Mengapa Struktur Usus Halus yang Memiliki Vili Lebih Efektif saat Menyerap Bahan Makanan?

Mengapa struktur usus halus memiliki vili yang lebih efektif saat menyerap makanan - Hai sobat bloggedewek, apakabarnya nih...

Berbicara soal pendidikan terutama dalam bidang IPA biologi, saya akan mengulas sedikit mengenai mengapa struktur usus halus yang memiliki vili lebih efektif saat menyerap bahan makanan. Untuk mengetahuinya, silakan simak saja pembahasannya dibawah ini.

Apa itu vili pada usus halus?

Sebelum kita ke pembahasan lebih lanjut, ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu apa itu villi. Dan apa kegunaannya. Nah sebagai gambaran, saya akan memberikan contoh gambar vili. Silakan amati:



Sudah punya gambaran dengan ilustrasi diatas?.

Vili adalah benda-benda kecil yang mirip dengan benang berdiri yang melapisi usus agar dapat secara efektif meningkatkan luas permukaan dinding usus.

Fungsi utama dari vili pada usus halus ini yaitu sebagai alat untuk meningkatkan efektivitas penyerapan nutrisi dari berbagai makanan yang melewati melalui usus halus tersebut.

Kenapa penyerapa jadi lebih efektif?

Karena luas permukaan dinding usus menjadi lebih luas, jadi lebih cepat terserap. Sama halnya dengan Anda menjemur pakaian, jika Anda gulung-gulung pasti air yang ada dalam pakaian akan terserap lama, tapi jika Anda bentangkan, sehingga permukaannya luas, maka penyerapan air oleh sinar matahari akan lebih cepat. Sehingga lebih cepat kering.

Anda dapat menemukan berbagai artikel tentang pertanyaan yang sedang Anda cari jawabannya dengan membuka berbagai artikel di blog ini dengan label pendidikan


Perlu kalian tahu, bahwa vili itu memiliki tingkat penyerapan 30 sampai 600 kali lebih tinggi dari penyerapan bagian lainnya. Vili ini bisa menyerap berbagai cairan, asam amino, gula sederhana dan berbagai zat lainnya.

Lalu, zat yang diserap itu kemudian akan tertranspos ke dalam aliran darah melalui difusi sederhana. Dari situlah, zat-zat itu akan diangkut ke seluruh tubuh bisa langsung digunakan atau disimpan dalam bentuk cadangan makanan.

Demikianlah pembahasan seputar mengapa struktur usus halus yang memiliki vili lebih efektif saat menyerap bahan makanan.

Jadi Anda sudah paham bukan?. Ditunggu kunjungan keblog bloggedeweknya lagi ya kawan!. Thanks