Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Berbicara mengenai BBM tentulah tidak terlepas dari lingkungan dan masyarakat. Seperti yang kita ketahui penggunaan BBM atau secara umum kita sebut sebagai kebutuhan energi akan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Apabila kita perhatikan dengan seksama peningkatan akan kebutuhan energi sangat erat hubungannya dengan perkembangan kegiatan ekonomi dan jumlah penduduk. Jika kita ambil contoh di Indonesia, dimana di negeri ini jumlah penduduk tiap tahunnya makin bertambah yang juga meningkat pula pertumbuhan ekonominya. Ini lah yang menyebabkan kebutuhan energi di Indonesia selalu meningkat tiap tahunnya.

Mari kita perhatikan bersama, menurut penjelasan Ditjen Listrik dan Pemanfaatan Energi dalam diskusi di Pusat Penelitian Ekonomi-LIPI pada tahun 2004, menyatakan bahwa pada tahun 1970, konsumsi energi primer hanya sebesar 50 juta SBM (Setara Barel Minyak). Tiga puluh satu tahun selanjuntya, tepatnya pada tahun 2001 konsumsi energi primer sudah menjadi 715 juta SBM atau mengalami pertumbuhan yang luar biasa yakni sebesar 1330% atau pertumbuhan rata-rata periode 1970-2001 sebesar 42.9%/tahun.

Hal ini tentulah membuat kita sangat khawatir akan kebutuhan energi yang terus meningkat namun persediaan cadangan energi semakin menipis. Oleh sebab itu kita harus lebih bijak memakai energi khususnya bahan bakar minyak atau BBM. Terlebih jika kita tidak mulai memikirkannya dari sekarang bisa dibayangkan beberapa tahun kedepannya akan terjadi kerusakan alam akibat dari masyarakat yang tidak bijak dalam pemakaiannya yang tentunya masyarakat sendirilah yang akan merasakan efek dari kerusakan alam tersebut.

Inilah yang menjadi acuan dari Pertamina untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan ramah lingkungan. Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tahu dengan perusahaan yang satu ini namun saya yakin sebagian besar dari mereka hanya sekedar tahu tanpa mengenal lebih dalam tentang Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. Untuk itu saya akan mengulas secara mendalam tentang Pertamina agar bisa lebih bermasyarakat yang tentunya untuk menanamkan pola pikir masyarakat yang arif dalam menggunakan dan memanfaatkan energi dunia saat ini.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Profil Singkat Pertamina

Pertamina merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang energi meliputi minyak, gas serta energi baru dan terbarukan. Didirikan pada tanggal 10 Desember 1957, membuat Pertamina memiliki pengalaman lebih dari 56 tahun sehingga menjadikannya semakin percaya diri untuk berkomitmen menjalankan kegiatan bisnisnya secara profesional dan penguasaan teknis yang tinggi mulai dari kegiatan hulu sampai hilir.Berorientasi pada kepentingan pelanggan juga merupakan suatu hal yang menjadi komitmen Pertamina,agar dapat berperan dalam memberikan nilai tambah bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Pertamina menjalankan kegiatan bisnisnya berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola korporasi yang baik sehingga dapat berdaya saing yang tinggi di dalam era globalisasi.


Apa Saja Produk dan Layanan dari Pertamina?

Dengan berdiri selama lebih dari 56 tahun tentulah sudah banyak produk yang dihasilkan dan juga selalu ada perubahan ke arah yang lebih baik guna meningkatkan kualitas dan juga selalu berusaha menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Dimana produk-produk Pertamina di sektor hilir yang terdiri dari Bahan Bakar Minyak (BBM), Non BBM, Gas, Petrokimia, dan Pelumas. Berikut perinciannya:


Bahan Bakar Minyak (BBM)

Produk BBM yang terdiri dari :
  • Minyak Bensin
  • Minyak Tanah
  • Minyak Solar
  • Minyak Diesel
  • Minyak Bakar

Bahan Bakar Khusus (BBK) 

Produk BBK yang terdiri dari :
  • Aviation Gasoline (BBM pesawat udara)
  • Aviation Turbine Fuel (BBM pesawat udara ber-turbin)
  • Bio Pertamax
  • Bio Solar
  • Pertamax
  • Pertamax Plus
  • Pertamina Dex
  • Pertamax Racing
  • Premium

Bahan Bakar Subsidi

Produk Bahan Bakar Subsidi yang terdiri dari :
  • Bio Solar
  • Premium

Non BBM

Bahan bakar bukan minyak yang terdiri dari :
  • Aspal
  • Pelumas (Lube Base Oil)
  • Pelarut (Solvent)

Adakah Produk-Produk Terbaru dari Pertamina?

1. Pertalite

Pertalite merupakan  dari Pertamina yang mempunyai level research octane number (RON) 90, Pertalite membuat pembakaran pada mesin kendaraan dengan teknologi terkini lebih baik dibandingkan dengan Premium yang memiliki RON 88. Pertalite sesuai untuk dipakai kendaraan bermotor roda dua hingga kendaraan multi purpose vehicle ukuran menengah.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Apakah Keunggulan Pertalite dibandingkan dengan BBM yang lain?

Durability/Ketahan
PERTALITE termasuk BBM Berkualitas yang mempunyai kandungan oktan 90 lebih yang terdiri dari aditif detergent, anti korosi, serta pemisah air menyebabkan mesin tidak mudah rusak.

