Mengapa Struktur Sekolah Satu dengan yang Lain Berbeda?

Mungkin Anda berfikir atau sedang mencari berbagai jawaban mengapa struktur sekolah satu dengan yang lain berbeda alias tidak sama. Tapi kenapa bisa begitu?, untuk mengetahuinya, silakan simak pembahasannya dibawah ini.

Perlu Anda tahu, bahwa struktur organisasi dan tugasnya masing-masing sekolah itu berbeda-beda, tidaklah sama. Dan jika Anda tanya kesatu sekolah dengan sekolah yang lainnya, pasti beda.

Lalu apa penyebabnya?

Penyebab perbedaan struktur organisasi sekolah itu banyak hal, diantaranya karena umur sekolah. Jika sekolahnya masih baru, maka strukturnya juga sedikit.

Nah, berikut ini beberapa struktur organisasi sekolah yang sering ditemui. Yaitu:

1. Kepala Sekolah
2. Wakil kepala sekolah
3. Urusan kurikulum
4. Urusan kesiswaan
5. Urusan perlengkapan sarana prasarana
6. Urusan Humas (Hubungan Masyarakat)
7. Guru Mapel
8. Wali Kelas
9. Guru BK
10. Pustakawan sekolah
11. Pengelola laboratorium
12. Kepala TU
13. Bagian TU

Nah itulah gambaran struktur organisasi sekolah secara umum.



Namun mungkin disekolah Anda tidaklah demikian. Berbeda dari yang diatas, lalu apa saja yang menyebabkan itu?. Silakan simak keempat faktor berikut.

1. Kebijakan Sekolah

Kebijakan yang diatur oleh kepala sekolah atau secara turun temurun bahwa disitu tidak boleh ada perubahan struktur organisasi, maka akan menyebabkan hal itu menjadi berbeda dengan sekolah lainnya.

Baca juga: Cara mendapatkan uang tambahan bagi siswa pelajar.

2. Umur sekolah

Jika sekolah belum lama, maka anggota sekolah seperti guru dan siswanya juga sedikit. Jadi kan struktur organisasinya sedikit pula.

3. Fasilitas sekolah

Semakin banyak kegiatan dan fasilitas sekolah, maka semakin banyak juga susunan struktur organisasi sekolahnya. Jadi misalkan ada perpustakaan, maka ada juga guru yang jadi pustakawan.

4. Tipe sekolah

Misalkan sekolah SMK, kan dalam struktur pasti ada yang bagian BKK (Bursa Kerja Khusus), yang mana membantu menghubungkan antara siswa dengan industri. Belum lagi sekolah tipe lain, pasti memiliki struktur yang berbeda.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai mengapa struktur sekolah satu dengan yang lain berbeda.

Semoga Anda dapat menemukan jawabannya dengan baik. Sampai jumpa bertemu kembali di blog bloggedewek ini ya teman-teman semua. Thanks.