Kerja Sambil Duduk dan Mengatasinya demi Kesehatan

Kerja sambil duduk - Hai sobat bloggedewek, apakabarnya semuanya?. Semoga harimu menyenangkan!.

Saya kadang berfikir, apakah saya kerja sambil duduk terus untuk ngeblog baik untuk kesehatan?.

Duduk terlalu lama saat kerja memang bisa menimbulkan beberapa penyakit pada tubuh kita yang membahayakan dalam jangkan waktu panjang. Seperti penyakit kolestrol, jantung, obesitas dan penyakit dalam lainnya.



Hal tersebut diakibatkan oleh keadaan tubuh yang kurang bergerak. Kurang beraktivitas sehingga menimbulkan beberapa gangguan yang dapat terjadi pada tubuh kita ini.

Nah... maka dari itu, saya akan memberikan 5 tips menghindari dampak negatif akibat kerja saat duduk. Langsung saja simak pembahasannya.

1. Olahraga ringan ditempat kerja

Apabila kita bekerja sehari-hari dihadapkan pada laptop atau buku yang menumpuk, maka tak bisa dipungkiri lagi, disitu pasti kita merasakan yang namanya kejenuhan serta kelelahan fisik maupun pikiran. Betul bukan?. Maka dari itu, usahakanlah agar Anda semua dapat meluangkan sedikit waktu paling tidak 5 hingga 10 menit rentang waktu dua jam sekali untuk meregangkan setiap otot-otot tangan maupun wajah.

Caranya yang mudah yaitu dengan melakukan olahraga ringan semacam senam kecil untuk melancarkan peredaran darah tubuh kita. Jika perdaran darah lancar, maka oksigen akan terserap baik kedalam tubuh kita, sehingga kita akan merasakan lebih fresh, meregangkan otot tunuh dan juga menghilangkan rasa kantuk yang membandel pada diri kita.

Baca juga: Pose senam wajah sederhana dalam waktu singkat

2. Sering minum air putih

Apabila Anda kerja sambil duduk terus seperti dikantor, maka Anda harus sesegera mungkin menyiapkab segelas air putih. Karena biasanya orang yang terlalu asyik duduk didepan komputer, maka akan betah banget. Yang terpenting, jangan sampai Anda biarkan tubuh Anda sendiri terkena dehidrasi.

Kita tahu bahwa air putih itu dapat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh kita. Hal itu bermanfaat dalam mengontrol kalori serta menurunkan berat badan, meningkatkan stamina tubuh, menjaga kesehatan ginjal dengan baik, meningkatkan produktivitas dan mood seseorang, mencegah penuaan dini, meningkatkan fungsi kerja otak, sebagai obat demam alami, serta bermanfaat juga dalam membantu meningkatkan sistem peredaran darah.

3. Parkirlah kendaraan Anda pada tempat yang jauh

Kenapa demikian? .... Hal ini sebenarnya bermanfaat bagi tubuhmu loh, yaitu dapat membantu untuk bergerak sedikit lebih banyak lagi. Hal ini bisa meningkatkan dan menjaga kebugaran tubuh kita.

Perlu Anda tahu, bahwa berjalan itu manfaatnya luar biasa loh... dari berbagai penelitian para ahli media, bahwa berjalan terbukti mampu menurunkan kolesterol serta meminimalisir terkena penyakit jantung. Tak hanya itu loh, ada manfaat lain dari berjalan, yaitu dapat mencegah diabetes tipe 2, melawan obestlitas, meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi stress, menenangkan mood, serta dapat juga mencegah osteoporosis.

4. Lewat tangga, jangan pakai lift

Duduk dikantor lama berjam-jam demi sebuah pekerjaan adalah hal yang harus dilakukan. Jadi lewat tangga saat berangkat kerja rasanya menyia-nyiakan waktu bukan?. Ya ini memang sulit kayaknya apabila ada lift di kantor Anda. Ya kan?. Walaupun ada lift di kantor, saya sarankan agar Anda selalu gunakan saja tangga manual. Ini banyak manfaatnya loh, selain meningkatkan produktivitas kerja, hal ini juga bisa memacu jantung Anda agar bekerja lebih baik dan lebih optimal lagi kedepannya. Jadi lebih sehat deh pokoknya.

Simak juga deh: Dampak negatif dari makanan yang mengandung soda

5. No for chatting

Jika sudah dengan 1 orang kita chating chatingan alias ngobrol secara online, apalagi itu orang tersayang, maka itu akan kebablasan dan memaksa Anda untuk terus bekerja. Untuk itu, rubahlah kebiasaan chatting yang terlalu sering yang gak penting, kurangi sedikit demi sedikit ya....

Ini nih tipsnya, yaitu jika kursi rekan Anda berada tidak jauh dari kursimu, maka gunakan kaki untuk berjalan dan diskusi menuju ke tempatnya sana.Memang terkesan tidak efisien dan menyita waktu serta tenaga. Tapi yakinlah, bahwa hal itu akan membuatmu lebih sehat dan lebih terhindar dari efek negatif terlalu lama duduk saat kerja seperti sakit pinggang belakang, sakit lutut, pusing saat berdiri dan sebagainya.

Demikianlah 5 tips menghindari dampak buruk terlalu lama duduk saat bekerja. Semoga bermanfaat!.

Salam bloggedewek