Daftar Email Gmail Baru di Indonesia

Dalam pertemuan kali ini saya akan membahas serta memberi tutorial tentang cara daftar gmail terbaru untuk Anda. Dimana saya akan mengulas secara lengkap agar Anda mudah memahami dan memperaktikkannya. Namun sebelumnya tidak lengkap rasanya bila kita tidak tahu tentang email itu sendiri. Oleh sebab itu, sebelum kita ke inti pembahasan kali ini yaitu cara daftar email gmail, saya akan mengulas sedikit mengenai email untuk menambah pengetahuan kita tentang email.

Pengertian Email


Email atau biasa kita sebut juga dengan "electronic mail" merupakan surat dalam bentuk elektronik yang digunakan sebagai alat komunikasi dengan mengirimkan pesan baik berupa data, file teks, foto digital, atau file-file audio dan video. Penggunaan email lebih efektif digunakan di era saat ini dibandingkan kita menggunakan surat pos. Hal ini disebabkan karena kita bisa mengirim pesan kemana saja dalam waktu yang cepat dengan biaya yang murah, karena kita hanya membutuhkan internet saja.

Sesungguhnya penggunaan email hampir sama dengan surat pos, dimana dalam pengirimannya menyertakan alamat pengirim dan alamat penerima. Hanya saja pada email, kita bisa lebih praktis dan tentunya lebih efesien. Adapun beberapa manfaat email akan saya bahas di bawah ini:

Manfaat Email

1. Email Sebagai Media Komunikasi
Email digunakan sebagai alat komunikasi baik antar individu ataupun instansi, dengan berbagai tujuan baik yang formal maupun sekedar komunikasi biasa.

2. Email Sebagai Media Pengiriman
Adanya email sangat membantu kita dalam pengiriman baik berupa data, teks, audio, dan video ke semua orang di seluruh dunia dalam waktu yang singkat bahkan dalam hitungan detik. Tentu saja ini membuat pengiriman lebih efektif.

3. Email Sebagai Media Promosi
Dengan maraknya masyarakat menggunakan transaksi jual beli online tentulah berbagai media di internet dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan produk-produk yang dipasarkan, tidak terkecuali email. Jika kita memiliki usaha online, kita bisa mempromosikan produk usaha yang kita memiliki dengan mengirimkan berbagai hal tentang produk kita ke alamat email pelanggan kita.

4. Email Sebagai Media Informasi
Dengan menggunakan email, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru dari berbagai sumber dengan menjadi pelanggan dari media yang Anda pilih.

5. Email Sebagai Media Untuk Membuat Akun Website dan Sosial Media
Email merupakan salah satu persyaratan ketika ingin membuat akun baik itu akun website maupun akun sosial media seperti facebook, twitter, atau google dan yang lainnya.


Pemaparan di atas merupakan sedikit informasi tentang email, berikutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara daftar Email Gmail. Berikut langkah demi langkah panduan untuk daftar email gmail, silahkan disimak:

Cara Daftar Email Gmail Terbaru

1. Langkah awal, silahkan Anda kunjungi www.gmail.com setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Kemudian perhatikan pada bagian bawah ada pilihan " Create account " 
daftar gmail
2. Setelah itu akan muncul halaman yang berisikan tentang formulir yang wajib Anda isi seperti gambar dibawah ini.

cara membuat email

3. Selanjutnya isilah formulir di atas, berikut panduan pengisian data yang wajib Anda isi.
  • Name : Isi dengan nama Anda, dimana terdapat dua kolom pada kolom yang pertama isi dengan nama depan Anda dan pada kolom kedua isi dengan nama belakang Anda.
  • Choose your username : Isi dengan nama lengkap Anda tanpa spasi dan unik karena ini akan menjadi alamat email Anda. Dalam pengisian nama ini, Anda tidak harus menggunakan nama asli Anda agar beda dengan yang lain, Anda bisa mengkombinasikannya dengan angka. Contoh Anda mengisi nama "akukamu", apabila muncul keterangan seperti dibawah ini.

    That username is taken. Try another.
    Available: akuk93551     kamu89200

    Berarti nama yang Anda masukkan sudah ada yang menggunakan maka pada "Available" terdapat pilihan yang bisa Anda gunakan sebagai alamat email Anda. Seperti pilihan akuk93551 atau kamu89200, jadi Anda bisa memilih salah satu dari pilihan nama tersebut.
  • Create a password :  Pada kolom ini Anda harus memasukkan kata sandi/password, dalam membuat kata sandi usahakan perpaduan huruf dan angka sehingga sulit ditebak oleh orang lain. Perlu diperhatikan ketika Anda memasukkan kata sandi pemberian huruf besar dan huruf kecil berpengaruh terhadap keaslian kata sandi sehingga itu sangat penting dan jangan menggunakan tanggal lahir, no hp dan yang lainnya yang berkaitan dengan Anda agar tidak mudah ditebak oleh orang yang tidak bertangggung jawab.
  • Confirm your password : Selanjutnya pada kolom ini silahkan Anda masukkan kembali kata sandi/password yang Anda masukkan pada kolom " Create a password ".
  • Birthday : Masukkan tanggal lahir Anda, disana sudah tersedia tiga kolom, ada kolom Month (Bulan), Day (Tanggal), Year (Tahun).
  • Gender : Silahkan Anda klik dan pilih jenis kelamin Anda, disana ada tiga pilihan yaitu Female (Laki-laki), Male (Perempuan), Other (Lainnya).
  • Mobile phone : Isilah dengan nomor handphone Anda (bisa juga tidak diisi).
  • Your current email address : Isi dengan alamat email saat ini yang Anda punya sebelumnya (bisa juga tidak diisi) jadi lewati saja.
  • Location : Pada kolom ini biasanya sudah langsung otomatis, seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, pada kolom "Location" sudah terpilih Indonesia.
Jika pengisian data sudah terisi semua langkah selanjutnya klik kotak biru dengan tulisan "Next step" yang terdapat pada bagian bawah .

4. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
daftar gmail baru

5. Saat muncul tampilan seperti di atas, arahkan cursor pada laman tersebut lalu gulir ke bawah hingga kotak dengan tulisan "I AGREE" (Saya Setuju) menjadi warna biru. Selanjutnya klik kotak biru "I AGREE"

6. Kemudian akan muncul laman seperti gambar di bawah ini, lalu klik kotak berwarna biru dengan tulisan "Continue to Gmail".
daftar email gmail
7. Selanjutnya akan muncul laman berikutnya, perhatikan gambar di bawah ini silahkan Anda klik tanda " X " pada pojok kanan atas.

email gmail
8. Selamat Anda sudah berhasil membuat akun email gmail.

Sangat mudah kan? Semoga panduan di atas bisa dengan mudah Anda praktikan sehingga Anda tidak perlu lagi meminta bantuan kepada teman karena Anda sudah tahu sendiri cara daftar email gmail.

Selamat mencoba!