Cara Merawat Warna Pakaian Agar Tetap Awet

Cara Merawat Warna Pakaian Agar Tetap Awet

Jika seseorang mengenakan pakaian dengan warna yang terlihat seperti baru, tentu akan membuat kita menjadi lebih percaya diri. Sebab semua orang tentu dengan warna cerah pada pakaian, akan tetapi sering kali jika kita sudah mencuci baju, lalu akan jadi cepat pudar. Terutama untuk perempuan, warna merupakan sesuatu yang penting sebagai penunjang penampilan.

Perlu kalian ketahui, warna pakaian memudar dikarenakan proses pencucian yang salah. Selajutnya penyebab warna baju memudar karena pemilihan detergen dan pewangi pakaian yang kurang tepat. Jangan khawatir, kalian hanya perlu memerhatikan ketika memilih detergen dan mengeringkan baju yang tepat. Kini kalian juga harus menjaga warna pakaian supaya lebih tahan lama dengan beberapa cara mencuci yang benar supaya meminimalkan pemudaran warna. langsung saja yuk simak penjelasan dibawah ini.

Cara Merawat Warna Pakaian Agar Tetap Awet


1. Pisahkan pakaian berwarna

Cara Merawat Warna Pakaian Agar Tetap Awet

Jika kalian memiliki pakaian dengan warna gelap seperti hitam, maroon dan coklat, sebaiknya kalian bisa gabungkan dalam satu kali pencucian. Dan usahakan jangan sampai ada yang terselip. Kemudian silahkan pisahkan pakaian berwarna putih sebelum mencucinya.

Untuk pakaian putih seperti kaos oblong, kaos kaki, dan celana dalam yang sering dicuci dalam air panas itu ternyata bisa mempercepat kepudaran.

2. Balik pakaian sebelum dicuci

Cara Merawat Warna Pakaian Agar Tetap Awet

Selanjutnya cara lain yang bisa dilakukan adalah sebelum mencuci sebaiknya baliklah pakaian dalam keadaan terbalik. Ini berguna supaya bisa mempertahankan warna baju, sebab kalau gak dibalik maka gesekan ketika mencuci bisa membuat kusam warna pakaian. Supaya pada bagian luar pakaian terhindar dari hawa panas sinar matahari saat dijemur, maka warna dan teksturnya pun akan lebih awet. Lalu penggunaan pewangi pakaian juga jadi  maksimal sebab akan meresap hingga serat-serat kainnya. 

3. Pilih detergen dan pewangi yang tepat

Cara Merawat Warna Pakaian Agar Tetap Awet

Tidak semua detergen dan pewangi pakaian bisa mempertahankan kualitas pakaian. Alangkah baiknya cermatilah dalam memilih produk yang kandungannya aman untuk pakaian. Pilihlah produk yang akan membuat pakaian gak cuma harum dan higienis saja. Sebaiknya pakai pewangi pakaian yang diformulasikan dengan kandungan khusus yang aman untuk pakaian supaya tetap lembut serta wangi.

Perlu diperhatikan kalau menggunakan mesin cuci, pastikan kalian mengatur kecepatan dan waktu dengan tepat, biasanya akan ada petunjuk tertentu pada detergen dan mesin cuci.

4. Teknik menjemur yang tepat

Cara Merawat Warna Pakaian Agar Tetap Awet

Kemudian selain teknik mencuci, kalian harus perhatikan juga kegiatan menjemurnya. Caranya adalah hindari penjemuran yang terlalu lama apalagi langsung di bawah terik sinar matahari langsung, sebab akan membuat baju menjadi bau matahari dan  akan mengikis warna pakaiannya. Yang harus dilakukan adalah menjemur pakaian secukupnya sampai tidak ada air pada serat kain.

5. Tidak sembarangan menyetrika

Cara Merawat Warna Pakaian Agar Tetap Awet

Dan Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan teknik menyetrika. Sebaiknya ketika menyetrika jangan gunakan temperatur terlalu tinggi. Karena jika kalian sering melakukan dengan temperatur yang terlalu tinggi maka dapat membuat warna pakaian cepat pudar. Jadi kalian harus atur temperatur dengan teliti sebelum menyetrika supaya warna pakaian tetap terjaga.

Baiklah mungkin itu saja informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terimakasih.