Cara Membuat Vaksin Unggas Alami Tradisional

Cara membuat vaksin unggas alami - Halo kawan blog bloggedewek sekalian... kalian memiliki berbagai hewan ternak?. Tapi saat masih kecil sering mati penyakitan?.

Mungkin kalian punya bebek, itik, ayam kampung, atau angsa. Kalian tetaskan sendiri secara alami, maksudnya diangkremi oleh induknya. Nah nantinya sebenarnya, anaknya itu perlu divaksin.

Tujuan pemberian vaksin pada anal ayam (DOC), anak bebek (DOD) dan berbagai jenis ternak unggas lainnya adalah untuk melatih daya tahan tubuh (sistem imun) si anak ayam agar suatu saat ada virus menyerang, maka badannya sudah kebal.

Jenis-jenis vaksin unggas itu banyak sekali, untuk kebal terdap penyakit ini harus pake jenis ini, penyakit itu, harus pake vaksin itu. Jadi harus paham akan jenisnya sebelum memberikan vaksin.

Baca juga: Cara budidaya cacing tanah untuk

Ada berbagai penyakit mematikan yang perlu di vaksin, seperti tetelo (NCD), berak kapur, flu burung, dan lainnya.

Mungkin kalian sudah paham mengenai manfaat dan keharusan untuk memberikan vaksin pada unggas ini bukan?. Namun kalian gak tahu lokasi tempat membeli vaksin jual vaksin unggas dan berapa harga vaksin unggas, yang bisa saja mahal.

Maka dari itu, disini saya akan memberikan sedikit tips dan cara membuat vaksin tepatnya vaksin unggas tradisional.

Sebenarnya ini bukan vaksin seperti umumnya, tapi ini adalah jamu ternak unggas. Yang memiliki fungsi sama untuk menjaga sistem imun unggas.

Lalu bagaimana cara membuatnya?. Untuk mengetahuinya, silakan simak saja pembahasannya dibawah ini.

Cara Membuat Vaksin Unggas Alami Tradisional Mudah Simple



Yang kita butuhkan disini hanya satu saja, yaitu bawang putih asli.

Benar sekali, bawang putih ini memiliki kandungan antibiotik yang sangat baik bagi perkembangan dan daya tahan tubuh hewan ternak milik Anda.

Dengan adanya antibiotik inilah hewan ternak Anda akan lebih bisa beradaptasi di berbagai lingkungan. Selain itu, akan jarang terkena penyakit.

Sekedar info, inilah khasiat bawang putih yang ampuh sebagai vaksin. Dan inilah alasan saya menjadikan bawang putih ini menjadi terbaik untuk unggas Anda.

*. Minyak atsiri yang berkhasiat sebagai anti bakteri dan antiseptik.*. Allicin dan aliin dalam bawang putih yang bermanfaat sebagai daya anti kolesterol untuk mencegah darah tinggi dan penyakit jantung koroner.
*.Pada umbi bawang putih ada kandungan senyawa kimia, mineral dan vitamin yang banyak, sedikitnya yaitu :
1. Kalsium yang memiliki sifat menenangkan dan cocok bagi penguatan tulang anak ayam.
2. Saltivine yang bermanfaat dalam mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel syaraf ayam.
3. Diallysulfide, alilpropil-disulfida yang merupakan senyawa alami sebagai anti cacing untuk anak ayam dan unggas lainnya.
4. Belerang
5. Protein sebagai regernasi sel dan pertumbuhan bulu anak ayam.
6. Lemak sebagai cadangan makanan.
7. Fosfor
8. Zat Besi
9. Vitamin A
10. Vitamin B1
11. Vitamin C.

Banyak sekali sebenarnya selain itu, tapi tahu itu saja juga sudah cukup. Sehingga membuktikan bahwa bawang putih sebagai vaksin alami itu cocok.

Lalu bagaimana cara mengaplikasinnya?.



Untuk mengaplikasikan vaksin alami ini, kita hanya perlu menggunakan 2 siung bawang putih ukuran sedang dan menggunakan cara tradisional.

Siapkan bawang putih, lalu tumbuk halus dan masukan kedalam wadah yang berisi 1 gelas (200 ml) air hangat higenis.

Aduk sampai tercampur merata dan tambahkan sedikit garam dapur beryodium.

Berikan saat pagi hari sebelum makan dan minum apapun. Berikan selama 1 minggu setelah anak ayam berumur 3 hari setelah menetas.

Usahakan berikan selama 7 hari full pada pagi hari, dan dosis itu bisa untuk puluhan anak ayam... asalkan habis saja. Dan usahakan beri jarak antara ½-1 jam dari pemberian ramuan obat ini sebelum memberi makan fur.

Mudah bukan?

Pastinya kalian bisa mengaplikasikannya sendiriri dirumah.

Jika kalian butuh informasi lebih lanjut atau ingin diskusi mengenai masalah cara membuat vaksin unggas alami tradisional untuk hewan ternak Anda terutama anak ayam. Maka silakan tuliskan pendapat Anda dikolom "Pendapat" dibawah.

Sekian dari blog bloggedewek... semoga bermanfaat.

Thanks.