Cara Meramaikan Toko Online yang Baru Dibuat

Di zaman yang serba modern ini, tentunya nggak ada orang yang nggak tau apa itu internet, karena semuanya itu seakan butuh yang namanya internet untuk kebutuhan sehari-hari. Hal inilah yang seharusnya kita manfaatkan, diantaranya adalah sebagai alat untuk mencari uang.

Mencari uang lewat internet itu ada banyak sekali jenisnya, mulai dari yang simple hingga yang rumit, namun semakin rumit itu pekerjaan, maka penghasilan yang didapatkan tentunya lebih banyak pula, itu tergantung dari kemampuan seseorang pula. Nah salah satu bisnis via internet yang pas dalam artian nggak terlalu mudah juga gak sulit adalah jualan online.

Sekarang ini mulai dari muda hingga tua banyak orang yang sudah menjajagi bisnis jualan online ini, mereka menjual barang sendiri atau menjadi reseller dari berbagai sumber produsen barang. Trik menjualnya juga bermacam macam, ada yang menggunakan email marketing, sosial media marketing, advertising marketing, person to person marketing, menggunakan marketplace dan yang lebih profesional adalah dengan menggunakan online shop atau toko online.

Walaupun hasil yang didapat lebih sulit dan butuh prioritas yang tinggi, toko online akan memberikan kepada Anda hasil jangka panjang apabila memang Anda ingin serius menekuni bisnis online shop ini. Karena apabila toko online yang Anda miliki telah memiliki kepercayaan dan pengelolaan yang baik, maka banyak pelanggan yang akan datang kepada Anda.

Hal ini karena brand yang Anda buat memang sudah pas di hati pelanggan sehingga mereka selalu datang ke toko Anda apabila mereka butuh sesuatu yang di jual di Online shop Anda. Berbeda dengan jika Anda menggunakan pemasaran yang berbeda seperti hanya mengandalkan sosial media untuk promosi, atau meletakkan di market place seperti Bukalapak, Tokopedia atau olx, maka Anda tidak memiliki citra tersendiri yang menjadikan pengunjung sebagai pelanggan tetap di toko online Anda.

Namun karena mungkin Anda adalah seorang pemula yang baru saja menekuni bisnis ini, maka itu akan sangat sulit untuk bisa meramaikan toko online ANDA. Jadi saya disini ingin memberikan sedikit tips kepada Anda tentang cara meramaikan toko online yang baru saja kalian buat. Sehingga toko Anda tidak kesepian lagi.

Cara Meramaikan Toko Online



Pengunjung dalam sebuah toko online itu adalah hal mutlak yang harus ada. Lalu kalau tidak ada bagaimana?, Anda harus mencarinya dan mengajaknya untuk datang, jangan membiarkan orang itu yang menemukan toko online Anda, iya sih kalo bisa ditemukan, kalau nggak kan pasti rugi sendiri.

Sebenarnya basic alias dasar dari toko online ini sama dengan toko offline atau toko nyata yang sering kita temui di pinggir jalan itu. Ya pada dasarnya semakin banyak pengunjung yang datang, maka semakin ramai itu toko itu dan akan semakin meningkat keuntungan yang kita peroleh. Jadi pengunjung itu bisa diibaratkan nyawa atau power bagi toko online kita, tanpa itu semua maka toko online yang kita bangun akan mati.

Maka dari itu berbagai cara meramaikan toko online ini semoga bisa membantu Anda untuk mendapatkan banyak pengunjung yang setia sehingga keuntungan yang kalian dapatkan juga lebih banyak lagi. Maka dari itu simak secara detail masing masing point di bawah ini ya...

1. Pelajari SEO Toko Online



Emang beda SEO Toko Online sama SEO weblog?

Beda dong, karena cara kerja mesin pencari untuk toko online dan web statis atau blog yang menyediakan artikel itu beda, mungkin bot yang digunakan dalam perayapan juga berbeda dengan perayap blog, karena hasil yang diperoleh juga berbeda jauh. Maka dari itu jika kita ingin memiliki pengunjung yang ramai maka cobalah untuk mempelajari SEO Toko Online.

