Cara Menambahkan Ulang Tahun Di Google Calendar

Di zaman serba modern seperti sekarang ini memang membuat segala sesuatunya serba mudah. Termasuk mengingat hari ulang tahun teman ataupun orang terdekat kamu. Mungkin kamu sering mendapatkan notifikasi hari ulang tahun teman kamu di media sosial seperti FB, namun kebanyakan orang menyembunyikan tanggal lahirnya dengan alasan privasi.

Tak perlu khawatir, karena kamu bisa menambahkan ulang tahun teman kamu ke Google Calendar. Nah, daripada makin penasaran, coba perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

cara menambahkan ulang tahun di google calendar

Cara Menambahkan Ulang Tahun Di Google Calendar


Menambahkan ulang tahun di Google Calender Lewat Kontak

Sekarang Google Calender tak mempunyai dukungan asli untuk pemberitahuan ulang tahun. Jadi kamu mesti memakai kalender secara teratur untuk memperoleh notifikasi ulang tahun.

Menambahkan tanggal lahir bukan dilakukan di dalam aplikasi Calender. Inilah yang mesti kamu perbuat sebagai gantinya:

  • Buka kontak yang kamu perlu tambahkan tanggal lahir di aplikasi Kontak, tap pada “Edit kontak” lalu pada “Bidang lainnya” di bagian bawah.
  • Scroll ke bawah hingga kamu menjunpai bidang untuk ulang tahun dan ketuk pada bidang tanggal untuk memilih tanggal. Saat itu selesai, ketuk “Simpan”.
  • Buka aplikasi Kalender Google. Ulang tahun akan muncul sesudah Kalender disinkronkan dengan Kontak, namun apabila kamu mempercepat proses, tap pada tiga titik di sudut kanan atas, selanjutnya tap “Refresh”. Dan akhirnya ulang tahun teman kamu ada di sana!

Proses yang sama bisa dipakai untuk menambahkan berbagai acara tahunan penting yang terhubung dengan teman dan keluarga kamu. Dari menu yang tampak pada Langkah 2, alih-alih “Ulang Tahun” kamu dapat memilih untuk menambahkan peringatan ke Google Calender atau bahkan acara khusus lainnya yang kamu sukai.
Baca juga: Cara Menggunakan OK Google

Menambahkan ulang tahun sebagai pengingat yang berulang

Apabila kamu benar-benar butuh mengingat hari ulang tahun, meskipun itu adalah seseorang yang tidak ada dalam daftar kontak kamu atau hanya mau cara yang lebih cepat untuk menambahkan pengingat ulang tahun di Google Calender, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Kalender dan ketuk ikon plus di sudut kanan bawah, kemudian ketuk “Pengingat”.
  • Tambahkan “[nama orang] ulang tahun” atau yang serupa di bidang teks pengingat dan pilih tanggal. Lalu tap “Tidak ulangi” dan pilih “Setiap tahun”.
  • Tap Simpan di sudut kanan atas dan selesai.
Ingatlah bahwa kamu tak bisa menambahkan pengingat untuk tanggal yang telah lalu, jadi jika ulang tahun telah berlalu tahun ini, kamu mesti mengunjungi tanggalan tahun depan untuk menambahkannya.

Kamu juga bisa mengatur pengingat ini memakai Google Assistant dengan mengatakan “Oke, Google, ingatkan saya tentang ulang tahun [nama orang] pada [tanggal]” dan pilih untuk mengulanginya setiap tahun.

Demikian cara menambahkan ulang tahun di Google Calendar, semoga bermanfaat.