Ucapan Sungkem Lebaran Bahasa Jawa Kromo Singkat

Sungkem adalah suatu bentuk pengakuan kesalahan yang disertai dengan pengucapan secara santun kepada orang yang lebih tua dan memiliki kedudukan lebih dari kita. Sungkem ini biasa di ucapkan saat lebaran idul fitri, dan biasanya digunakan ccapan sungkem lebaran bahasa jawa kromo Alus.

Doa lebaran menurut adat jawa sungkem ini adalah suatu jenis kebiasaan turun-temurun yang memang baik dan sangat menjunjung tinggi nilai-nilai sosial, yang mana kita harus bisa:

*. mengakui kesalahan diri kita sendiri dan;

*. mampu memaafkan kesalahan orang lain

Ucapan idul fitri bahasa jawa kromo inggil ini biasa dilakukan untuk orang yang lebih muda ke orang yang lebih tua dan terhormat.

Misalnya anak ke orang tua, cucu ke kita, kita ke mbah kita, kita ke pakdhe atau paman kita. Itu adalah bahasa kesopanan yang ada dalam adat Jawa.

Biasanya banyak yang belum tahu akan ucapan minta maaf bahasa jawa halus, padahal itu orang Jawa asli. Bisanya malahan pake bahasa Arab doa seperti:

"Taqoballohu mina wamingkum"

"Allahumaghfirlana"

"Minal adzin wal Faidzin"

Itu adalah kata-kata Sungkem yang biasa kita ucapkan.

Tapi banyak yang tidak memakai ucapan selamat lebaran bahasa jawa kromo inggil. Na maka dari itu saya akan memberikan contoh kalimat Sungkem kepada orang tua dengan bahasa Jawa. Ngapuran ngapuranan waktu lebaran hari raya idul Fitri.

Ucapan sungkem lebaran bahasa jawa halus singkat



Nih contohnya tentang kata-kata Sungkem bahasa Jawa dan cara Sungkem yang baik dan benar untuk anak dan remaja maupun orang tua yang belum terbiasa.

Kulo meniko tiyang enem lan nggadaih agenging kalepatan dumatheng panjengenagan, Kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, lan nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados anak ingkang Soleh/solehah.

Artinya kata-kata Sungkem singkat di atas

Saya ini orang yang lebih muda pasti punya banyak kesalahan terhadap Anda, saya mengucapkan selamat hari raya dan maafkan segala kesalahan saya terhadap Anda, dan minta doa restu supaya saya jadi anak yang Soleh/solehah.

baca juga artikel lainnya tentang Islam di Tema Islam lengkap


Biasanya juga sebelumnya diawali dengan ucapan solawat dulu sambil Sungkem ke orang lain. Lalu baru mengucapkan kalimat di atas itu.

Selan itu tangan kita keduanya mengapit tangannya dan sambil jongkok. Lihat gambarnya nih yang benar.



Nih ada lagi contohnya ucapan idul fitri bahasa jawa kromo inggil singkat simple.

Kulo ngaturaken sembah pangabekti kula dhumateng panjenegan, Sepinten kalepatan kula ingkang mboten katingal agengipun, kulo nyuwun pangapunten ing daleming manah kulo. Mugi mawon dosa Kulo lan panjenengan linebur ing dinten riyaya menika.

Itu saja ya mengenai ucapan minta maaf bahasa jawa halus yang bisa kalian hafalkan lalu segera di praktikan saat lebaran nanti ke orang tua Anda dan orang lain.

Semoga bermanfaat artikel ucapan sungkem lebaran dalam bahasa jawa kromo Inggil ini. Semoga kata kata sungkem singkat ini bermanfaat.

Jangan lupa kunjungi blog bloggedewek ini terus yah..

Saya atas nama Achmad Mustakim dari blog bloggedewek ini mengucapakan selamat hari raya idul Fitri tahun ini dan jika ada kesalahan setelah blog ini memberi banyak artikel untuk kalian ini, bila artikelnya kurang sopan, menyinggung atau ada yg copas punya mas dan mba blogger saya minta maaf. Kulo nyuwun ngapura saagungin pangaksami.

Nyantelna kupat nang nduwur para, Yen ana lepat nyuwun ngapura.

Saya tunggu kunjungannya lagi ke blog ini yah....