Penjelasan Lengkap Fungsi Microsoft Access, Kelebihan dan Kekurangan

Fungsi microsoft access - Halo sobat blog bloggedewek, gimana nih kabarnya semua, saya harap kita selalu dalam lindungan Allah SWT setiap saat. Amiin.

Apakah kalian saat ini sedang mencari tahu mengenai apa itu microsoft access, fungsinya dan juga bagaimana cara menggunakan microsoft acces tersebut?. Jika ya, maka Anda beruntung, karena saat ini berada di tempat yang tepat, yang mana blog bloggedewek ini akan mencoba membahas seputar microsoft acces.

Bagi kalian anak sekolah yang mengambil jurusan komputer, TKJ, informatika, RPL, atau pokoknya yang berhubungan dengan ilmu perkomputeran tentunya tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini bukan?.

Sebenarnya aplikasi microsoft accees ini seharusnya sudah diajarkan pada saat sekolah tingkat atas bersamaan dengan microsoft word, excel, dan juga power point. Namun karena belum dibahas lebih lanjut mengenai bab ini, maka jadi banyak yang belum memahami microsoft acces dan juga micosoft publisher.

Microsoft acces tersedia dalam beberapa versi, namun yang paling terkenal yaitu microsoft acces 2007 dan 2010, karena fiturnya yang sudah lengkap.

Sejarah Microsoft Access



Microsoft acces merupakan salah satu bagian dari microsoft office yang tugasnya adalah mempermudah bagian office atau perkantoran. Nah ini bisa kalian gunakan untuk mempermudah tugas kantor.

Nah dari berbagai keperluan inilah maka dibuat suatu progam untuk mempermudah tugas seperti membuat jadwal dan lainnya yang berbasis data yaitu ms access ini.

Data yang dibuat dengan microsoft access ini adalah data yang berelasi atau berhubungan satu sama lain, jadi bisa kita ibaratkan ada suatu kode yang digunakan untuk menemukan sebuah buku diantara ribuan buku di perpustakaan.

Baca juga: Cara agar laptop tidak lemot

Fungsi microsoft acces





Ada beberapa manfaat ms access bagi kalian yang sudah tahu cara menggunakannya, diantaranya adalah:

1. Membuat basis data
2. Membuat jadwal mata pelajaran
3. Membuat data keuangan (gaji pegawai)
4. Data peserta didik seperti absensi dan lainnya
5. Membuat berbagai progam aplikasi seperti untuk kesiswaan, stok barang dan perpustakaan.
6. Membantu urusan buat bisnis
Dan masih banyak lagi kegunaan microsoft acces.

Manfaat ms access



1. Akan mempermudah dalam melihat dan menemukan data
2. Menghemat tenaga
3. Menghemat waktu
4. Menjadikan pekerjaan berat terasa ringan

Kelebihan dan kekurangan microsoft access



Inilah beberapa kelebihan microsoft acces:

1. Simple sederhana dan praktis
2. Interface yang dioptimalkan sebaik mungkin dan tidak membingungkan
3. Mudah dipakai
4. Cepat dan ringan

Kekurangannya yaitu ini adalah progam microsoft yang berbayar, jadi gak gratis gitu. Tapi pada beberapa laptop dan komputer biasanya sudah terpasang langsung aplikasi ini dari pabrikannya.

Ada beberapa bagian dari Microsoft access ini, diantaranya adalah:

1. Database
2. Query
3. Table
4. DBMS
5. RDBMS
6. Field
7. SQL,
8. Record
9. Kunci Utama (PrimaryKey)
10. DDL
11. DML
Dan masih banyak lagi.

Apakah micosoft access sama dengan microsoft excel?

Tidak sama dari segi fungsi, walau sama sama menggunakan tabel sebagai input datanya. Karena fungsi microsoft access adalah berbasis data (data basis) jadi bukan seperti excel yang untuk menghitung dan mengurutkan data angka.

Demikian sedikit pembahasan mengenai fungsi microsoft access, manfaat, kegunaan dan juga kelebihan kekurangannnya.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita semuanya. Amiin.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog bloggedewek ini ya... Silakan Anda bisa bookmark laman ini agar lebih mudah mengunjungi blog bloggedewek lain waktu. Thanks.