Usai Idul Adha, Ini Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet dan Segar

Setelah Idul Adha, biasanya kita memiliki perediaan daging yang tidak bisa diolah semuanya. Alhasil biasanya kita menyimpannya di kulkas. Namun tahukah kalian bagaimana cara menyimpan daging di kulkas yang benar supaya daging awet dan tetap segar.

Biasanya kita menganggap menimpan daging di kulkas adalah hal mudah dan sepele. Namun jika kita tidak menyimpannya dengan benar, maka masa simpan daging bisa saja tidak lama. Maka dari itu menyimpan daging di kulkas tidak boleh sembarang dilakukan supaya kualitas dan keamanan daging tetap terjaga selama berada di dalam kulkas.

Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Cara Menyimpan Daging di Kulkas


Berikut langkah-langkah yang perlu kalian lakukan ketika menyimpan daging di kulkas, silahkan disimak:

Mengecek kondisi kulkas atau freezer


Silahkan perhatikan hal-hal berikut sebelum kalian menyimpan daging di dalam kulkas.

1. Kebersihan kulkas

Silahkan perhatikan pada bagian rak atau freezer, lihat di bagian yang tampak ataupun di sela rak. Jadi usahakan bersihkan dulu dengan cairan pembersih sebelum memasukkan daging ke dalam kulkas supaya bakteri yang mungkin ada tidak mengontaminasi daging.

2. Suhu kulkas dan freezer

Pastikan suhu di dalam kulkas di bawah 4 derajat celcius dan freezer di bawah 10 derajat celcius. Sebab suhu peyimpanan yang tepat akan berpengaruh terhadap kualitas daging.

Daging siap untuk disimpan


Jadi pastikan dulu kalian mempersiapkannya ya,,

1. Siapkan Wadah

Siapkan wadah yang kedap udara dan tertutup, supaya daging tetap bersih dan cairan daging tidak sampai mengenai bahan makanan lainnya.

2. Potong Daging Saat Segar

Usahakan memotong daging saat dalam keadaan daging masih segar, dan letakkan di wadah yang tertutup. Pastikan bagi pada beberapa wadah per saji sehingga ketika kalian ingin menggunakannya hanya yang diperlukan dan daging di yang lain tetap terjaga kualitasnya karena berada pada wadah yang berbeda.

3. Jangan Cuci Daging

Mungkin kalian kira dengan mencuci daging, akan membuat kualitas daging tetap terjaga dan bersih. Kenyataannya jika kalian mencuci daging sebelum memasukkan ke kulkas, maka kadar air dalam daging meningkat dan menyebabkan paparan dengan mikroba yang lebih besar.

Catat tanggal atau memberi label


Cara menyimpan daging di kulkas berikutnya yaitu dengan memberi tanggal dan label pada daging. Hal ini bertujuan supaya kalian bisa mengendalikan dengan tepat saat waktu penyimpanan daging dan apa jenis daging yang disimpan.

Berikut acuan yang bisa kalian perhatikan;

1. Kalian bisa menyimpan 4-5 hari untuk daging merah seperti daging sapi, kambing dan domba pada suhu kulkas.

2. Sedangkan untuk suhu freezer, kalian bisa menyimpan daging merah selama 4-12 bulan.

Kualitas daging harus terjaga saat akan digunakan

Perhatikan kapan kalian akan mengolah daging tersebut. Apabila kalian akan mengolahnya dalam 1-2 hari, maka menyimpan daging, sesuai porsi yang dperlukan, dalam kulkas dapat jadi pilihan yang tepat.

Apabila kalian akan mengolah daging yang telah disimpan dalam freezer, maka lakukan persiapan dengan mencairkan daging tersebut dalam kulkas selama setengah hingga 1 hari. Hal ini bertujuan supaya daging beku yang tetap terjaga kualitasnya saat dicairkan. Jangan mencairkan daging beku di suhu ruang sebab rentan terkontaminasi bakteri. Selain itu, jangan pula membekukan daging yang telah dicairkan sebelumnya.

Sekarang kalian sudah tahu cara menyimpan daging di kulkas. Saya harap artikel ini bisa membantu kalian, ya!