Apakah Menonton TV terlalu Dekat Picu Mata Minus?

Apakah Menonton TV terlalu Dekat membuat mata rusak? - Hai sobat bloggedewek, gimana kabar kalia semuanya, semoga hari ini menjadi hari yang menyenangkan bagi kita semuanya.

Pernahkah kalian mendengar bahwa apabila menonton TV terlalu dekat misal jarak 1 meter itu menyebabkan mata minus?.

Namun itu mitos atau fakta?.



Untuk mengetahuinya silakan simak pembahasannya dibawah ini yah..

Sebenarnya menonton TV terlalu dekat itu tidak akan memicu mata minus atau rusak. Kecuali pada anak kecil.

Ya benar, anak kecil yang biasanya berumur 1-4 tahun memang belum memiliki otot-otot yang kuat, termasuk otot mata ini. Sehingga hal ini akan dapat mengakibatkan mata minus dalam waktu lama.

Jika kita lihat sekarang ini sudah banyak anak umur 2 atau 3 tahun yang sudah diharuskan memakai alat bantu pengelihatan. Yaitu kacamata minus.

Hal itu karena semenjak kecil mereka sudah diajak oleh orang tua untuk menonton TV terlalu dekat, sehingga mereka selalu ketagihan menonton TV yang lama kelamaan menjadi matanya untuk melihat agak kabur saat melihat jarak jauh.

Sebenarnya masalah kesehatan yang biasa dialami oleh selain anak- anak kecil ini adalah karena adanya hubungan dengan kram dan kelelahan mata. Itu tentu bisa disembuhkan dengan cara mengistirahatkan mata.

Namun, pada anak kecil itu bagian dalam mata belum sempurna dalam mengembang dan pipih. Jadi jika terpacu melihat Televisi terlalu dekat, maka bisa menimbulkan silinder mata tidak efektif lagi dalam mengembang dan mengempis sehingga menimbulkan pandangan kabur.

Lalu bagaimana jika untuk orang dewasa?.

Saya rasa itu gak masalah. Karena TV jaman sekarang telah dibekali teknologi yang aman ditonton tidak seperti dahulu. Sehingga hal ini tidak menimbulkan mata minus walaupun ditonton terlalu dekat.

Namun biasanya yang terjadi adalah kelelahan. Sehingga minimal setiap 20 menit, alihkan perhatian Anda agar tidak melihat TV terus menerus.

Inilah beberapa tips agar mata anak Anda sehat walau sering menonton TV:

1. Ataur jarak dari TV sejauh 3-4 meter

Ini jarak yang pas untuk menonton TV. Jadi gak terlalu dekat maupun terlalu jauh.

2. Cahaya sekitar tak boleh redup

Ini juga penting, jika cahaya disekitar Anda gelap, maka radiasi cahaya akan mengenai tajam ke mata. Jadi jangan nonton TV saat lampu dimatikan.

Baca juga: Dampak negatif terlalu sering menonton TV bagi anak, remaja, orang tua, masyarakat.

3. Lakukan teknik 20 20 20

Apa itu teknik 20 3 kali?.

20 menit sekali berhenti sejenak menonton TV selama minimal 20 detik dengan mengalihkan pandangan mata ke benda dengan jarak sekitar 20 meter.

4. Atur kecerahan TV

Atur brightness dan kontrasnya agar enak dan tidak terlalu menyilaukan mata.

Demikianlah pembahasan mengenai menonton TV terlalu dekat yang picu mata minus pada anak dibawah 4 tahun.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita semuanya. Amiin. Jangan lupa selalu berkunjung ke blog ini yah...

Thanks.