Tempat Wisata Lombok Barat Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Adanya wisata Lombok Tours tidak bisa dipandang sebelah mata lagi, hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya wisatawan yang datang setiap tahunnya. Apalagi jika kita mengunjungi wisata pantainya, pokoknya tidak kalah dengan pantai yang ada di Bali. Sebenarnya ada banyak objek wisata yang terdapat pada pulau seribu masjid ini. Namun kali ini saya akan membahasnya secara spesifik tentang wisata Lombok Barat yang menarik tentunya.

Secara administratif Lombok Barat merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat. Wisata Lombok Barat kebanyakan wisata laut dan wisata agrarisnya, Ini bisa jadi daftar objek wisata yang bisa kamu kunjungi pada liburan kali ini. Biar tidak penasaran, berikut daftar tempat wisata lombok barat.

Objek Wisata Lombok Barat Yang Paling Memukau dan Terkenal


1. Obyek Wisata Pantai Senggigi

Obyek Wisata Pantai Senggigi

Tempat wisata pantai Senggigi terletak tidak jauh dari kota Mataram, yang mana pantai ini merupakan salah satu pantai indah Lombok yang terkenal baik wisatawan domestik maupun manca negara. Pantai ini termasuk tempat wisata lombok dekat bandara, yaitu lebih tepatnya menempuh jarak kurang lebih 30 menit dari bandara Ampenan. Pantai ini memiliki pasir putih yang terbentang sepanjang pantai dengan warna laut yang biru nan jernih sehingga tampak keindahan karang-karang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dengan panorama indah yang dimiliki pantai Senggigi tidak heran pantai ini menjadi salah satu pantai favorit di Lombok. Apalagi di pantai ini tersedia akomodasi yang lengkap mulai dari yang berkelas hingga yang ekonomis.

2. Pantai Sekotong Lombok

pantai sekotong lombok barat

Pantai ini mempunyai keindahan pasir putih, dimana pada pantai ini terdapat pulau-pulau kecil yang disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan gili. Salah satu gili terkenal yang dekat dengan pantai Sekotong adalah Gili Nangu. Letak pantai ini lumayan jauh dari kota Mataram, tepatnya ada pada kecamatan Sekotong oleh sebab itu pantai ini dinamakan pantai Sekotong.

3. Wisata Gili Nanggu Lombok 

Tempat Wisata Gili Nanggu Lombok

Gili Nanggu merupakan pulau kecil yang berada di selat Lombok, sepeti yang saya jelasakan di atas secara administratif pulau ini terletak di kecamatan Sekotong, kabupaten Lombok Barat. Pulau ini memiliki luas sekitar 8 hektar. Seperti pantai lainnya di Lombok, pantai ini mempunyai pasar putih dengan suasana tenang sehingga banyak wisatawan yang datang ke tempat ini khususnya bagi pasangan yang ingin berbulan madu. Fasilitas yang ada di Gili Nanggu cukup lengkap diantaranya wahana watersports, jogging trek, perlengkapan diving atau snorkeling dan akomodasi yang modern.

4. Pantai Kerandangan Lombok

Pantai Kerandangan Lombok

Pantai ini terletak di utara pantai senggigi, keindahan pantainya tidak kalah dengan wisata pantai yang lainnya. Pada bagian tepi terdapat batu karang yang besar yang memecah ombak, sehingga akan terdengar suara deburan ombak yang membuat suasana pantai semakin kental. Sering menginjak sore hari, para wisatawan akan semakin ramai. Hal ini dikarenakan agar mereka bisa melihat keindahan sunset.

5. Pantai Batu Bolong Lombok Barat

Pura Pantai Batu Bolong Lombok Barat

Pantai batu bolong merupakan pantai dengan batu karang yang besar namun terdapat lubang atau bolongan besar pada batu tersebut dan sebuah pura yang tepat berada di atasnya. Pantai batu bolong menjadi salah satu spot untuk kita menikmati sunset dengan latar belakang gunung Agung sehingga sangat bagus untuk anda mengabadikan moment tersebut.

6. Pantai Batu Layar Lombok

wisata pantai batu layar lombok

Pantai batu layar terletak di desa Batu Layar, Lombok Barat. Pantai ini juga berdekatan dengan pantai Senggigi atau lebih tepatnya berjarak kurang lebih 2 km dari Pantai Senggigi dan 10 km dari kota Mataram. Pantai ini memiliki pemandagan yang bagus dengan sunsetnya walaupun bukan menjadi wisata pantai favorit di Lombok Barat.

8. Wisata Lainnya

Selain nama nama pantai di lombok barat di atas masih ada wisata lainnya. Sehingga jika anda berkunjung ke Lombok Barat, saya rasa tidak cukup waktu sehari. Adapun wisata-wisata tersebut diantaranya Pura Lingsar, Rumah Adat Dusun Sade Lombok, Gunung Rinjani, Taman Suranadi, Bukit Malimbu, Kota Ampenan, Hutan Lindung Sesaot, Taman Mayura dan Taman Narmada. 

Begitu banyak daftar tempat wisata lombok barat yang bisa anda kunjungi, semoga artikel ini bisa menjadi acuan untuk anda yang mempunyai rencana berlibur ke pulau seribu masjid Lombok dan sebagai pegangan sebaiknya anda memiliki peta wisata lombok barat.