Bahaya dan Efek Samping Kolang-kaling bagi Kesehatan

Hai sobat blog bloggedewek, tahukah kalian apa efek samping kolang-kaling bagi tubuh kita?

Ada yang menyebutkan bahwa efek samping mengkonsumsi kolang kaling bagi kesehatan tubuh kita itu tidak baik, namun itu sebenarnya tidak salah, karena akibat makan kolang kaling yang berlebihan lah yang sebenarnya berbahaya bagi kita.

Dibalik bahaya makan kolang kaling, sebenarnya ada banyak sekali manfaat makan kolang kaling secara teratur dan tahu cara mengolah kolang kaling yang baik dan benar.



Manfaat yang didapat antara lain:

1. Mengurangi resiko pengeroposan tulang

Kandungan kalsium yang tinggi pada buah yang biasa di sajikan sebagai takjil atau campuran minuman saat puasa ini begitu tinggi. Jadi bagi anak kecil yang suka mengonsumsi ini, maka akan memperkecil risiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang.

2. Mengurangi nyeri pada sendi

Mungkin bagi orang yang bisa dibilang sudah lanjut usia, nyeri sendi adalah keluhan yang sering terjadi, namun bila sehari Minimal mengonsumsi 7 butir buah kolang-kaling, maka akan terbantu untuk proses penyembuhan.

3. Melancarkan pencernaan

Selain sebagai sumber kalsium yang baik, buah kenyal dengan warna transparan keputihan ini cocok untuk kalian yang susah BAB, hal ini tentunya karena kandungan seratnya yang begitu tinggi. Sehingga bisa membersihkan pencernaan dan melaksanakan BAB.

Apa kolang kaling baik bagi wanita hamil?

Dibalik Manfaat diatas, ternyata ada yang bilang kalo kolang-kaling itu berbahaya untuk ibu hamil. Benarkah hal itu?, Lalu boleh tidak makan kolang kaling untuk ibu hamil muda?.

Efek samping kolang-kaling



Sebenarnya, itu berbahaya apabila kalian memakan secara berlebihan dan berdampak pada ibu hamil, namun tidak bagi si janin, efeknya seperti:

1. Mual, muntah, pusing

Apabila kalian makan secara berlebihan maka bisa menyebabkan kalian merasa mual walaupun sudah tidak hamil muda lagi. Jadi ya makan yang pas antara 5-7 butir perharinya sudah cukup kok untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

Baca juga: Cara Agar tidak meludah terus menerus saat puasa

2. Batu ginjal

Perlu kalian tahu, apabila kalsium itu jika keadaannya melebihi batas normal, maka itu tidak akan terserap tubuh dan akan dibuang lewat saluran kandung kemih. Nah jika dilakukan secara terus-menerus, maka terjadilah penumpukan dan pemadatan sehingga menjadi batu ginjal.

3. Kanker prostat

Mungkin kalian bertanya-tanya bolehkah dan amankah kolang kaling untuk ibu hamil?, Jawabannya aman dan tidak berbahaya asalkan mengonsumsi secara umum.

Kolang Kaling apabila dikonsumsi secara berlebihan, ini bisa meningkatkan risiko dehidrasi alias kekurangan air karena terlalu sering buang air.

Nah apabila ini dilakukan bagi ibu-ibu hamil, maka akan menimbulkan kanker prostat. Bahaya bukan?

Setelah tahu akan bahaya kolang kaling bagi ibu hamil, maka mulai sekarang konsumsilah secara normal saja ya...

Demikianlah pembahasan mengenai efek samping kolang kaling bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat..

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan semua info tentang kesehatan ya. ..