3 Contoh Hasil Penambangan Perut Bumi yang Digunakan Sebagai Sumber Energi

Mungkin kalian bertanya-tanya dengan pertanyaan "sebutkan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi?". Jika ya silakan ikuti pembahasannya dibawah ini.

Penambangan adalah salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya alam di bumi ini. Penambangan tak hanya berbentuk bahan energi saja, namun ada juga yang digunakan sebagai bahan perhiasan misal emas, berlian, perak dan sebagainya.



Nah tapi sebagian besar penambangan di Indonesia ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali secara penuh sumber daya alam yang digunakan sebagai sumber energi.

Nah dibawah ini saya akan menjelaskan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi.

1. Minyak bumi

Minyak bumi ini yang paling laris dengan hasil olahannya berupa bensin, solar, minyak tanah dan sebagainya.

Ini yang bisa disebut bahan bakar. Dan penambangan ini biasa dilakukan didaerah laut lepas yang memang terdapat bahan minyak bumi.

Baca juga: Kata-kata yang mempunyai akhiran sama.

2. Batu bara

Batu bara ini menjadi bahan bakar yang dahulu digunakan sebagai sumber energi kereta. Namun sekarang pemanfaatan batu bara seringnya digunakan sebagai pengganti kayu bakar.

Namun energi ini lebih ramah lingkungan daripada minyak bumi yang menghasilkan oktan, CO2, bahkan monodioksida yang berbahaya.

3. Uranium

Inilah sumber energi yang sangat mahal. Bahkan harganya 100 kali lipat emas. Kenapa bisa begitu?.

Karena uranium ini sangat langka dan membahayakan. Biasanya hanya negara maju yang memiliki nuklir yang membelinya. Karena bagaimanapun uranium ini adalah bahan untuk nuklir.

Ya itulah 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi.

Kita sering menggunakan yang nomor 1, dan ada juga yang menggunakan nomor 2. Namun yang nomor 3 saya rasa sangat jarang.

Semoga artikel ini membantu kalian semuanya.

Jangan lupa selalu kunjungi blog bloggedewek ini yah...

Thanks.