Efek Makan Bubuk Kopi Mentah Karena Kebiasaan

Hai sobat bloggedewek, apakah kalian sedang mencari tahu mengenai efek buruk kebiasaan makan bubuk kopi bagi kesehatan tubuh kita?

Memang belum banyak orang yang tau akan bahaya makan kopi bubuk, namun demikian, ada banyak orang yang memiliki kebiasaan suka untuk makan bubuk kopi secara mentah alias masih pahit gitu.

Namun perlu Anda waspadai, bahwa kebiasaan makan kopi bubuk itu tidak baik bagi kesehatan tubuh kita baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi kurangilah untuk mengonsumsi bubuk kopi mentah ya!.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin sekali memberitahukan kepada kalian semua mengenai akibat makan ampas kopi dan cara penanggulangannya.

Karena itu bisa sangat berbahaya terutama bagi wanita, karena makan bubuk kopi saat hamil Sangat mempengaruhi si janin dalam kandungan.

Perlu kalian tahu, bahwa kandungan kafein di secangkir kopi itu tidaklah sama, hal itu tergantung dari jenis biji kopi dan bagaimana cara memprosesnya. Secara rata-rata satu cangkir kopi mengandung sekitar 100 mg kafein.

Sementara itu, kafein yang terkandung dalam teh mengandung sekitar setengah dari kopi. 3 gelas kopi per hari dengan kandungan kafein sekitar 250 mg merupakan kadar yang dianggap cukup.

Namun asupan kafein bagi wanita hamil disarankan untuk tidak melebihi dua cangkir kopi per hari.

Namun dengan kalian makan ampasnya atau bubuknya secara langsung, maka ini bisa menimbulkan kalian kecanduan 2 kali lipat dari seca. Ya pengaruh kafein juga bisa menyebabkan kecanduan, bahkan kecanduan makan bubuk kopi bagi sebagian orang sulit untuk ditinggalkan.

Karena dalam ampas ini kita bisa mendapatkan kandungan lebih dari hanya minum airnya saja.

Kandungan dalam ampas kopi diantaranya ada suatu komponen dari LDL (low density lipoprotein) yang dapat menimbulkan gejala penyakit jantung, nitrogen, phospor dan juga potasium. Tapi apabila kopi disaring saat minum, maka zat-zat ini tidak ikut terambil.

Maka dari itu kita harus tau aturan minum kopi agar tidak berdampak buruk. Nah Anda bisa mengetahui aturan-aturan itu dalam artikel tentang: Aturan minum kopi yang baik untuk kesehatan tubuh kita

Efek makan ampas kopi





Inilah beberapa efek dan dampak negatif dari makan kopi tanpa air, silakan simak pembahasannya.

1. Merusak lambung

Jika kalian memiliki produksi asam lambung yang berlebihan , ini bisa sangat berbahaya. Kopi ini bisa meningkatkan produksi asam lambung yang akan berdampak pada luka di lambung yang makin serius. Jika ini dibiarkan dan terus-menerus dilakukan, bisa bisa lambung Anda rusak.

2. Insomnia atau susah tidur

Kebutuhan tidur bagi orang dewasa berkisar 7-8 jam tiap malam. Kurang tidur, bahkan dalam jumlah sedikit, dapat mengganggu kesiagaan, keseimbangan dan kinerja kalian pada siang hari. Siklus yang harus dihindari adalah kebiasaan mengonsumsi kafein yang Anda dapat dari kebiasaan makan ampas kopi.

3. Pengeroposan tulang (osteoporosis)

Kafein yang ada di kopi dapat membuat tubuh mengeluarkan kalsium melalui urin. Jika diminum secara berlebihan, hal ini dapat memicu osteopororis atau pengeroposan tulang jangka panjang.

Perlu kalian tau bahwa kita akan kehilangan sekitar 5 mg kalsium tiap mengonsumsi satu gelas kopi berukuran 180 ml.

Jadi bagi kalian ibu hamil yang suka akan kebiasaan makan kopi bubuk, dibalik Manfaat juga ada bahaya bagi si janin, yaitu bisa lahir prematur karena kalsium yang seharusnya terserap oleh bayi akan Anda buang karena kafein.

4. Penuaan dini

Bahaya makan bubuk kopi bagi kesehatan kulit wajah adalah mampu memicu munculnya kerutan. Hal itu disebabkan dehidrasi. Kafein membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan melalui urin. Saat Anda mengonsumsi bubuk kopi, pastikan Anda mengonsumsi juga air putih untuk menjaga hidrasi pada tubuh.

5. Mempengaruhi pita suara

Ini artinya akan mengganggu kualitas suara kita. Bagi orang yang memiliki gangguan pita suara, penyanyi, atau yang menampilkan suaranya, selalu dilarang untuk mengonsumsi kafein. Karena ini dianggap mampu memperburuk kualitas suara.

Bagaimana cara menghentikan kebiasaan mengonsumsi kopi mentah tanpa diseduh?

Caranya dari keseriusan Anda sendiri. Dengan mengetahui akan bahayanya, seharusnya Anda sadar bahwa kebiasaan tersebut harus dihentikan dan dihindari setiap saat. Mulailah melakukan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi kopi secara teratur tapi jangan berlebihan apalagi makan bubuk kopi mentah.

Demikianlah pembahasan mengenai efek makan bubuk kopi mentah karena kebiasaan. Jadi setelah Kita tau, kita bisa meminimalisir akan bahaya dan dampak negatifnya.

Jangan lupa sering-sering silaturahmi ke blog bloggedewek ini ya... Insya Allah banyak manfaatnya.