Mengapa Terjadi Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara?

Hai sobat blog bloggedewek, bagaimana kabarnya kalian semua nih... Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelasakan kepada teman-teman semuanya mengenai mengapa terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara, apa saja penyebabnya.

Nah sebelum membahas lebih lanjut, saya ingin memberikan penjelasan kepada teman semua mengenai apa yang dimaksud hak dan kewajiban.



Pengertian hak:

Hak merupakan segala sesuatu yang diperoleh dan wajib didapatkan oleh setiap orang, asalkan kita telah melakukan kewajiban kita.

Pengertian kewajiban:

Kewajiban yaitu segala sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan penuh kesadaran disamping hak yang telah kita terima.

Jadi, keduanya adalah hal yang saling terhubung secara bersamaan.

Pasal-pasal tentang hak dan kewajiban diatur dalam:

*. Pasal 27 ayat 1
*. Pasal 28 D ayat 3
*. Pasal 30 ayat 1

Selain itu, asal yang menyatakan kewajiban warga negara tercantum dalam pasal 28 J ayat 1 dan pasal 27 ayat 1 UUD 1945.

Baca juga: Mengapa Struktur Usus Halus yang Memiliki Vili Lebih Efektif saat Menyerap Bahan Makanan?

Lalu mengapa terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?

Pelanggaran hak warga negara ini dapat terjadi disaat warga negara tak dapat memperoleh semua haknya yang seharusnya ia dapat dan ia miliki sebagaimana mestinya yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

Pelanggaran hak warga negara ini juga merupakan akibat dari adanya kelalaian dan atau pengingkaran terhadap kewajiban baik yang dilakukan oleh individu, organisasi, perusahaan, maupun oleh pemerintah.

Sedangkan pengingkaran dapat terjadi karena tingginya sikap egoisme (ingin menang sendiri) yang dimiliki oleh setiap warga negara, sehingga yang ada di pikirannya dan hatinya itu hanyalah sebatas tentang bagaimana cara mendapat haknya, sementara yang menjadi suatu kewajibannya dilupakan.

Tak hanya itu, rendahnya kesadaran hukum setiap warga negara juga mendorong lebih jauh sehingga menyebabkan terjadinya pengingkaran kewajiban oleh warga negara.

Demikianlah pembahasan mengenai pelajaran PPKn tersebut. Semoga kita menjadi warga negara yang dapat menikmati setiap hak dari kewajiban yang telah kita perbuat.

Jangan lupa jika butuh informasi unik, kunjungi saja blog bloggedewek ini yah..