Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Berkualitas

Menjadi seorang blogger tentulah tidak lepas dari sebuah konten yang dia buat di dalam blog atau website yang dia miliki. Baik itu dalam bentuk teks, gambar, ataupun video. Namun kali ini saya akan lebih menekankan pada konten dalam bentuk artikel. Kita sering melihat begitu banyak informasi dalam  bentuk artikel di berbagai media masa namun banyak juga yang hanya sekedar menulis tanpa memperhatikan kualitas artikel itu sendiri. Sehingga para pembaca tidak betah dan tidak nyaman berlama-lama membaca artikel tersebut atau mungkin hanya membaca judul dan paragraf pertamanya saja. Miris memang, jika kita telah membuat artikel seharian atau sampai berhari-hari dengan kata-kata sampai seribu lebih namun pembaca enggan membacanya sampai selesai.

cara membuat artikel


Maka dari itu pentingnya kita tahu bagaimana cara menulis artikel yang baik dan berkualitas sehingga informasi yang disampaikan tidak monoton dan membosankan yang tentunya akan membuat orang yang membacanya merasa memperoleh informasi yang bermanfaat dan membuat mereka mudah memahaminya. Dan tentunya Anda berharap memiliki pembaca setia yang selalu menanti setiap artikel yang Anda tulis.

Sebelum saya memberitahukan kepada Anda bagaimana cara membuat artikel yang baik dan berkualitas,  saya akan memberi sedikit penjelasan dari jenis-jenis artikel sebagai penambah wawasan untuk Anda sehingga membuat Anda lebih memahami artikel itu sendiri. Bedasarkan laman wikipedia artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Dalam pembuatan artikel tentulah penulis ingin menyampaikan tujuan atau pesan yang ingin mereka share kepada pembaca, berdasarkan itu artikel terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ulasannya:

Jenis-Jenis Artikel

1. Artikel Deskripsi
Artikel deskripsi merupakan artikel yang mengulas tentang gambaran suatu kondisi, benda, dan berbagai hal sehingga membuat kita seolah-olah melihat, mendengar, dan merasa.

2. Artikel Narasi
Artikel narasi merupakan artikel yang menceritakan tentang suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi pada kurun waktu tertentu yang disampaikan secara kronologis.

3. Artikel Eksposisi
Artikel eksposisi merupakan artikel yang menjelaskan suatu topik dengan tujuan memberikan pengetahuan tambahan dan informasi untuk pembaca yang mana biasanya disertai  statistik, gambar grafik dan lainnya.

4. Artikel Argumentasi
Artikel argumentasi merupakan artikel yang dibuat dengan tujuan membuktikan kebenaran dari suatu pendapat dengan menunjukkan suatu fakta dan data untuk membenarkan pendapat tersebut.

5. Artikel Persuasi
Artikel persuasi merupakan artikel yang berisikan tentang ajakan atau tindakan mempengaruhi agar si pembaca melakukan sesuatu yang diinginkan oleh si penulis artikel.

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis-jenis dari artikel, sesuai dengan topik utama yang akan saya ulas yaitu cara membuat artikel yang baik dan berkualitas berikut ini penjelesannya.

Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Berkualitas

1.Mencari Ide Yang Menarik
Dalam penentuan suatu ide banyak cara yang kita bisa lakukan agar kita bisa mendapatkan beberapa ide yang bisa kita kembangkan. Kita bisa memperhatikan suatu peristiwa atau benda yang lagi hangat-hangatnya dibicarakan atau yang lagi trend.

2.Mengembangkan Ide Yang Diperoleh
Ketika kita sudah mendapatkan sebuah ide maka tugas berikutnya adalah mengembangkannya menjadi beberapa ide pendukung yang bisa membuat artikel kita lebih menarik sehingga tidak terkesan monoton. Apabila ide yang didapat sudah banyak maka Anda harus menyeleksinya dengan mengambil ide-ide yang berhubungan erat dengan ide utama.

3.Pemilihan Tata Bahasa dan Ejaan
Dalam menentukan tata bahasa dan ejaan hal yang harus Anda perhatikan adalah untuk siapa artikel ini Anda tulis. Intinya Anda harus menyesuaikannya dengan pembaca semisal jika artikel tersebut membahas tetang dunia remaja maka kita membuat dengan bahasa mereka sehari-hari karena jika kita menggunakan bahasa yang baku maka terkesan formal, yang tentunya jauh dari kesan pergaulan para remaja. Maka dari itu Anda bisa menentukan apakah artikel ini ringan dibaca atau terkesan berat.

4. Penyusunan Penulisan Yang Benar
Hal ini sangat penting karena ini merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kenyamanan pembaca ketika membaca sebuah artikel. Sebagai contoh adanya alinea, tanda baca yang jelas, penomoran dan sebagainya.

5.Data dan Statistik
Dalam poin kelima ini Anda harus memperhatikan jenis artikel apa yang Anda akan buat seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Adanya sebuah data dan statistik dari sumber terpercaya membuat sebuah artikel lebih berbobot dan tidak terkesan artikel abal-abal.

6.Penentuan Judul Artikel
Dalam menentukan sebuah judul kita harus memperhatikan beberapa poin diantaranya penulisan judul yang tepat, relevan artinya judul masih berkaitan dengan isi artikel, membuat judul yang menarik dan membuat pembaca penasaran dengan isi artikel ketika membaca judul dari artikel tersebut.

7.Membaca Kembali Artikel Yang Dibuat
Dan ini poin terakhir yaitu Anda harus membaca ulang artikel yang Anda buat, ini bertujuan agar anda bisa mengoreksi apakah ada kesalahan dalam penulisan atau ada kata-kata yang rancu.

Mungkin dari beberapa poin diatas ada yang bisa Anda tambahkan guna menambah kualitas artikel yang akan Anda buat. Semoga beberapa ulasan di atas bisa menambah referensi Anda dan menambah pengetahuan Anda. 

Terima kasih.