Mengapa Keberagaman dalam Masyarakat dapat Menimbulkan Pertengkaran?

Mengapa keberagaman dalam masyarakat dapat menimbulkan pertengkaran? - Hai sobat bloggedewek semuanya?. Apakabarnya nih semua... semoga selalu sehat ya dimanapun dan kapanpun juga.

Berbicara mengenai keberagaman, seharusnya kita sudah dapat memahaminya dengan baik. Karena kita tahu, Indonesia adalah surganya keberagaman. Mulai dari kebergaman suku, budaya, bahasa, masyarakat hingga lokasinya juga beragam.

Keberagaman ini tercipta agar kita saling mengenal satu sama lain, saling memahami, dan bisa saling mendapatkan keuntungan dari sesuatu yang berbeda dari masing-masing hal yang dimilikinya itu.

Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari adanya perbedaan yang ada itu. Namun ada kalanya itu bisa berdampak negatif karena adanya salah paham atau hal lainnya sehingga menimbulkan pertengkaran dan lainnya.

Lalu bagaimana upaya agar keberagaman di indonesia tidak menimbulkan kehancuran bangsa dan negara lain?. Untuk mengetahuinya, silakan simak saja pembahasannya dibawah ini.

Mengapa keberagaman dalam masyarakat dapat menimbulkan pertengkaran





Dibalik berbagai manfaat keberagaman dilingkungan sekitar kita, kadang akan menimbulkan suatu hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah pertengkaran. Lalu kenapa itu bisa terjadi?.

5 hal dibawah ini bisa jadi sedikit referensi bagi Anda:

1. Kurangnya kesadaran akan kerukunan dan kebersamaan

Mereka belum paham betul akan pentingya hidupp rukun dan hidup berdampingan dalam suatu lingkungan keberagaman. Mereka belum terlalu memahami apa saja nantinya manfaat yang bisa didapat.

2. Terlalu menonjolkan ego

Kelompok sini ingin seperti ini, kelompok itu ingin seperti itu, dan mereka tidak mau ada yang bersatu, hanya mementingkan ego atau rasa ingin menang, ingin benar dan ingin kuat sendiri. Jadi hal ini bisa menimbulkan pertengkaran.

3. Tidak adanya sikap saling menghargai dan menghormati

Bagi mereka yang tidak ada menghormati orang lain, maka dirinya itu juga tak akan dihargai. Sikap tidak saling menghargai ini bisa menimbulkan cekcok dan pertengkaran.

4. Kurangnya wawasan

Berkurangnya wawasan tentang budaya lain dan perbedaan dari golongan lain juga sangat berisiko menimbulkan hal yang tidak baik kedepannya.

5. Pola pikir saat ini (sosialisme yang buruk)

Pola pikir yang cenderung modern dan instan saat ini yang inginya cepat dan lebih mudah, maka segala cara akan ditempuh, termasuk melecehkan pihak lain demi diri sendiri. Inilah yang bisa menimbulkan pertengkaran.

Baca juga: Contoh memproduksi teks opini tema sosial

Lalu bagaimana upaya yang bisa dilakukan?.

Saling menghargai, saling mengasihi, saling tolong-menolong dan mempunyai pola pikir sosial yang bagus, dan berbagai hubungan mutualisme lain dan jangan saling menghancurkan, memusuhi, atau melecehkan adalah hal yang bisa kita lakukan agar keberagaman bisa jadi hal yang indah.

Maka dari itu, ciptakanlah keberagaman di Indonesia ini menjadi keberagaman yang lebih baik dan penuh akan kedamaian.

Demikianlah pembahasan dari blog bloggedewek mengenai mengapa keberagaman dalam masyarakat dapat menimbulkan pertengkaran.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungan lain waktu yah...