Bagi orang Indonesia SEO adalah hal yang sangat dianggap sebagai sesuatu yang sulit, padahal bagi orang luar, SEO sudah jadi kebutuhan. SEO itu tidak sulit, cuma memperbanyak konten saja di Toko Online kita, karena Google suka yang kaya konten. Lihat saja Kaskus atau detik, mereka memiliki pengunjung yang sangat banyak karena mereka memiliki artikel yang tidak terhitung lagi jumlahnya. ~CEO BUKALAPAK Ahmad Zaki dalam komunitas Bukalapak~




Kita tahu bahwa Bukalapak sebagai marketplace memiliki banyak sekali jumlah barang yang dimiliki, saya lihat berbagai pesaing juga mulai tersenggol oleh Bukalapak di search engine Google, seperti Tokopedia, Olx, lazada, priceprice, blibi dan lainnya. Seperti yang dijelaskan kata CEO Bukalapak tadi bahwa kunci SEO katanya adalah memperbanyak konten, dalam hal ini adalah produk dari barang itu sendiri dalam masing-masing kategori. Dia juga menjelaskan sudah berapa ratus ribu (sekarang juta) produk yang sudah keindex di mesin pencari dan berapa yang belum. Dalam hal ini menggunakan webmasters Google juga penting juga. Jadi cara meramaikan toko online seperti ini bisa Anda terapkan mulai saat ini juga, yaitu daftarkan toko online ke webmasters, submit sitemap lalu perbanyak konten produk yang di posting. Maka SEO mudah Anda dapatkan.

Anda juga bisa meningkatkan nilai klik pengunjung pada laman google dengan menambahkan struktur data berupa schema.org Rich Snippets. Dengan ini diketahui bahwa setelah dilakukan penelitian toko online yang menyediakan rich Snippets atau seperti review bintang 5 pada laman google akan lebih menarik perhatian pengunjung untuk melakukan klik pada link toko online kita. Kita tahu bahwa ada beberapa hal yang dapat muncul di pencarian Google terkait toko online seperti:

*. Nama produk, link produk dan harganya
*. Sitelink
*. Breadcumb
*. Ketersediaan produk
*. Kotak penelusuran toko online
*. Diskon dan harga khusus
*. Review dan rating bintang
*. Gambar atau video yang berkaitan dengan produk

Namun kita tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan dan semuanya bisa mendapatkan itu semua, karena kita juga butuh untuk mengatur struktur data agar bisa sesuai dengan itu semua. Dan kita bisa mengecek di google webmasters struktur data tools. Mungkin hampir semua Toko Online besar punya itu semua, karena mereka juga punya teknisi yang ahli pula.

Namun jika Anda inginkan itu semua seperti rich Snippets coba deh gunakan plugin All-in-one Schema.org Rich Snippets atau Yoast Woocommerce SEO tapi ini berbayar alias Premium. Tapi karena nilai CTR lebih besar, maka tidak ada salahnya bila kamu coba menggunakan versi premium tersebut. Karena keunikannya bagi kita sendiri kan.

2. Gunakan halaman contacts, pedoman pembeli, FAQ, about, testimonial dan review yang jelas dan meyakinkan pengunjung





Kita sudah memiliki dan menguasai pada nomor satu di atas namun saat diklik menuju web Toko online kita hasilnya kurang memuaskan maka pengunjung akan segera menekan tombol back. Nggak ada gunanya juga kan? Hanya menambah masalah baru seperti menambah bounce rate saja. Maka dari itu kita juga harus menyajikan toko online yang memiliki tampilan bagus, rapi, keren serta ada beberapa halaman pemandu yang jelas. Halaman pemandu bisa berupa Page about, contacts,FAQ, testimoni dan lainnya. Ini sangat penting demi kenyamanan pengguna dan pengunjung.

About adalah halaman yang berisikan penjelasan tentang siapa Anda, kapan dibuat, apa tujuannya, Anda menjual produk apa saja, bagaimana pelayanan kedepannya, apa visi misinya, beri keyakinan kepada pengunjung tentang kejujuran dan keramahan Anda dan juga tulis tentang menjalin kerja sama dengan siapa saja. Ini sangat penting untuk menambah keyakinan pengunjung sehingga bisa meningkatkan rasa kepercayaan pada toko online Anda. Sehingga reputasi yang didapat juga nantinya lebih baik lagi. Bayangkan jika tidak ada laman about, maka pengunjung akan bertanya tanya situs toko apakah yang sedang dikunjungi.

