Cara Sederhana Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Terjaga Kualitasnya

Bagi kalian yang mendapatkan daging krban, baik sapi atau kambing yang akan menyimpannya di dalam kulkas. Namun ketahuilah ada beberapa langkah agar daging tetap berkualitas selama penyimpanan di dalam kulkas untuk beberapa hari berikutnya bahkan hingga setahun.
Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Terjaga Kualitasnya
Faktanya, menyimpan daging dengan cara yang tidak tepat dapat mempercepat proses pembusukan. Hal ini dapat membuat kualitas daging benar-benar menurun. Akibatnya bakteri penyebab penyakit seperti stafilokokus, salmonela, basilus, Clostridium, dan Escherichia coli mudah berkembang biak. Bisa dipastikan jika kalian mengonsumsi daging yang seperti ini, kalian akan mengalami keracunan makanan.

Oleh karena itu, menyimpan daging dengan cara yang tepat adalah hal yang perlu kalian perhatikan, berikut cara menyimpanan daging agar tetap terjaga kualitasnya.

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Terjaga Kualitasnya

1. Sebelum disimpan, daging qurban jangan di cuci, Jika dicuci pakai air lran, kuman-kuman bisa masuk dan tinggal di dalam poti-pori daging. Itu bisa merusak kualitas daging. Silakan cuci pada saat kalian ingin memasak daging.

2. Jika dapat daging banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yg benar, potong2 daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika ingin memasaknya, ambil satu kantong kecil, biarkan yg lain tetap beku di dalam freezer. dengan begitu daging dalam keadaan beku dapat disimpan >1 thn.

3. Sebelum disimpan di-freezer, simpan daging (mampir dulu) di dalam kulkas yg sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam lemari es (freezer).

4. Jika mau masak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yg benar adalah letakkan daging beku tersebut di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak.

5. Tips tambahan :
Jangan memakai kresek warna hitam karena tas kresek hitam itu adalah hasil daur ulang Tas kresek daur ulang warna hitam mengandung karsinogen yang dapat memicu sel kanker. Pakailah kresek putih atau plastik bening

Nah begitulah cara sederhana yang dapat kalian lakukan untuk menyimpan daging kurban agar tetap terjaga kualitasnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih ~