Cara Menghilangkan Noda Lumpur Yang Membandel, Mudah dan Cepat!

Cara menghilangkan noda lumpur yang membandel - Terkena noda lumpur merupakan sesuatu yang kerap terjadi ketika melakukan aktiftas di luar ruangan seperti bermain, olahraga dan kegiatan lainnya.

Maka pakaian yang terkena lumpur harus dibersihkan. Namun, terkadang kita kesulitan mencucinya karena noda lumpur yang membandel. Bisa saja kamu membawanya ke laundry, tapi kamu bisa kok cuci sendiri di rumah. Yuk intip cara menghilangkan noda lumpur yang membandel berikut ini:

cara menghilangkan noda lumpur yang membandel

Cara Menghilangkan Noda Lumpur Yang Membandel


# Jangan langsung digosok dan dicuci

Tunggulah lumpur hingga kering, karena jika kamu langsung mencucinya malah akan membuat noda lumpur semakin meluas. Jika sudah kering coba angkat noda lumpur tersebut sebisanya.
Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Getah Pisang Kering Ampuh

# Pakai detergen cair dan alat bantu

Kemudian, tuangkanlah detergen cair ke atas noda lumpur pada pakaian. Setelah itu diamkan beberapa menit. Kemudian kucek bagian noda lumpur itu dan cuci. Tidak hanya dengan detergen cair, beberapa bahan lain juga dapat kamu pakai. Contohnya saja dengan campuran cuka dan air.

Selain menggunakan bahan di atas, kamu juga bisa menggunakan alat bantu jika noda masih tetap membandel. Kamu dapat memakai sikat atau sikat gigi sebagai alat bantunya. Sikat kedua sisi kain memakai sikat basah.
Baca juga: Cara Menghilangkan Kutikan Pada Pakaian Terampuh

# Cuci seperti biasa

Sesudah noda lumpur terangkat atau berkurang, kamu dapat mencucinya seperti biasa. Kamu juga  bisa memakai mesin cuci.

Tapi ingat, cuci secara terpisah untuk menghindari noda lumpur mengotori pakaian lain. Apabila sesudah dicuci noda masih tampak, ulangi lagi sebelum mengeringkannya. Jika noda sudah bersih, barulah jemur dan keringkan.

# Perhatikan bahan pakaian

Selain poin-poin di atas, kamu juga perlu memerhatikan bahannya untuk mencuci pakaian yang terkena noda lumpur. apabila bahan umum seperti katun, kamu dapat mencucinya dengan cara di atas.

Namun apabila bahan-bahan seperti wol atau sutra yang lembut, kamu perlu memperlakuannya berbeda supaya pakaian tidak rusak. Apabila kamu tidak yakin, kamu dapat mencucinya ke tempat cuci profesional yang dapat membersihkannya.

Semoga tips cara menghilangkan noda lumpur yang membandel di atas bisa bermanfaat dan bisa kamu praktikkan di rumah ya.