Cara Mengatasi HP Yang Terkena Air, Jangan Panik! Lakukan Ini!

Cara mengatasi hp yang terkena air - Pernahkah hp kamu tidak sengaja terjatuh ke dalam air atau terkena air hujan, lantas apakah yang kamu lakukan setelahnya? Jika kamu tidak mengambil tindakan secara cepat, maka kemungkinan hp kamu bermasalah dan yang terburuk hp kamu tidak bisa digunakan lagi.

Meskipun demikian tetaplah tenang, jangan panik. Karena kamu bisa meminimalisir kerusakan hp kamu yang terkena air sebelum kamu benar-benar membawanya ke tempat servis hp.

Lantas langkah-langkah apa saja yang harus kamu lakukan ketika hp kamu terkena air. Yuk simak cara mengatasi hp yang terkena air berikut ini.

cara mengatasi hp yang terkena air

Cara Mengatasi HP Yang Terkena Air


1. Segera Matikan HP

matikan hp
matikan hp

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah segera mematikan hp kamu. Memutuskan daya di hp kamu berguna agar tidak memperparah kondisi komponen-komponen di dalam hp.

Jika hp kamu menggunakan baterai lepas, silahkan cabut baterai dari hp kamu ya.

2. Cabut SIM Card dan Kartu Memori

lepaskan kartu sd
lepaskan kartu sd

Jika kamu sudah menonaktifkan hp kamu, maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah segera mencabut SIM Card dan kartu memori. Pastikan kamu tidak melepaskan sekrup atau komponen lainnya, sebab setiap smartphone mempunyai Liquid Damage Indicator (LDI), apabila terusik maka garansinya akan hilang. Jika kamu tidak memperdulikan garansi, kamu bisa membongkar hp kamu, namun cara ini beresiko jika kamu tidak berpengalaman membuka body hp karena disana ada banyak komponen yang mudah rusak apabila kamu tidak berhati-hati

3. Keringkan HP

mengeringkan hp
mengeringkan hp

Cobalah untuk mengeringkan bagian hp sebisa kamu dengan lap kering supaya tidak terlalu banyak air berada di hp kamu. Jika kamu bisa melepaskan tiap-tiap komponen di hp kamu, maka itu lebih baik. Tapi harus diingat kamu harus berpengalaman bongkar hp supaya tidak menambah kerusakan.
Tips MenarikCara Melacak Hp Dengan Gmail Gampang Banget!

4. Jangan Tiup HP

meniup hp
meniup hp

Jika kamu mencoba untuk meniupnya, justru akan membuat air semakin masuk ke dalam. Usahakan air yang masuk dikeluarkan, kamu bisa menggunakan alat seperti vacuum cleaner untuk menarik air keluar.

3. Masukkan/Rendam ke Dalam Beras

keringkan hp dengan beras
keringkan hp dengan beras

Cara ini sering berhasil dan banyak video di youtube memberikan tips ini. Cara ini bertujuan agar air dapat cepat hilang. Jadi langsung saja masukan hp yang terkena air ke dalam kotak yang terisi penuh dengan beras. Rendamlah di dalam beras selama kurang lebih 10-12 jam atau 2-3 hari. Penggunaan beras bukan tanpa alasan, sebab beras sanggup menyerap embun dan air dengan sangat baik.

Selain beras, kamu juga bisa menggunakan silica gel untuk mengeringkan hp yang terkena air.

4. Pasang dan Hidupkan Kembali

rakit hp sendiri
rakit hp sendiri

Jika dirasa proses pengeringan sudah cukup, silahkan pasang kembali komponen yang telah kamu bongkar. Rakitlah dengan benar dan hati-hati supaya tak merusak komponen yang ada. Jika masih tidak bisa hidup, segeralah membawanya ke tempat servis hp.

Namun jika hp kamu masih bisa hidup kembali, cobalah cek hp kamu seperti bagian layar HP kamu, tombol-tombol, speaker, dan port-port yang ada di HP kamu.

larangan hp

Selain langkah-langkah di atas, ada juga beberapa larangan yang tidak boleh kamu lakukan ketika hp kamu terkena air.

  1. Jangan menghidupkan hp ketika terkena air, sebab air saling bertolak belakang dengan barang elektronik.
  2. Jangan mencoba untuk menyambungkan hp ke tenaga listrik.
  3. Jangan tekan tombol apapun selain tombol turn off, apabila kamu menekan tombol yang lain maka beresiko air akan semakin masuk.
  4. Jangan terlalu sering menggerakkan ponsel, supaya air tidak merusak komponen yang lain.
  5. Jangan panaskan hp kamu memakai hairdryer ataupun oven, sebab hawa panas akan merusak hp kamu.

Nah, semoga cara mengatasi hp yang terkena air di atas bisa membantu kamu ya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.