mampu menurunkan berat badan dalam 1 minggu. Dalam sebuah penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan bersepeda, maka tubuh akan terus membakar kalori meskipun orang itu sedang tidak bersepeda. Riset ini dilakukan terhadap para pekerja yang menjadikan sepeda sebagai alat transportasi tiap harinya.

Kenapa kalori terus terbakar walau tidak sedang bersepeda?.

Hal ini yaitu disebabkan oleh otot kita yang bekerja lebih efektif apabila sudah terbiasa dengan bersepeda. Hanya dengan sedikit saja suatu pergerakan, maka itu akan membakar kalori yang jumlahnya lebih banyak daripada mereka yang tidak terbiasa bersepeda. Selain itu, para pesepeda yang sudah sering dan terbiasa ke manapun, mereka mengeluarkan energi untuk mengayuh, mereka akan lebih terbiasa untuk melakukan berbagai kegiatan, tanpa halangan apapun. Hal ini tentunya akan membakar kalori walaupun kita sedang tidak bersepeda.

Baca juga: Cata mengatasi bengkak akibat benturan pada kaki

Pikiran tajam



Manfaat selanjutnya adalah menjadikan otak kita tajam, sehingga kita tidak mudah lupa jadi bisa dibilang kita lebih pintar. Hal ini didukung dalam sebuah riset yang membuktikan bahwa bersepeda yang dijadikan sebagai sarana olahraga harian maka akan dapat menajamkan daya ingat dan pemikiran kita. Ini disebabkan karena dengan bersepeda akan memacu sekaligus mengaktifkan se-sel di dalam otak, yang nantinya ini akan memicu saraf mendorong produksi protein. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat membantu penyaluran saraf untuk berkomunikasi lebih efektif antara satu dengan yang lain. Dan ini akan membuat kita mengalami peningkatan dalam hal menerima informasi dan membuat konsentrasi lebih kuat. Jadi ya bisa dibilang lebih pintar gitu.

Aman dan minim risiko



Kendaraan paling aman bebas risiko kecelakaan adalah sepeda, tapi ada yang bilang bahkan banyak orang menganggap bahwa dengan bersepeda di jalan umum itu hal yang berbahaya, apalagi jika dilakukan di jalanan padat penduduk di kota besar dengan jumlah mobil dan motor yang sangat banyak. Itu salah!. Dalam data perhitungan kecelakaan tahunan tercatat bahwa masyarakat yang meninggal akibat bersepeda itu 1:350000. Jadi ini sangat aman, daripada kendaraan bermotor yang setiap harinya terjadi beberapa puluh kasus.

Itulah berbagai kelebihan olahraga bersepeda daripada olahraga yang lainnya. Semoga ini bermanfaat bagi Anda semuanya. Thanks.

Jangan lupa kunjungan ke blog bloggedewek ini terus yah!... Pasti akan dapat info bermanfaat deh.