Kenapa Lukisan Monalisa Mahal? Cari Tau Alasannya!

Kenapa lukisan monalisa mahal? - Sobat bloggedewek, pernah gak sih kalian berfikir dalam pikiran Anda kenapa lukisan bisa mahal. Saya juga heran kenapa bisa semahal itu. Tapi saat artikel ini ditulis, harga lukisan termahal di dunia saat ini dengan daftar paling atas adalah karya Paul Gauguin yang merupakan pelukis impresionis asal Perancis. Judul dari karya lukis termahal saat ini yaitu Nafea faa ipoipo, kalau di Inggriskan yaitu “When will you marry?”.

Harga lukisan dengan judul "Kapan kamu akan menikah" ini adalah seharga $300 juta US. Atau kalau dirupiahkan lebih dari 3.9 triliunan. Hampir 4 triliun. Dijual secara pribadi kepada seseorang yang dirahasiakan identitasnya.

Ini penampakan lukisan termahal di dunia:



Berapa harga lukisan monalisa asli?

Lukisan karya Leonardo Da Vinci ini yang asli saat ini di pajang di Louvre Perancis Paris yang pada awalnya diakuisisi oleh raja Perancis 1 di awal abad 16. Dan katanya harganya ada yang mengatakan mencapai US$ 750 JUTA. Jika benar harga lukisan monalisa karya Leonardo Da Vinci ini semahal Itu, Maka ini adalah lukisan termahal sepanjang sejarah manusia.

Mungkin ada di benak Anda kenapa lukisan abstrak mahal, seperti itu saja bisa mahal banget, apa gak rugi dia beli semahal itu. Kalo orang biasa seperti saya ini mungkin mengatakan bahwa lukisan jelek tapi mahal. Tapi bagi para pengamat seni, harga triliunan rupiah adalah harga yang pas untuk seni yang tinggi.

Karena para pengamat seni memiliki kriteria lukisan mahal dan bagaimana menentukan apakah itu layak dihargai atau tidak. Bahkan lukisan the scream itu menurut pengamatan pakar seni memiliki banyak sekali yang luar biasa dalam nilai seni. Kalau saya menganggapnya sebagai lukisan aneh.

Sebagai informasi saja, saat ini lukisan termahal di indonesia yaitu berjudul Pasukan Kita karya S. Sudjono merupakan lukisan pelukis indonesia termahal di Asia Tenggara. Harganya sekitar 80 milyaran lebih. Dan masih sangat jauh dengan harga lukisan luar negeri itu.

Kenapa Lukisan Mona Lisa Mahal?



Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa dijadikan alasan mengapa lukisan Monalisa mahal. Dan silakan simak saja pembahasannya.

1. Karya dari seorang Seniman yang Besar



Kita tahu bahwa Leonardo Da Vinci merupakan seorang pelukis yang membuat beberapa karya yang membuat dunia terpukau. Dengan berbagai nilai seni tinggi yang dimasukkan kedalamnya, inilah yang membuat lukisan ini mahal.

Seorang seniman besar tidak akan membuat karya yang asal asalan. Jadi walaupun kelihatannya oleh kita jelek, tapi sebenarnya dia membuatnya dengan penuh imajinasi dan penghayatan yang sangat besar. Jadi tidak main-main dalam membuat.

Apalagi dibuat oleh seorang yang memang ahli itu mahal. Apapun itu, gak hanya lukisan saja. Dan kabarnya ini adalah lukisan yang selalu dibawa oleh Leonardo Da Vinci dalam setiap kesempatan. Jadi lukisan paling di sukai.

Lihat juga: Sketsa pemandangan yang mudah digambar

2. Misteri lukisan monalisa



Seniman satu ini memang biasa menyematkan beberapa kode kode rahasia dalam karya seninya, hal ini agar bisa diketahui oleh orang setelah dia tiada. Ada berbagai pesan dan rahasia dari lukisan Monalisa ini.

Misteri lukisan monalisa di malam hari ini sudah banyak sekali yang menguaknya. Mulai dari beberapa objek gambar dan senyuman yang penuh misteri.

Sudah banyak yang melakukan analisis lukisan monalisa, dan masing-masing punya pendapat sendiri sendiri tentang lukisan ini. Kelebihan dan kekurangan lukisan monalisa banyak sekali yang menaggapinya berbeda. Dan inilah alasan kenapa lukisan Monalisa mahal.

3. Sejarah lukisan monalisa



Dengan sejarah panjang pembuatannya, lukisan yang termasuk lukisan minyak ini adalah lukisan yang dibuat sempurna tanpa adanya kesalahan sedikitpun. Dengan pembuatan yang sangat detail dari tahun 1504-1515 yaitu sekitar 11 tahun pembuatan, tentu ini karya luar biasa.



Kabarnya lukisan ini juga pernah dicuri secara terorganisir atau dirampok pada tahun 1911. Namun segera dapat kembali dalam waktu singkat.

Dengan pembuatan yang lama ini, tentunya berbagai ide dan teori dari si pembuat tertuang ke dalam lukisan ini. Inilah sebab kenapa lukisan Monalisa mahal.

4. Sosok yang diperdebatkan



Ada yang mengatakan bahwa sosok yang digambarkan dalam lukisan ini adalah gambaran imajinasi (imajiner) dari si pelukis istilahnya tokoh fiktif. Ada juga yang bilang gambaran dirinya, ibunya, istrinya.

Namun ahli sejarah Giuseppe Pallanti , pada tahun 2004 dalam bukunya The Story of Mona Lisa, menyebutkan bahwa sosok itu adalah Lisa Gherardine, perempuan yang dilahirkan pada tanggal 15 June 1479, di Florence. Ia merupakan istri Francesco del Giocondo yaitu teman dari ayahnya Leonardo.

5. Senyuman yang membingungkan



Banyak sekali para ahli yang menganalisis senyuman Monalisa yang manis ini. Dan dari suatu alat pengukur deteksi emosi raut wajah diketahui datanya yaitu: 83% Bahagia, 9% Jijik, 6% Takut dan 2% Marah.

Ada banyak pendapat dari para penganut teori konspirasi yang mengatakan bahwa semuanya misteri dan rahasia pelukis ada dalam senyuman Mona Lisa ini. Inilah alasan kenapa lukisan Monalisa mahal.

Lihat juga nih: Contoh Doodle simple mudah digambar keren

Tapi diketahui bahwa senyuman memikat dari Monalisa ini bukan seyum asli, tapi senyum semu. Hanya ilusi optik dari si pelukis yang tertuang ke lukisan ini sehingga terkesan senyum padahal tidak sedang tersenyum.

Inilah beberapa jawaban kenapa lukisan Monalisa mahal. Jadi kalau kamu jadi seseorang yang suka lihat karya seni, terutama seni lukis, jangan langsung menghakimi dan mengecap bahwa itu adalah lukisan yang buruk dan jelek gak jelas.

Semoga pembahasan kenapa lukisan Monalisa mahal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Semoga bermanfaat...