Cara membersihkan lensa kamera dari Jamur



Cara membersihkan lensa kamera dari Jamur

Hallo gaes,,! pada pertemuan kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara membersihkan lensa kamera dari jamur. Karena selain debu atau minyak, terkadang jamur juga menjadi musuh utama bagi setiap kamera. Maka perlu dilakukan usaha pembersihan jamur.

Kalian gak usah nuggu sampai lensa jamuran lalu kemudian dibersihkan, apalagi membersihkannya dengan menggunakan cara ekstrim “cairan keras”, hal tersebut tidak di anjurkan, sebab akan mengikis atau menghapus elemen “coating” sebagai penyaring cahaya yang masuk, maka berakibat akan mengurangi kualitas lensa seperti tingkat ketajaman, warna dan lain sebagainya.

Cara membersihkan lensa kamera dari Jamur

Cara membersihkan lensa kamera dari jamur, pastinya ada beberapa langkah yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu. Sebab, lensa merupakan bagian dari kamera yang sangat sensitif sehingga diperlukan perawatan yang serius dan tak asal-asalan. Berikut simak langkah-langkahnya.

Cara membersihkan lensa kamera dari Jamur


Cara membersihkan lensa kamera dari Jamur

Berikut tutorial lengkap cara membersihkan lensa kamera dari jamur.

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan tool kit atau obeng plus, penjepit kalau ada, kain karbon khusus kamera atau kalau ada cairan khusus pembersih.

2. Kalau sudah, selanjutnya kalian buka lensanya dari sebelah ujung. Caranya, buka stiker penutup menggunakan penjepit.

3. Selanjutnya buka layer pertama lensa. Lepas 3 baut yang menguncinya.

4. Setelah itu, jangan lupa untuk membuka layer ke dua. kemudian kendorkan dan buka baut dan angkat lensanya dari dudukan secara perlahan.

5. Lalu kalian lap pada bagian lensa yang ditumbuhi jamur. Jika perlu basahi dengan cairan khusus yang sudah disiapkan sebelumnya.

6. Ketika proses membersihkan lensa kamera dari jamur berlangsung, pastikan tak ada jamur yang tersisa dan pastikan juga gak ada goresan ataupun sisa debu yang menempel. Dan pada proses ini kalian juga harus berhati-hati ketika mengelap supaya gak membuat gesekan pada lensa agar kualitas lensa tetap terjaga.

7. Jika pembersihan selesai maka pasang kembali setiap bagian lensa tadi dengan benar dan jangan salah pasang.

8. Kemudian jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa penutup lensa juga bersih dari debu supaya nantinya saat digunakan untuk menutup tak membekas di bagian lensa.

Cara membersihkan lensa kamera dari Jamur

Di sisi lain, kalian juga harus pintar-pintar dalam mencegah jamur mendatangi lensa kamera dengan pembersihan secara berkala. Jika perlu kalian bisa menggunakan Dry Box untuk menjaga suhu supaya tetap stabil dan terhindar dari jamur membandel.

Ok temen-temen itulah tadi informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih.