Cara Restart HP android macet jenis Baterai Tanam

Cara Restart HP android macet jenis Baterai Tanam

Buat kalian pengguna Android yang mempunyai tipe baterai Non-removable atau istilah lainnya baterai tanam mungkin merasa kerepotan pada saat ponsel hang atau macet dan ingin segera merestart-nya.

Jika tombol power sudah gak bisa berfungsi sama sekali dalam kondisi semua fungsi di layar gak merespon sama sekali. Maka dalam keadaan seperti ini tentunya para pengguna Android akan bingung, mencari bagaimana cara memaatikannya, apakah harus menunggu baterai habis atau ada cara lainnya?

Ketika kalian memakai baterai jenis Removable atau baterai yang dapat dilepas pasang dengan mudah, kejadian sistem android yang hang atau berhenti gak merespon perintah dapat diatasi dengan mudah dengan cara melepas baterai dan memasangnya kembali.

Kemudian untuk saat ini telah banyak smartphone android yang memakai baterai jenis tanam atau Non removable yang gak memungkinkan para penggunannya untuk melepas secara cepat baterai pada saat ada permasalahan macet pada sistem atau ingin mematikan paksa HP android pada saat tombol power gak bisa digunakan. Sebelumnya kalian simak dulu penjelasan apa saja penyebab HP android macet atau hang.

Penyebab HP Android Macet atau Hang

Penyebab smartphone android gak merespon perintah, menu di layar gak dapat disentuh, tombol power dan tombol lainnya juga gak bisa berfungsi, diantaranya sebagai berikut :

1. Aplikasi bermasalah

Kemungkinan adanya aplikasi yang gak cocok dengan versi android, aplikasi yang rusak pada file instalasinya dan sebab trouble lainnya dapat mengakibatkan ponsel ngadat dan gak merespon sama sekali.

Karena banyak kejadian ponsel macet gara-gara menjalankan aplikasi tertentu, pada saat awal dibuka masih lancar dan ketika berjalan aplikasi ngadat dan juga tidak dapat merespon sentuhan di layar dan tombolnya tidak berfungsi.

Sebetulnya jika salah satu saja aplikasi yang bermasalah, dapat mudah diatasi dengan mencopotnya dan menginstall ulang aplikasi tersebut.

Akan tetapi jika hampir semua aplikasi yang dibuka menyebabkan trouble dan macetnya sistem berarti permasalahan bukan pada aplikasinya tapi pada sistem Androidnya.

2. Kapasitas RAM Habis

Jika Resource atau kapasitas RAM yang besar tentu akan membuat ponsel jarang mengalami lag, tersendat dan cenderung responsif pada saat digunakan mengakses berbagai aplikasi.

Akan tetapi bagi smartphone Android yang berspesifikasi RAM kecil, harus pandai-pandai membersihkan space RAM dari file sampah yang sudah gak digunakan, kalian bisa menggunakan aplikasi cleaner RAM dan sejenisnya.

Karena RAM sendiri berfungsi untuk membantu kinerja Prosesor untuk memproses semua data yang keluar masuk. Yang mana jika semakin besar kapasitas RAM maka kinerja Prosesor juga akan ringan, begitu juga sebaliknya.

Jadi cara yang paling mudah untuk menghindari seringnya HP macet pada saat menjalankan aplikasi adalah menutup dengan sempurna aplikasi yang sudah gak digunakan lagi.

Artinya jika kalian baru saja membuka facebook, lalu membuka lagi BBM, WhatsApp dan lain sebagainya, alangkah baik nya tutup terlebih dahulu semua aplikasi yang sudah kita buka sebelumnya supaya tidak berjalan di Di balik layar dan menghabiskan resource RAM.

3. Ponsel Overheat

Cara Restart HP android macet jenis Baterai Tanam

Selanjutnya Hardware pada bagian CPU, RAM, Pengolah grafis, Penala sinyal dan lainnya dapat terjadi gagal fungsi jika suhunya mulai tinggi dan ada diambang batas yang sudah ditetapkan sistem.

Pada umumnya perangkat di smartphone kini sudah otomatis mendeteksi suhu tinggi dan akan melakukan restart otomatis juga layaknya yang terjadi di komputer pada saat prosesor sudah terlampau panas.

Dan kejadian HP macet pada saat kondisi ponsel atau hardware di dalamnya overheat dan bisa gagal merespon dan gagal untuk mereboot atau bahkan shutdown otomatis dirinya sendiri dikarenakan malfungsi di sistem.

Maka dari itu untuk berjaga dari kejadian HP sering macet, jaga suhu ponsel android supaya tetap dalam batas yang normal. Jika terasa terlalu hot silahkan matikan aplikasi atau sambungan data terlebih dahulu untuk beberapa saat hingga suhu smartphone menurun.

4. Sistem bermasalah

Terjadinya trouble yang disebabkan oleh file sistem dapat juga menjadi pemicu macetnya HP Android pada saat digunakan.

Yang mana spesifikasi RAM, prosesor, ponsel tidak overheat, tidak banyak aplikasi yang dijalankan lalu ponsel ngadat pada saat dipakai, kemudian dibiarkan untuk bebrapa saat tetap saja gak merespon maka bisa jadi sistemnya yang bermasalah.

Dalam permasalahan pada file sistem yang trouble atau corrupt datanya dapat diatasi dengan melakukan reset sistem atau bahkan jika perlu lakukan flashing ulang.

Cara Restart HP android macet jenis Baterai Tanam

Nah adapun tips reboot atau restart HP android yang ngadat, tombol power gak bisa berfungsi dan baterai jenis Non removable atau baterai tanam akan menjadi penghalang untuk reboot secara cepat, maka silahkan kalian lakukan langkah mudah berikut ini:

– Tekan tombol Power sekitar 10 detik, jangan dilepaskan hingga ponsel mati dengan sendirinya dan memuat ulang sistem secara otomatis.

Ini hampir semua smatphone android, apakah memakai baterai bertipe Removable atau yang tipe tanam dapat dilakukan restart paksa dnegan menekan tombol power beberapa saat sampai ponsel mati dengan sendirinya dan reboot ulang.

Baiklah itu saja informasi dari saya semoga bermanfaat dan terimakasih.