Cara mencegah dan menghilangkan bau apek pada baju

Cara mencegah dan menghilangkan bau apek pada baju

Biasanya bau apek pada pakaian ini muncul jika pakaian disimpan di lemari. Meskipun begitu, pemicu bau apek ini bisa saja terjadi jauh sebelum pakaian tersebut disimpan, Mungkiin ketika pencucian dan pengeringan. Dan biasanya bau apek pada pakaian akan terasa jika pakaian tersebut akan dipakai. Sebab panik, dan pada akhirnya baju disemprot dengan parfum, deodoran, atau kolonye.

Sebenarnya hal ini bukan cara yang bijak untuk menghilangkan bau apek pada pakaian sebab produk-produk tersebut dirancang untuk dipakai pada badan, bukan pada kain. Pemakaiannya pada baju justru berpotensi menimbulkan noda.


Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? cara menghilangkan bau apek pada pakaian tersendiri ada cara yang tanpa menyebabkan masalah lain. Akan tetapi, kalian pasti setuju jika mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, maka dari itu ada baiknya kita ketahui cara mencegah bau apek terlebih dulu sebelum membahas cara menghilangkan bau apek pakaian dan kain-kain rumah tangga lainnya.

Setelah mencuci pakaian dengan detergen usahakan yang berkualitas, kemudian menyetrikanya, gantung pakaian di lemari pakaian. Karena menggantung pakaian lebih baik daripada melipat dan menumpuknya di dalam lemari sehingga udara segar lebih mudah bersirkulasi.

Cara mencegah dan menghilangkan bau apek pada baju

Cara mencegah bau apek pada pakaian

Karena bukan hanya bau apek yang perlu dicegah, melainkan juga bau kapur barus lemari pakaian. Jadi fungsi utama kapur barus lemari pakaian yakni untuk menyerap kelembapan udara dan mengusir ngengat pakaian (Tineola bisselliella), tapi bukan untuk mengharumkan pakaian. Karena sebagian orang menganggap bau kapur barus pada pakaian menandakan pakaian tersebut gak terawat. Berikut ini tips mencegah bau apek pada baju:

1. Pertama cucian harus dibilas sampai tuntas, hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa detergen.
2. Kemudian cucian harus langsung dikeluarkan dari mesin cuci setelah mesin cuci berhenti berputar dan langsung dikeringkan.
3. sebaiknya cucian langsung kering dalam sehari, jadi pandai-pandailah mengatur jadwal mencuci untuk menghindari hujan.
4. Lalu pakaian harus benar-benar kering sebelum disetrika atau disimpan.
5. Pewangi kain sebaiknya dipakai selama proses mencuci sebelum pakaian dikeringkan. Hindari pemakaian cairan ketika menyetrika.
6. Dan menggantung pakaian jauh lebih baik ketimbang menumpuk pakaian terlipat pada saat disimpan di dalam lemari. Baju di gantungan lebih gampang mendapatkan aliran udara segar.
7. Kemudian posisikan lemari pakaian di ruang yang gak terlalu lembap, misalnya di kamar berpendingin udara atau di ruang yang mempunyai sirkulasi udara lancar.
8. Dan pakaian yang sudah lama disimpan harus diangin-anginkan secara rutin.

Cara menghilangkan bau apek pada baju

Kalau pakaian kalian terlanjur berbau apek atau berbau kapur barus yang sangat menyengat, cara untuk menghilangkan bau apek berikut ini dapat kalian ikuti. Jadi beberapa hari sebelumnya, kalian harus luangkan waktu untuk menyiapkan pakaian yang akan kalian pakai, apalagi pakaian yang sudah lama disimpan. Kalau pakaian tersebut berbau apek atau berbau kapur barus, Kalian masih mempunyai waktu buat mencucinya. Kemudian kalian perhatikan petunjuk perawatan pada label pakaian untuk mengetahui apakah pakaian tersebut dapat dicuci sendiri di rumah atau cuma bisa dicuci kering oleh jasa penatu.

1. Kalau pakaian kalian ditumbuhi jamur, maka hilangkan jamur tersebut sebisa mungkin memakai alat sikat gigi bekas kering.
2. Kemudian gunakan detergen yang berkualitas dengan aroma kesukaan kalian atau bisa juga menggunakan pewangi cucian secara terpisah.
3. Selanjutnya pastikan buih dan residu detergen sudah hilang dengan cara membilas cucian sampai tuntas. Nah untuk mencegah buih berlebihan, pakailah detergen yang sesuai takaran yang dianjurkan.
4. Dan langsung keluarkan cucian dari mesin cuci dan langsung keringkan sesuai petunjuk perawatannya.
5. Jika sudah benar-benar kering, setrika pakaian pada suhu yang sesuai.
6. Lalu gantung pakaian di tempat terbuka supaya terpisah dari baju-baju lain di lemari kalian. Dan kini pakaian tersebut berbau segar dan siap untuk kalian pakai.

Ok temen-temen, itulah sedikit informasi dari saya, semoga bermanfaat, terimakasih.