Fuel Economy
Dengan Kesesuaian oktan 90 membuat PERTALITE mempunyai perbandingan Air Fuel Ratio yang lebih tinggi dengan konsumsi bahan bakar sehingga kinerja mesin lebih optimal dan efisien untuk menempuh jarak lebih jauh karena biaya operasi bahan bakar dalam Rp/Km akan lebih hemat. Sehingga tidak heran Pertalite merupakan BBM Oktan Tinggi Harga Terjangkau.
Performance
Kesesuaian angka Oktan PERTALITE dan Aditif yang dikandungnya dengan spesifikasi mesin akan menghasilkan performa mesin yang jauh lebih sehingga menjadikan kendaran lebih lincah dalam bermanufer serta menjadikannya BBM Ramah Lingkungan.


2. Envogas

Pertamina Envogas merupakan produk CNG (Compressed Natural Gas) atau Gas Alam Terkompresi yang didapat lewat proses kompresi metana (CH4) hasil ekstraksi gas alam dengan tekanan sebesar 200 s/d 275 BAR. Komposisi gas metana (CH4) yang memiliki fraksi yang lebih ringan dari udara, membuat CNG akan terlepas ke udara seketika ketika terjadi kebocoran sehingga relatif lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan dengan Bahan Bakar Minyak.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan


Produk ini sebenarnya sudah pernah diperkenalkan oleh pertamina pada tahun 1986 dan 1992 yang kemudian dirilis kembali pada tanggal 10 Desember 2012. Pemerintah menetapkan harga untuk Envogas yaitu Rp 3,100/Lsp.

3. ELPIJI(LPG)

Saya yakin masyarakat sudah pada tahu dengan produk pertamina yang satu ini. LPG merupakan gas hidrokarbon produksi dari kilang minyak dan kilang gas dengan komponen utama gas propane (C3H8) dan butane (C4H10). Penggunaa LPG di masyarakat sangat familiar karena penggunaanya yang praktis terutama bagi ibu rumah tangga.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan


Berikut ini keuntunggan menggunakan ELPIJI dibandingkan dengan bahan bakar yang lain:
  • Bersih
  • Stabil
  • Fleksibel
  • Cocok untuk produk yang sensitif
  • Ramah lingkungan


 4. Vi-Gas

Vi-Gas merupakan turunan dari LPG yang disebut LGV (Liquefied Gas for Vehicle), dengan campuran Propane dan Butane. Dikemas dalam tabung yang juga berfungsi sebagai tanki bahan bakar.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Apa Alasan Yang Mengharuskan Saya Memilih Vi-Gas?

Mungkin pertanyaan di atas langsung ada dipikiran kalian ketika mendengar Vi-Gas. Ini hal yang haruskan kalian pertimbangkan dari Vi-Gas yakni pemakaian Vi-Gas relatif tidak berbahaya dan lebih hemat dibandingkan jika kalian menggunakan BBM.

5. Bright Gas

Bright Gas bisa menjadi alternatif LPG Aman untuk kalian, dimana pertamina juga membuat Bright Gas dengan beberapa macam, berikut ulasanya:

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan



  • Bright Gas 12 Kg, Bright Gas jenis ini diperuntukkan untuk untuk kalangan menengah ke atas.
  • Bright Gas 5,5Kg, Bright Gas jenis ini lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

  • Bright Gas 220 Gram, Pertamina sengaja membuat produk ini karena sangat mengerti keinginan konsumen. Bright Gas 220 Gram dibuat agar mudah memasak baik indoor maupun outdoor.


 Apa keuntungan dari Bright Gas 12 Kg dan 5,5 Kg?

Lebih Aman

Tabung Bright Gas mempunyai fitur Katup Ganda DSVS (Double Spindle Valve System) yang 2x lebih aman dalam mencegah kebocoran pada kepala tabung. Untuk menjamin kualitas dan ketepatan isi, Bright Gas 5,5 kg juga dilengkapi dengan Segel Hologram dengan fitur OCS (Optical Color Switch) yang telah memperoleh paten dan tidak dapat dipalsukan. Selain itu, pada tabung Bright Gas 5,5 Kg juga terdapat Sticker safety .

Lebih Nyaman

Dengan berat tabung hanya 12,6 Kg, tabung Bright Gas 5,5 Kg sangat ringan untuk dijinjing. Sehingga untuk para Ibu yang selama ini merasa kesulitan dalam membawa tabung gas untuk memasak kini tidak perlu khawatir lagi. Selain itu, konsumen juga dapat memesan langsung Bright Gas 5,5 Kg dengan Bright Gas Layan Antar 500 000.

Lebih Terjangkau

Bright Gas Hemat dan lebih Terjangkau dengan harga jual isi ulang yang ditawarkan sebesar Rp 57.500/tabung*) untuk daerah Jawa & Bali, dan Rp 62.000/tabung*) untuk daerah Kalimantan.

Selanjutnya Apa Keunggulan Bright Gas dengan kemasan 220 gram?

  • Praktis dengan volume isi 220 gram serta adanya layanan antar melalui Contact Pertamina 500 000 (untuk pemesanan min. 12 pcs)
  • Bright Gas kemasan 220 gram juga mudah didapatkan di SPBU, Indomaret, dan Outlet Modern lainnya.
 Dari ulasan di atas Pertamina banyak meluncurkan produk-produk yang berkualitas dan ramah lingkungan guna melayani masyarakat. Sehingga kita juga bisa lebih bijak dengan memperhatikan semua aspek terlebih untuk keamanan kalian.

Bumi ini merupakan tempat yang Tuhan ciptakan untuk kita tinggali, jadi jagalah kelestariannya demi anak cucu kita dengan menggunakan produk-produk yang tidak merusak lingkungan. Save the earth!


Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan