Manfaat Lari Siang untuk Menurunkan Berat Badan

Hai semua pengunjung setia blog bloggedewek, apakah kalian sedang mencari tahu lebih banyak mengenai manfaat lari siang untuk menurunkan berat badan?, Jika ya Anda beruntung, karena disini saya ingin memberikan sedikit info tentang manfaat lari siang bagi kesehatan.

Namun disini saya akan meluruskan terlebih dahulu mengenai hal ini, karena banyak yang terkecoh akan hal ini, karena banyak yang menganggap bahwa manfaat lari siang untuk menurunkan berat badan atau diet.

Jadi untuk mengetahui lebih lanjut akan masalah ini, silakan simak terus pembahasannya di bawah ini ya...



dr. Hario Tilarso, SpKo berbicara seperti yang dikutip dari Tribunnews bahwa Lari siang itu tidak memiliki banyak manfaatnya, tapi banyak orang yang justru salah kaprah akan masalah ini, mereka menganggap bahwa semakin banyak berkeringat semakin cepat untuk menurunkan berat badan.

Jadi menurut Anda ini tidak ada manfaatnya sama sekali?

Menurutnya olahraga terbaik yaitu pada waktu seperti pagi hari setelah matahari terbit, sore hari dan malam hari antara habis Maghrib hingga habis isya jam 20.00 jangan melebihi jam 00.00.

Tapi dalam kenyataannya apakah demikian?

Saya jawab tidak asalkan Anda tahu cara terbaik untuk olahraga siang hari yang tepat baik dan benar. Yaitu Anda harus bisa menjaga untuk tidak minum terlalu berlebihan saat olahraga, diutamakan minum minuman yang kaya akan ion saja agar Anda tidak terlalu banyak minum. Karena dengan minum justru akan membuat Anda semakin gemuk. Hal ini karena lemak yang seharusnya terbakar justru menjadi penumpukan lemak.

Baca juga: Makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga

Sudah banyak orang yang saat lari siang hari mendapatkan manfaatnya, mulai dari bisa turun 2 kilo hingga belasan kg dalam beberapa minggu.

Manfaat lari siang pakai jaket untuk menurunkan berat badan



Memang jaket ini harus kalian pilih jaket yang tipis, serta tidak terlalu rapat, hal ini dimaksudkan agar Anda tidak memiliki masalah pada kulit nantinya seperti kemerahan atau ruam kulit.

Manfaat lari siang ini akan lebih maksimal dengan jaket, karena selain keringat yang dikeluarkan lebih banyak, lemak yang berlebihan juga akan terbakar dengan cepat, jadi sangat cocok untuk menurunkan berat badan alias diet demi mendapatkan tubuh yang ideal.

Inilah beberapa tips yang bisa kalian lakukan sebelum da saat melakukan lari siang hari, sangat disarankan untuk melakukan tips ini demi keselamatan dan juga mendapat manfaatnya yang lebih maksimal.

1. Selalu lakukan pemanasan

Jangan pernah menyepelekan untuk tidak melakukan pemanasan. Karena ini akan berakibat buruk bagi tubuh kalian sendiri. Salah satu risiko yang bisa kalian dapatkan adalah kram. Ia sih kalo kram otot lengan, kaki atau perut, coba kalo kram pada otot jantung atau otot paru-paru, kematian adalah risikonya.

Pemanasan berfungsi untuk melemaskan, meregangkan dan melatih otot-otot tubuh agar tidak kaget. Apalagi saat lari siang kan banyak sekali gangguan, seperti panas terik matahari, polusi, kondisi badan yang capek dan lainnya. Jadi jangan pernah menyepelekan pemanasan saat olahraga apapun.

2. Gunakan jaket Hoodie, pakaian ringan dan pakaian pendukung lainnya



Hal ini agar bisa memaksimalkan untuk mendapatkan manfaat yang ada. Selain itu dengan memilih pakaian yang tepat, maka akan melindungi dari sinar radiasi UV.

Jadi usahakan agar lengan tangan selalu tertutup dan bagian leher belakang juga tertutup. Jadi usahakan gunakan jaket yang nyaman agar tidak merusak kulit kalian.

Gunakan juga sepatu olahraga yang empuk, menyerap panas, dan selalu gunakan kaus kaki yang menyerap keringat. Ini membuktikan dampak positif bagi Anda.

Baca juga artikel lainnya: Manfaat lari siang pakai jaket dan manfaatnya

3. Gunakan lotion kulit UV Protection

Dengan menggunakan bahan pelindung radiasi sinar ultraviolet (UV) maka kalian bisa lebih merasa aman terhadap kerusakan kulit yang parah. Lebih baik lagi karena ini siang hari saat matahari terik, gunakan UV lotion dengan SPF 30++.

Bagi kalian para pria, yang mungkin gak suka bau wangi wangian yang ada pada lotion kulit pada umumnya, maka Anda dapat memilih lotion UV Protection yang tidak berbau dan tidak lengket dikulit. Balurkan pada bagian yang sering terkena sinar seperti wajah, tangan, leher, kaki dan lainnya.



4. Maksimal 45 menit

Jangan berlebihan, cukup lakukan Selama 30 menit atau maksimal 45 menit. Karena saat siang hari jantung yang dipacu olahraga berlebihan akan mengakibatkan fungsi menurun. Selain itu ada yang bilang bahwa tidak ada manfaatnya sama sekali jika berlebihan dalam olahraga, justru akan membuat dampak negatif.

Selain itu, setiap 10 menit Kamu berlari cobalah untuk melambat dengan berjalan selama beberapa menit, lalu lakukan lagi dengan rentang waktu yang sama. Atau kamu juga bisa mengikuti kondisi tubuhmu sendiri.

5. Pilih rute yang nyaman

Ini bisa kalian lakukan dengan berlari pada kondisi yang stabil. Dalam artian tidak terlalu naik, atau terlalu curam, serta becek dan penuh batu batuan. Karena ini akan membuat tubuh semakin terpacu dan membuat cepat lelah. Ini cocoknya dilakukan saat pagi hari.

Atau jika Anda berlari vertikal seperti di pegunungan yang sejuk dan memiliki tingkat kenyamanan tinggi, usahakan pilih track atau lintasan yang tidak terlalu menanjak serta pilihlah yang banyak pepohonannya.

Demikianlah beberapa manfaat lari siang untuk menurunkan berat badan serta tips-tips yang dapat kalian lakukan disaat kalian berlari di lintasan.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa kunjungi selalu blog bloggedewek ini yah...

Thanks.