Tipe dan Gaya Kepemimpinan Jack Welch

Jack Welch adalah seorang tokoh yang terkenal karena kepemimpinannya saat ia menjabat sebagai Pemimipin dan Ketua Eksekutif dari General Electric (GE) pada periode 1981-2001. Ia memiliki nama lengkap Francis Welch Jr. yang lahir pada tanggal 19 November 1935.

Reputasi gemilangnya itu diraih karena kecerdasan bisnis yang tinggi dan strategi kepemimpinannya di GE. Ia tetap menjadi tokoh yang disegani oleh semua kalangan bisnis karena strategi manajemennya yang inovatif dan gaya kepemimpinannya yang beda dari yang lain.

Nah pada saat itu si Jack Welch ini membawa perubahan radikal yang berdampak pada kemajuan perusahaan yang ia pimpin itu .

Gaya kepemimpinan Jack Welch



Tipe kepemimpinan apakah yang diterapkan oleh jack welch?


Kita tahu bawa kepemimpinan jack welch ini memiliki tipe yang memiliki visi dan misi untuk Bergerak maju dan terus melakukan perubahan yang lebih baik.

Jack Welch Quote: "Temukanlah ide-ide besar, lalu kembangkan ide-ide tersebut, kemudian sebarkan keseluruh unit usaha anda. Karena perubahan itu terjadi lebih cepat dibanding reaksi bisnis terhadap perubahan itu sendiri.”


Gaya kepemimpinan jack welch inilah yang membuat banyak orang meniru gaya dan model nya. Dan banyak juga yang bisa mengikuti jejak beliau.

Berikut ini beberapa pemahaman singkat tentang Tokoh satu ini yang semoga bisa bermanfaat bagi kalian.

Ia mulai berkarir





Jack Welch bergabung dengan General Electric saat tahun 1960, waktu ia bekerja sebagai insinyur muda di Pittsfield, Massachusetts. Dan saat ia tidak puas dengan kenaikan gaji yang diterimanya dan dengan birokrasi yang ada didalam GE. Ia merencanakan untuk meninggalkan perusahaan itu untuk bekerja pada International Minerals & Chemicals di Skokie, Illinois.

Tapi, Reuben Gutoff, seorang eksekutif muda dua tingkat di atasnya, memutuskan bahwa Welch terlalu berharga untuk dilepas. Ia mengajak Welch dan Istrinya dalam jamuan makan malam direstoran Yellow Aster dan menghabiskan berjam-jam untuk meyakinkan Welch untuk terus bertahan. Gutoff lalu berjanji akan mengubah birokrasi yang ada dan menciptakan nuansa perusahaan kecil di GE..

Kemudian Welch diangkat menjadi wakil presiden direktur di GE pada 1972. Kariernya menanjak menjadi wakil presiden senior pada tahun 1977 dan wakil ketua dewan direksi pada tahun 1979. Padatahun 1981, Welch menjadi CEO termuda GE, menggantikan Reginal H. Jones. Pada tahun 1982, Welch telah membongkar sebagian besar manajemen yang dibangun oleh Jones.

Berkat gaya kepemimpinan yang memang telah ada di darah dan dagingnya, ia akhirnya menjadikan GE berkembang pesat.

Eh... ini menarik juga loh untuk dibahas.... Gaya kepemimpinan Rasulullah Muhammad dan cara sukses beliau

Kemajuan GE sebagai bukti gaya kepemimpinannya yang terbaik



Lalu di tahun 1986, GE mengakuisisi NBC, yang berlokasi di Rockefeller Center. Saat itu juga, Welch akhirnya menempati kantor di gedung GE di Rockefeller Plaza.

Sekitar tahun 1990an, Welch lalu membantu memodernisasi GE dengan berpindah dari manufaktur menjadi jasa keuangan lewat banyak akuisisi. Welch mengadopsi program kualitas Six Sigma dari Motorola di akhir 1995.

Ia membawa perusahaan mencapai pendapatan yang sangat besar. Lalu sekitar tahun 1980 sebelum Welch menjadi CEO, GE mencatat pendapatan sekitar 26, 8 miliar dollar AS, sekitar tahun 2000, satu tahun sebelum ia mundur, pendapatan perusahaan meningkat menjadi130 miliar dollar.

Dan saat Jack Welch meninggalkan GE, nilai pasar GE telah melesat dari 14 miliar dollar menjadi lebih dari 410 miliar dollar pada akhir 2004. Inilah pencapaian luar biasa sepanjang sejarah.

Hal ini membuatnya menjadi perusahaan paling berharga dan paling besar di dunia saat itu.

Inspirasi Sukses dari Jack Welch



Untuk mengetahui gaya kepemimpinan Jack Welch, lihat 6 motivasi dari beliau

1.Bisnis itu simpel

Jika kita memiliki pandangan bahwa Bisnis itu sebagai hal yang rumit dan sangatlah sulit, maka siap-siap saja kita akan mati ditengah jalan.

Jadi sedari awal, tanamkanlah mindset di kepala Anda, bahwa Bisnis itu hanya permainan yang bisa kita lakukan dengan simple, mudah dan sederhana.

2. Jangan menjadikan bisnis terlalu rumit

Apabila kita suka akan tantangan, maka bisnis itu seperti halnya sesuatu yang sangat menyenangkan untuk dijajal. Jadi buatlah terlebih dahulu rasa senang akan bisnis yang dihadapinya.

3.Hadapi kenyataan

Risiko apapun yang ada di depan kalian dan sebesar apapun itu, jangan pernah lari dari kenyataan.

Lari dari kenyataan justru akan membuat Anda merasa lebih takut dan semakin takut saat menghadapi kenyataan yang sama lain waktu.

4.Jangan takut terhadap perubahan

Misal saat ini Anda keluar dari perusahaan yang Anda tekuni karena gaji yang gak seberapa lalu mencoba menjalankan bisnis sendiri kira-kira berani gak?.

Hanya orang sukses saja memang yang berani melakukan perubahan.

5.Manfaatkan pikiran karyawan Anda

Saat kalian sudah jadi pemimpin dalam perusahaan sendiri, cobalah untuk saling memahami antara yang karyawan punya dan kalian punya.

Karena hal sepele saja bisa membuat karyawan enggan bekerja keras untuk perusahaan yang Anda pimpin.

6.Temukan mereka yang memiliki ide yang terbaik, dan aplikasikan idenya

Kadang entah dari karyawan, manajer, atau orang disekitar kalian punya sebuah ide cemerlang dalam setiap yang ia lakukan. Ambilah ide itu setelah ia mengizinkannya, lalu terapkan ke usaha Anda.

Jadi "kosongkan gelas sebelum bertukar ide".

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan, semoga artikel tentang gaya kepemimpinan Jack Welch ini bermanfaat bagi kalian.

Semoga kita semua bisa meniru gaya kepemimpinannya dalam membangun menara bisnis. Amiin.

Sampai jumpa di blog bloggedewek ini lagi ya!!!..