Cara Membuat Topi Wisuda dari Karton untuk MOS

Cara membuat topi wisuda dari karton untuk mos - Hai kawan, bagaimana kabar kalian semua nih... semoga hari ini selalu menjadi hari yang membahagiakan bagi kita semua. Apalagi besok kalian yang masih sekolah atau baru memasuki sekolah ke jenjang yang lebih tinggi akan bisa menikmati keindahan sekolah baru kalian yang diawali dengan MOS atau Masa Orientasi Siswa, yaitu pengenalan wawasan sekolah kepada para siswa baru.

Masa MOS adalah masa yang menyenangkan, apalagi saat ini tidak ada perpeloncoan lagi dalam dunia pendidikan, karena hal itu hanya akan terjadi balas dendam di kemudian hari. Namun tetap saja, anak MOS dilatih untuk berekreasi dengan segala sesuatu yang baru dan unik.

Salah satunya adalah disuruh mencari teka-teki lalu di bawa ke sekolah. Atau disuruh buat pernak pernik seperti dari kardus, Karton dan lainnya untuk aksesoris. Mungkin juga kalian disuruh untuk bikin topi wisuda/toga dari Karton atau kertas lain dan juga kardus.

Maka dari itulah disini saya akan memberikan tips dan cara membuat topi toga dari kertas karton untuk mos. Untuk mengetahuinya, silakan simak pembahasannya di bawah ini ya...

Lihat juga: Cara membuat celana jeans jadi keren

Cara membuat topi wisuda dari karton Mudah Cepat



Saya disini akan memberikan cara yang tidak ribet alias sederhana, jadi bisa kalian buat dalam waktu singkat beberapa menit saja, tanpa perlu pusing atau bingung beli dimana.

Berikut ini alat bahan untuk membuat topi toga segi lima yang biasa digunakan untuk wisuda itu.

*. Alat: Gunting, Pensil, Penggaris, Cutter

*. Bahan: Kertas karton/kardus bekas, lem, benang wol

Bagaimana cara membuat topi toga dari karton dan seperti apa polanya?

Untuk mengetahuinya silakan simak dibawah ini:

1. Siapkan alat dan bahan diatas.



2. Buat pola segi lima pada kardus bekas .

Caranya ialah dengan membentuk menggunakan sesuatu benda yang sudah memiliki bentuk persegi 5. Atau kalau tidak punya, buat saja dengan penggaris yang masing-masing panjang sisinya yaitu 25 cm dan memiliki sudut masing-masing yaitu 108°. Jadi langkah pertamanya adalah membuat titik tengah dulu baru buat garis tepi dan tentukan besar sudut.

3. Setelah itu gunting kardus sesuai dengan pola yang telah dibuat tadi, setelah itu rapikan dari berbagai hal yang terlihat kurang rapi pada bagian guntingan itu.



4. Siapkan kertas karton, lalu bentuk sesuai dengan pola tadi dan ukuran yang sama sebanyak 2 lembar.

5. Beri warna hitam dengan cat air, Jangan dengan krayon karena bisa berhamburan nanti warnanya gak karuan. Jadi gunakan cat air lalu tunggu hingga kering.

6. Setelah itu rekatkan kertas karton hitam yang telah kering itu ke muka atas dan bawah kardus itu. Lalu tunggu hingga mengering.



7. Siapkan rumbai topi wisuda dengan memakai benang wol yang terdiri dari puluhan helai yang diikat bersama. Fotonya seperti dibawah ini:



8. Letakan rumbai itu pada bagian tengah lalu rekatkan dengan lem keras atau dobletip dari bagian dalam.



9. Selanjutnya kita membuat untuk bagian kepala kita. Kita bisa menggunakan kertas karton juga yang bisa kita bentuk sesuai ukuran kepala kita, jadi tidak kekecilan atau kedodoran. Untuk tingginya jangan ketinggian, kira-kira 5-10 cm juga cukup. Bentuk melingkar.

10. Beri warna hitam dengan cat air juga. Dan biarkan hingga kering.



11. Cara membuat topi toga dari kardus selanjutnya adalah degan memasang kan itu kebagian ke bagian segi lima dari topi ini. Gunakan lem yang Kuat seperti alteco untuk membuatnya kencang.



12. Akhirnya selesai juga, dan lihat sendiri hasilnya.



Bagaimana kawan tentang cara membuat topi wisuda dari Karton dan kardus ini?, Jadi bagi kalian yang disuruh buat topi toga untuk MOS sekolah besok, kalian bisa buat saat ini juga.

Jangan lupa selalu kunjungi blog bloggedewek ini yah... Banyak kok ilmu yang bisa kalian dapatkan dengan selalu berkunjung ke blog ini setiap harinya.

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Sumber gambar: wunnis.blogspot.com