Guide's buyer atau panduan pembeli berguna untuk membantu memudahkan visitor menemukan barang lalu bisa dengan mudah membeli tanpa harus bertanya ke costumer service kita. Pada halaman ini di beberkan bagaimana saja cara melakukan pembelian, pembayaran, konfirmasi pembayaran lalu bagaimana cara pengiriman dan sebagainya. Tanpa halaman ini serasa toko online menjadi kurang lengkap dan kurang profesional.

Halaman contacts juga sangat penting, ini adalah yang paling diutamakan. Karena jika pengunjung tidak tahu dimana letak halaman ini, mereka biasanya langsung pergi begitu saja. Maka dari itu hendaknya halaman ini dibuat dengan jelas dan posisinya mudah ditemukan. Bagi beberapa web menggunakan tombol chat atau tombol send tickets yang melayang (hover) untuk berhubungan dengan calon pembeli. Atau kadang juga dialihkan ke chat media sosial seperti Facebook fanpage.

Baca juga: Ide di rumah sendiri yang menjanjikan

Menggunakan FAQ (Frequently Ask Question) adalah pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan pembeli kepada CS Customer Service. Ini juga termasuk salah satu cara meramaikan toko online kita, karena disinilah kita bisa menjadikan pengunjung agar tidak selalu bertanya kepada kita yang tentunya ini akan menambah waktu yang lama untuk kita gunakan. Jadi misal ada calon pelanggan yang bertaya-tanya terus, maka Anda bisa balas "Maaf mas/mba, untuk lebih jelasnya silakan buka halaman FAQ di toko online kami", atau "Untuk pertanyaan itu sudah kami jawab pada laman FAQ di toko onlinenya mas/mba, Anda bisa menemukan pertanyaan lainnya disana mas.

Halaman testimonial atau halaman yang berisi review dan pendapat pengunjung tentang toko online kita mulai dari support/pelayanan yang memuaskan atau tidak, kondisi barang, pengiriman barang yang cepat atau tidak, atau juga tentang rekomendasi dari pelanggan apabila mereka memang menyukainya. Jadi jangan lupa untuk selalu memberikan halaman testimonial bagi toko online Anda. Ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan. Namun bila toko online besar ini saya kira malah gak terlalu perlu, karena mereka sudah tahu bahwa itu toko online terpercaya.

3. Selalu berikan deskripsi produk yang jujur dan menarik





Cara meramaikan toko online anyar yang ketiga ialah dengan memberikan deskripsi pada tiap tiap produk yang Anda posting. Jadi jangan hanya memberikan judul dan gambarnya saja, tapi juga berikan deskripsi juga yang relevan dan jujur serta memiliki nilai agar bisa menarik perhatian calon konsumen.

Berhubungan dengan deskripsi produk ini, ada yang menyarankan agar memberikan informasi tulisan minimal 250 kata, ada juga yang menyarankan 300 kata lebih agar lebih bersahabat dengan search engine Google dan search engine lainnya. Itu bagus, tapi menurut saya, artikel yang menjelaskan secara gamblang dan jelas tentang produk itu sehingga bisa mewakili produk itu dalam gambaran pikiran calon pembeli itulah yang menurut saya paling pas. Tapi juga berikan seperlunya saja, agar Anda tidak kehabisan waktu untuk mengurus hal ini saja, karena masih banyak tugas lain seperti menjawab pertanyaan dan mengirim barang.

Usahakan dalam memberikan deskripsi ini disertai dengan opini fakta serta argumen dari diri Anda pribadi. Ini akan lebih bersahabat dengan calon pembeli produk Anda daripada tidak sama sekali. Karena dengan adanya fakta dapat membuat pengunjung tahu seperti apa saja ciri, bentuk dan kriterianya, sedangkan opini mampu meyakinkan pengunjung untuk mendapatkan informasi lagi sehingga ia tertarik untuk contact kepada Anda dan melakukan pembelian.

Tapi jangan lupa faktor kejujuran juga harus Anda tekankan disitu. Karena usaha yang paling menguntungkan ialah saat selalu mengatakan jujur kepada siapapun. Karena apabila sampai menipu konsumen, maka itu akan berbalik kepada diri kita sendiri, dan itu bisa membuat hilang kepercayaan mereka pada kita yang akhirnya kita jatuh terpuruk dalam jurang kerugian. Karena dalam agama apapun menganjurkan kita untuk berbuat jujur, karena dengan jujur pasti akan membawa kita kepada kedamaian dan kesuksesan.

Inilah beberapa keuntungan menggunakan deskripsi produk yang menarik:

1. Menjadikan pengunjung tidak perlu mencari referensi lain sehingga peluang pembelian tidak jatuh ke toko lain
2. Meningkatkan konversi dalam penjualan produk tersebut
3. Meningkatkan kepercayaan dari para pengunjung
4. Jika deskripsi lengkap dan ada keyword, maka lebih baik dalam urusan SEO
5. Lebih memiliki potensi untuk mendapatkan backlink.

Ya itulah cara meramaikan toko online dengan cara membuat deskripsi produk yang sesuai dan menarik perhatian. Anda bisa menggunakan langkah itu pada toko online Anda.

4. Gunakan gambar lebih dari satu pada masing-masing produk





Cara meramaikan toko online selanjutnya adalah dengan memasang gambar lebih dari satu. Kita bisa mengambil gambar dari berbagai sudut. Misal apabila kita mau jual smartphone, kita bisa memfoto bagian layar depan, layar belakang, samping kanan kiri atas bawah, memfoto dusbuknya, surat-surat pembelinya, memfoto bagian keterangan spesifikasi smartphone tersebut, peralatan pendukung seperti charger, earphone dsb. Hal itu akan memberikan banyak referensi dan kepercayaan lebih terhadap pengunjung.

Dalam suatu eksperimen pengaruh jumlah terhadap minat pengunjung, didapatkan bahwa mereka yang memasang lebih dari 1 gambar akan menjadi lebih baik dalam menarik minat calon pembeli daripada mereka yang tidak memakai gambar lebih dari satu. Memang sih ada pepatah yang mengatakan bahwa sebuah gambar itu lebih bermakna dari pada 1000 kata, jadi apabila kita lebih memuat banyak gambar, tentunya ini akan menjadi sebuah informasi yang mengandung banyak sekali makna bukan?.

Namun apabila kamu berjualan di toko online sendiri dengan Modal minim, tentunya ini sedikit menguras sumber daya hosting. Apalagi jika tipe hosting seperti shared hosting yang mudah lemot, jadi sebaiknya kalian yang menggunakan toko online dengan banyak sumber daya sebaiknya gunakan seperti unmetered hosting dan menggunakan vps hosting atau dedicated hosting. Jika sumber daya sudah tak terhitung (unmetered), tentunya Anda tak akan khawatir dengan hal hosting yang mudah lamban bukan?

Jika kita lihat di berbagai marketplace seperti Bukalapak, OLX, Tokopedia dan sebagainya, tentu dalam panduannya juga dikasih tahu bagaimana caranya agar bisa menarik banyak perhatian konsumen bukan?, Salah satunya adalah dengan menggunakan lebih dari 1 gambar atau foto produk. Tentu bagi kalian yang sudah sering jualan di berbagai marketplace seperti itu, sudah paham akan hal ini, sehingga selalu memfoto produk dari banyak sudut berbeda.

Yang perlu kalian perhatikan juga adalah bahwa kalian itu nggak boleh memasang foto foto yang tidak sesuai aslinya. Karena pengunjung selalu ingin mendapatkan gambaran yang paling asli. Tapi saya sering lihat banyak penjual yang hanya menjual tapi menggunakan foto yang bukan mereka foto sendiri misalnya ambil dari Google images. Hal ini akan membuat konsumen kecewa setelah mereka mendapatkan barang ditangannya. Jadi seburuk apapun barang itu, misal ada minus atau goresan (untuk barang second), sebuah mungkin kalian beri tahu dulu. Misal pada laptop ada dent atau goresan, maka kalian harus menunjukkan foto itu lalu menerangkan nya. Tapi yakinlah bahwa ini tidak akan mengurangi keuntungan Anda. Karena kejujuran juga adalah hal yang sangat penting, dibandingkan dengan kekecewaan konsumen bukan.

5. Gunakan kekuatan sosial media





Siapa sih di zaman sekarang ini yang gak kenal Facebook, Twitter, LinkedIn, Google plus dan berbagai macam sosial media lainnya. Serasa jika seseorang di zaman sekarang ini gak punya akun di berbagai situs sosial media tersebut, akan dianggap ketinggalan teknologi modern, apalagi kalo itu anak muda, siapa sih yang gak suka online. Ini bukan hanya sekedar hiburan dan sebagai sarana komunikasi , namun serasa menjadi kebutuhan tersendiri bagi seseorang tersebut.

