Cara Cek Tagihan Listrik PLN Lengkap 2019

Cek Pembayaran Listrik - Bayar listrik sudah menjadi rutinitas manusia saat ini, mengingat begitu penting lisrtik di masyarakat. Bayangkan sehari saja tidak ada listrik, akan banyak kegiatan yang tertunda terutama perusahaan dan yang lainnya.

Sebelumnya kita membahas pokok dari artikel ini, ada baiknya kalian tahu jenis instalasi listrik di rumah kalian. Saat ini ada dua jenis instalasi listrik yang biasa ada di sekitar kita yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Mari kita bahas lebih dalam, listrik prabayar merupakan sistem pembayaran listrik dengan pulsa atau token. Sistem ini terbilang baru, karena baru diperkenalkan oleh PLN di tahun 2010. Sedangkan listrik pascabayar merupakan sistem pembayaran listrik setelah memakai fasilitas listrik selama 1 bulan. Seperti kita ketahui sistem instalasi listrik ini lebih dulu ada dibandingkan sistem prabayar. Sistem listrik pascabayar inilah yang bisa kalian lihat tagihannya, sedangkan prabayar tidak.

Cek Pembayaran Listrik

Cara Cek Tagihan Listrik PLN


Kalian bisa melakukan cek pembayaran listrik lewat hp ataupun PC. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan penjelasan di bawah ini yang saya jelaskan dengan lengkap.

Cek tagihan listrik via telepon

Cara pertama yaitu cek tagihan listrik dengan melakukan panggilan telepon. Cara ini bisa dibilang mudah, Kalian hanya perlu menghubungi customer service PLN dan menanyakan perihal tagihan listrik. Silahkan telepon ke call centre PLN di 123, dan jangan lupa juga untuk mencantumkan kode area. Lalu ikuti petunjuk dari operator. Perlu kalian ketahui ini tidak gratis karena dikenakan tarif telepon normal.

Cek tagihan listrik lewat SMS

Cara sebelumnya lewat telepon, maka kali ini cek tagihan listrik via SMS. Kalian bisa menggunakan dua pilihan yang dapat dipakai untuk cara ini. Yang pertama yaitu cek tagihan pada kurun waktu 1 bulan dan yang kedua cek tagihan secara berlangganan. Yang berarti kalian akan mendapat informasi tagihan listrik setiap bulannya. Berikut penjelasannya:

Cara cek tagihan listrik per bulan
Buat SMS dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123.

Cara berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik
Buat SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Cara berhenti berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik
Selain mendaftar, kalian juga bisa stop berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Caranya, buat SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Perlu dicatat untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms dikenakan biaya sebesar Rp.500 (belum termasuk ppn 10%) per sms.

Selain itu, kalian juga bisa cek tagihan listrik lewat aplikasi yang terpasang perangkat kalian. Jika kalian menggunakan Android, silahkan download aplikasi PLN Mobile for Android di playstore. Untuk pengguna iOS bisa download PLN Mobile, Info Cek Tagihan Listrik PLN, dan Tagihan di Appstore.

Cek pembayaran listrik online


Cek tagihan listrik PLN lewat website
Penasaran berapa tagihan listrik di rumah bulan ini? Coba cek pembayaran listrik anda bulan ini dengan cara mudah dan lengkap di artikel ini. Cara pertama yang bisa kalian lakukan yaitu mengecek tagihan listrik lewat website.

Salah satu website yang bisa kalian gunakan adalah cekbill.com. Situs ini termasuk lengkap karena kalian bisa mengecek beberapa informasi disini, salah satu fitur yang bisa kalian gunakan ialah cek tagihan listrik PLN. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik Cek Tagihan Listrik PLN pada bagian kiri laman
  2. Masukan ID pelanggan PLN kalian pada kolom yang disediakan.
  3. Masukan kode captcha untuk verifikasi yang terdiri atas 6 digit.
  4. Kemudian klik Cek Tagihan.
  5. Tagihan listrik kalian akan muncul beserta status pembayarannya (sudah bayar atau belum)

Cek tagihan listrik lewat email
Kalian juga bisa memperoleh notifikasi mengenai tagihan listrik lewat email. Untuk memperoleh email berupa e-billing yang berisikan tagihan listrik, kalian harus terdaftar di e-billing PLN. Caranya langsung daftar pada website, tetapi karena ada perubahan antarmuka laman resmi PLN tersebut, kalian dapat menanyakan hal tersebut via email di pln123@pln.co.id atau lewat akun media sosial resmi PLN, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123.