Cara Membuat Bubur Sumsum

Bubur sumsum merupakan jenis jajanan pasar yang memiliki banyak penggemar. Memang, ada begitu banyak penjual bubur sumsum di lingkungan sekitar Anda. Namun tentu tak ada salahnya pula bila Anda mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Ini di resep nya silahkan baca dibawah ini.

Cara Membuat Bubur Sumsum

Cara Membuat Bubur Sumsum

Bahan

100 gram tepung beras, santan kental 650 ml, Garam setengah sendok kecil, daun pandan 6 lembar, gula merah  250 gram.

Cara Membuatnya

Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah membuat bubur nya dulu. Bagi 650 ml santan kental yang sudah dipersiapkan menjadi dua bagian. Satu bagian dimasukkan ke dalam panci bersama daun pandan supaya aroma nya harum lalu masak dengan api sedang kecil. Jangan lupa tetap diaduk aduk supaya santan tidak pecah.

Ambil satu wadah lagi dan tuang bagian santan yang lain dengan tepung beras dan setengah sendok garam. Aduk aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan adonan.

Masukkan dan tuang adonan tepung beras dengan santan diatas ke dalam panci santan yang sedang direbus. Aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.

Masak bubur sumsum nya sampai benar benar matang dan tanak (tidak tercium aroma tepung berasnya). Jangan lupa tetap diaduk aduk terus sampai mengental dan biasanya ada letupan letupan di bubur nya. Setelah matang lalu angkat dan dingin kan terlebih dahulu sebelum disajikan.

Sambil menunggu bubur nya dingin kita masak saus santan nya. Ambil satu panci kecil lalu masukkan santan kental nya, 1 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih dan di simpul dan sedikit saja garam dapur beryodium. Aduk aduk sampai benar benar matang lalu angkat dan dingin kan.

Untuk memasak gula merah nya hampir sama caranya. Masukkan gula merah yang sudah disisir halus, daun pandan yang sudah di simpul lalu beri air secukupnya (kurang lebih sekitar 100 ml-120 ml). Aduk aduk sampai semua gula larut dengan airnya. Kalau suka, teman teman bisa juga menambahkan sedikit kayu manis.

Semoga berhasil. Sekian terimakasih:)