Cobalah Dirumah! Cara Membuat Kerupuk Nasi Pedas, Renyah dan Gurih

Kerupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sampai matang, kemudian dipotong tipis-tipis dan dikeringkang di bawah sinar matahari lalu di goreng dengan minyak.
Cara Membuat Kerupuk Nasi Pedas, Renyah dan Gurih
Makanan ini popuper dikalangan masyarakat Indonesia sebagai pendamping lauk atau pendamping makanan utama seperti nasi goreng, bakso, gado-gado, nasi kuning dan masih banyak makanan lainnya. Lalu, bagaimana jika kalian punya banyak nasi sisa semalam? Sayang jika dibuang. Lebih bermanfaat jika kalian jadikan kerupuk nasi, sebagai camilan murah meriah dan enak dirumah yang bisa dijadikan pendamping lauk. Berikut cara membuat kerupuk nasi yang bisa kalian buat di rumah.

Cara Membuat Kerupuk Nasi Pedas, Renyah dan Gurih 

Bahan-bahan untuk Membuat Kerupuk Nasi


  • 1 mangkuk Nasi sisa semalam, rendam di air selama 1-2 jam
  • 1 mangkuk Tepung tapioka (tambah jika kurang)
  • 5 siung Bawang putih
  • 1 sdt Ketumbar
  • 2 batang Daun bawang (bagian hijaunya), iris halus, cincang
  • Secukupnya Garam, kaldu bubuk (optional)
  • Secukupnya Cabe bubuk


Langkah Pembuatannya

1. Tiriskan nasi yang sudah direndam (kalau perlu sedikit diperas agak tidak terlalu banyak endapan air pada nasi). Blender nasi dengan bawang putih, ketumbar dan garam hingga halus (jangan ditambahkan air saat diblender karena nasi sudah mengandung air saat direndam dengan air). Lalu campur dengan tepung tapioka, daun bawang, kaldu bubuk dan cabe bubuk.

2. Tuangkan tepung tapiokan sedikit demi sedikit ya, aduk dulu dengan sendok nasi atau semacamnya agar tidak lengket di tangan. Jika sudah mendekati kalis, baru uleni dengan tangan. Buat adonan berbentuk lonjong seperti empek-mpek lenjer( untuk tahu adonan kalis atau tidak memiliki ciri-ciri tidak akan lengket ditangan saat di bentuk).

3. Rebus dengan air mendidih hingga mengapung.

4. Angkat, tiriskan dan dinginkan.

5. Simpan adonan matang ke dalam kulkas semalaman supaya mudah diiris. Jika sudah, iris adonan tipis tipis atau sesuai dengan selera.

6. Jemur hingga kering benar, sekitar 1-2 hari.

7. Goreng kerupuk hingga mengembang, dan siap dinikmati jadi camilan.

Nah, itulah cara yang bisa kalian coba di rumah untuk membuat kerupuk nasi yang simple dan sederhana bahkan untuk kerupuknya sendiri gurih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.