Kenapa Waktu Maghrib Tidak Boleh Tidur?

Hai sobat bloggedewek, pernahkah terlintas di benak kalian kenapa waktu magrib tidak boleh tidur atau yang di sebut larangan / pamali.

Banyak yang bilang bahwa pamali tidur saat maghrib, karena itu akan menyebabkan suatu yang tidak baik bagi diri kita, atau istilahnya yaitu sial. Suatu saat akan terkena sial yang menimpa dirinya.

Memang waktu sore atau maghrib itu waktu yang sangat sakral, terganti perpindahan posisi dari siang ke malam, atau dalam istilah jawa disebut sandekala; sendekala.

Ada banyak alasan yang mendasari mengapa tidur waktu maghrib itu gak boleh, terutama saat adzan maghrib. Mulai dari tradisi hingga soal dunia kesehatan.

Kenapa tidak boleh tidur waktu maghrib?





Bahaya tidur sore menurut kesehatan atau dunia medis, ini berbahaya bagi kesehatan fisik dan psikologi kita, diantaranya bisa terjadi mual, muntah, pusing, hingga masuk angin, hal itu karena perbedaan persepsi mengenai kondisi di alam mimpi dengan kondisi lingkungan sekitar.

Selain itu, bisa mempengaruhi psikis kita, yang mana kita merasakan kebingungan atau linglung. Penyebabnya juga sama, karena adanya perbedaan persepsi yang di terima otak, jadi misal kamu lihat jam setengah 7 sore, kamu kira jam setengah 7 pagi. Ini sering terjadi.

Ya itulah alasan kenapa tidak boleh tidur saat maghrib secara logika. Namun dalam islam juga melarang waktu ini untuk tidur. Karena waktu sehabis ashar hingga maghrib itu setan lagi pada muncul, jadi bisa menjerumuskan kita.

Baca juga: Mitos ibu hamil potong rambut

Selain itu, waktu saat seperti itu juga adalah waktu mustajab untuk berdoa dan meminta sesuatu kepada Allah SWT. Karena jarak antara sholat maghrib dengan sholat isya paling cuma 1 jam. Jadi itu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Waktu seperti itu juga sangat baik untuk kita dalam bertadarus atau membaca Al Quran. Selain bisa melatih otak kita, juga bermanfaat untuk menenangkan hati kita yang selalu gelisah gundah gulana.

Sebenarnya masih banyak lagi misteri maghrib menurut islam, silakan bisa Anda cari referensinya di buku atau sumber lainnya.

Tak hanya itu, orang Jawa sering bilang pamali jangan tidur saat maghrib, karena apabila tidur sore itu bisa membuat kita gila.

Terutama bila setelah ashar hingga maghrib dilakukan secara berturut-turut selama 40 hari, itu bisa membuat kegilaan permanen. Namun saya belum tahu keabsahan atau kebenaran akan hal ini.

Karena dulu saat saya masih bayi tidur waktu maghrib adalah kegiatan saya, ya benar setiap hari saya tidur waktu itu, tapi gak terjadi apa-apa.

Ya maklumlah masih bayi, belum punya pemikiran tentang apapun, lagian paling umur 1-2 tahunan. Belum punya pikiran apapun. Intinya kalo nyaman ya dilakukan, kalo gak nyaman ya nangis. Ya namanya juga bayi...

Jadi sudah tahu kan alasan kenapa waktu maghrib tidak boleh tidur?..

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita semuanya. Amiin.

Jangan lupa kunjungi selalu blog bloggedewek ini ya setiap harinya, pasti Anda akan banyak mendapatkan info yang belum kalian tahu.

Bye