Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal

Mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal - Hai sobat bloggedewek, bagaimana kalian kabarnya semua?. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya setiap saatnya. Amiin.

Pernahkah Anda dalam pelajaran IPA Fisika mencoba memasukan tangan Anda kedalam air. Yang satunya air agak panas, lalu yang satunya air dingin. Lalu memasukannya kedalam air bersuhu normal.

Apa yang terjadi?

Tadi tangan yang dimasukan kedalam air panas akan merasakan dingin, dan yang tadinya hangat akan merasakan hangat. Betul bukan?.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal dan baik. Karena air itu tidak hangat bisa-bisa kita katakan hangat karena kita baru saja memasukannya kedalam air es.



Selain itu ada beberapa alasan lain dari hal tersebut. Yaitu:

1. Sensifitas kulit tiap orang berbeda

Syaraf peransang suhu pada tiap-tiap orang itu berbeda, jadi ada yang sudah merasakan panas ada yang mengatakan baru agak hangat.

2. Tidak ada Standard yang tepat

Jika kita lihat alat pengukur suhu termometer, kan ada standardnya yaitu angka-angka penunjuk yang bisa kita jadikan patokan. Angka-angka ini akan menjadi standar untuk mengukur yang pasti hasilnya akan sama. Indra perasa kita hanya bisa merasakan suhu panas dan dingin saja, tidak ada ukurannya.

Baca juga: Cara menggambar pemandangan pantai langkah demi langkah.

3. Tidak semuanya sama

Inilah yang menjadi alasan kuat mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal. Karena jika kita tes di berbagai belahan dunia tidaklah sama seperti thermometer. Jika kita tes dengan air yang sama, orang gurun sahara dengan orang kutub utara akan merasakan hal yang berbeda. Jadi tidak semuanya sama.

Itulah berbagai alasan mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal dan baik. Jadi sudah tahu kenapa kan?.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa jika butuh informasi lebih lanjut, bisa Anda kunjungi lagi blog ini dengan label pendidikan.

Thanks.