Cara Mudah Menanam Bunga Untuk Pemula

Cara tepat untuk menghiasi pekarangan rumah adalah dengan cara menanam bunga. Bunga dengan warna-warnanya yang bervariasi bisa dengan mudah meningkatkan keindahan halaman rumah kalian. Bukan itu saja, bunga yang kalian pilih juga bisa dilestarikan dan dijual lagi.

Nah beberapa di antara bunga-bunga yang kalian pilih malahan dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Jika kalian berniat untuk berkebun, Maka tips cara menanam bunga di bawah ini bisa dijadikan panduan untuk kalian.

Cara Mudah Menanam Bunga Untuk Pemula


1. PIlih Jenis Bunga yang Tepat

Cara Mudah Menanam Bunga Untuk Pemula

Dalam memilih jenis bunga yang tepat tidaklah segampang yang kalian pikirkan. Sebab setiap tanaman mempunyai karakteristik yang lain-lain, misalnya tingkat ketahanannya pada iklim tertentu, jumlah air yang diperlukan, cara merawatnya, dan berapa lama bunga tersebut dapat bertahan.

Maka dari itu, wajib buat kalian untuk meneliti karakteristik di atas sebelum menanam bunga. Jika rumah kalian terletak di datarang rendah yang kering, bunga semacam kembang sepatu, mawar, soka, anggrek, dan lili dapat menjadi pilihan kalian.

Namun kalau kalian tinggal di dataran tinggi dengan iklim cuaca yang dingin, Maka kalian dapat menanam bunga tupil, terompet, mawar putih, dan sejenisnya.

2. Siapkan Media Tanam

Cara Mudah Menanam Bunga Untuk Pemula

Nah sebelum kalian menanam bunga, Maka kalian harus siapkan dulu media tanam di pekarangan rumah kalian. Yaitu tanah yang gembur, batu kerikil, pasir, sekam, dan pupuk kandang organik yang nanti akan kalian susun satu per satu ke dalam pot.

Dalam urutan sususan tersebut yaitu batu kerikil yang disebarkan secara merata pada dasar pot, kemudian tanah yang sudah dicampurkan dengan sekam, pasir, dan pupuk organik. Dan pastikan perbandingan dari campuran tanah di atas yaitu satu banding satu. Lalu sesuaikan jumlah tanah dan batu yang kalian persiapkan dengan ukuran pot.

3. Pemilihan Pot

Cara Mudah Menanam Bunga Untuk Pemula

Perlu kalian ketahui juga bahwa pot yang cocok dipakai untuk menanam bunga yaitu pot yang terbuat dari tanah liat atau tembikar. Sebab material-material ini mempunyai pori-pori yang cukup besar sehingga akar bunga akan mendapatkan aliran oksigen yang cukup untuk tumbuh dengan sehat. Dan disarankan untuk kalian agar mengisi pot jangan sampai penuh.

Sisakan sekitar 3 hingga 4 cm di permukaan tanah, Karena hal ini penting dilakukan supaya tanah yang diisi di dalam pot gak terlalu padat, dan bisa menciptakan ruang bagi akar dan batang untuk bernapas.

4. Proses Penanaman

Cara Mudah Menanam Bunga Untuk Pemula

Jika kalian menanam bunga menggunakan bibit, ikuti petunjuk penanaman bunga pada bungkus tanaman. Kemudian lihat seberapa dalam kalian harus menanam bibit dan seberapa padat tanah yang dibutuhkan.

Setiap bibit bunga mempunyai cara penanaman yang berbeda, namun semuanya mengikuti satu peraturan yang sama, yaitu untuk tidak menekan atau menepuk tanah seperti yang sering kalian lihat di TV atau majalah. Biarkan tanah senggang supaya bibit mendapatkan sirkulasi udara yang cukup untuk tumbuh.

5. Proses Penyiraman

Cara Mudah Menanam Bunga Untuk Pemula

Jika sudah tertanam, maka siram hingga air yang meresap ke dalam tanah keluar dari dasar pot. Tanaman yang sehat adalah tanaman yang disiram dengan cukup banyak air, namun tidak sesering mungkin juga. Dan juga jika tanaman disiram air dengan jumlah yang sedikit akan memperlambat pertumbuhan akar bunga dan proses kemekaran.

Apalagi jika bunga-bunga yang di tanam di dalam pot, sebab mereka membutuhkan kelembaban yang lebih ekstra dibandingkan tanaman yang ditanam di tanah luas. Walau begitu kalian juga harus hati-hati dengan jumlah air yang kalian gunakan untuk menyiram tanaman. Jangan sampai tanah terlalu basah dan susah mengering, maka hal ini akan menyebabkan bibit dan akar membusuk sehingga bunga pun gak akan tumbuh.

Baiklah itu saja informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat,Terimakaih.