Baca juga: Cara memulai bisnis dropshiper melalui sosial media

Saya gak yakin apabila ada seorang pemilik bisnis online terutama bisnis jual beli online yang mendirikan toko online, yang gak punya akun sosial media. Karena itu kebutuhan yang vital bagi mereka untuk mendapatkan informasi, sarana komunikasi dengan calon pembeli, dan sebagai alat promosi yang efektif dan efisien. Apalagi jika kita gunakan Fans page Facebook, maka ini akan lebih memudahkan kita untuk melakukan promosi baik secara gratis maupun berbayar.

Sekarang ini banyak para pebisnis online seperti pelaku jual beli online sekaligus pemilik toko online yang mengiklankan produk dan toko online mereka dengan Facebook. Karena apabila teknik promosi yang digunakan itu tepat, maka itu bisa mengkonversi keuntungan minimal 3 kali lipat dari modal yang dikeluarkan. Misal kita menggunakan 100 ribu untuk modal iklan, kita akan mendapatkan uang minimal 300 ribu dari hasil penjualan produk. Namun ini juga harus didasarkan pada minat pengunjung Facebook. Maka dari itu kita harus mengetahui dasar-dasar ilmu perikanan FB ads.

Bagaimana cara melakukan teknik promosi sosial media yang tepat?

Kita tahu bahwa cara meramaikan toko online yang tepat adalah salah satunya dengan sosial media, kekuatan sosial media ini sangat besar. Bisa membuat sesuatu menjadi viral hanya dalam beberapa jam saja dari yang tadinya gak berarti apa-apa. Jadi mulai Anda membangun toko online, langkah selanjutnya adalah membuat Fans page Facebook lalu tautkan pada toko online Anda. Sehingga ini bisa saling terkait dan menguntungkan.

Di Facebook apabila seseorang tersebut telah menyukai suatu halaman atau fans Page, maka orang itu akan melihat setiap update yang di lakukan oleh pengelola Fans page tersebut. Jadi apabila Anda memiliki produk baru lalu segera Anda posting di Fans page Facebook ini akan sangat berguna bagi tingkat penjualan. Apalagi jika Anda menjual produk yang ada hubungannya dengan sesuatu yang sedang viral dan ngetren, ini akan sangat mempengaruhi perkembangan toko online Anda. Jadi bagi toko online yang tidak memiliki dan menggunakan sosial media sebagai sarana promosi dan penyampaian informasi tentang produk terbaru, maka akan tertinggal jauh dengan yang memanfaatkannya.

Jadi bagi kalian yang belum menggunakan sosial media untuk toko online Anda, segera buat dan Gunakan saat ini juga. Apabila Anda ingin mendapatkan yang lebih, maka bisa menggunakan media periklanan di sosmed tersebut. Jadi lebih cepat mendapatkan yang diinginkan, gak perlu memiliki fans yang banyak dulu.

Sebenarnya masih ada hal lainnya yang dapat meramaikan toko online Anda seperti:

*. Menggunakan periklanan baik itu gratis atau berbayar di berbagai tempat seperti:

1.Facebook
2.Youtube
3.Instagram
4.Google Plus
5.Forum Online
6.Situs Ecomerce
7.Iklan Artis
8.Website
9.Google Adword
10.BBM
11. Media offline seperti TV, Radio, koran, brosur, spanduk dan sebagainya
12. F2F atau door to door.

*. Selalu update produk, ketersediaan, update harga dan tanggapi calon pembeli dengan cepat.

*. Beri navigasi yang baik (kategori/label, barang termurah, terbaru, terlaris, produk terkait/ serupa dsb.)

*. Jangan lupa beri diskon dan promo serta hadiah atau kalau sudah besar bisa gunakan sistem pre-order.

*. Jalin kerjasama Dengan berbagai pihak

Demikianlah beberapa cara meramaikan toko online bagi kalian seorang pemula atau yang sudah lama tapi pengunjung belum datang datang juga.

Semoga pembahasan tentang cara meramaikan toko online ini bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog bloggedewek ini ya... pasti banyak info yang kalian dapatkan.