Etika dan Cara Makan Unik di Dunia, yang Pertama Bikin Kaget!

Pernah gak saat makan sambil ngobrol terus ada yang negur "Kalau makan jangan bersuara." Itu bisa jadi salah satu etika makan yang ada di Indonesia. Namun kamu tahu gak? Nyatatanya di setiap negara punya etika makan yang berbeda-beda berdasarkan pengeruh kebudayaan di masing-masing tempat.

Karena tidak semua memiliki etika dan cara makan yang sama maka sebaiknya kamu memperhatikan itu jika kamu berada di daerah lain ya. Nah apa saja etika dan cara makan unik di dunia? Yuk cari tahu disini!

Etika dan Cara Makan Unik di Dunia

Etika dan Cara Makan Unik di Dunia


Kanada

Kalau kamu kentut setelah makan bagaimana reaksi orang di sekitar kamu? Pastinya semua mata akan tertuju ke kamu, kamu akan dicap tidak sopan. Namun beda halnya di Kanada, kentut setelah makan merupakan bentuk apresiasi terhadapa makanan yang mereka makan sekaligus juga sebagai bentuk penghormatan terhadap mereka yang memasak makanan itu. Hehehe,,

Jepang

Jika kamu berkunjung ke negeri sakura, Jepang atau kamu diundang makan di rumah teman kamu yang warga Jepang maka sebaiknya kamu cari tahu dulu etika dan cara makan disana ya. Jika kamu dihidangkan makanan yang berkuah atau mie maka kamu harus menyeruput makanan tersebut dengan sekeras mungkin. Kenapa demikian? Karena dengan menyeruput secara keras menandakan kalau kamu menikmati makanan tersebut begitu pula pastikan piring atau mangkok dalam keadaan bersih dari makanan ya sebelum kamu mengakhiri makan kamu. Itu sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka yang masak dan menandakan kalau kamu menikmati hidangan tersebut.

Korea Selatan

Tidak berbeda dengan Jepang, etika makan di Korea Selatan juga dianjurkan untuk tidak menyisakan makanan di atas piring atau mangkok sebagai bentuk penghormatan, jika piring atau mangkok tempat kamu makan masih ada sisa makanan maka itu dianggap penghinaan. Hal unik lainnya yaitu kamu diharuskan menggunakan sumpit walaupan tekstur makanan tersebut kecil kecuali makanan berkuah, kamu boleh menggunakan sendok. Apalagi jika ada orang yang dianggap lebih tua makan bersamamu maka kamu tidak boleh mengambil makanan duluan sebelum orang yang dituakan itu mengambil makanan tersebut. Terlebih jika orang yang lebih tua tersebut menuangkan minuman untuk mu, maka kamu harus memegang gelas kamu dengan kedua tangan.

China

Jika kamu berkunjung ke negara tirai bambu, maka disarankan untuk bersendawa sebagai bentuk kepuasan menyantap makanan tersebut. Berbeda dengan Jepang dan Korea Selatan, di China kamu harus menyisakan sedikit makanan di atas piring atau mangkok tempat kamu makan. Ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa makanan yang disediakan chef untuk kamu sudah lebih dari cukup. Dan satu lagi, jangan pernah menusuk sumpit kamu di nasi dengan cara tegak sebab akan mengingatkan mereka dengan makanan yang diletakkan di depan altar.

Timur Tengah

Jika kamu melancong ke timur tengah, pastikan ketika kamu menyantap makanan di sana dengan tangan kanan ya. Ini tidak lepas dari ajaran Islam yang mana ketika makan harus menggunakan tangan kanan. Sama halnya seperti di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah orang muslim. Jadi buat kamu yang kidal, jika berkunjung ke timur tengah pastikan untuk menggunakan tangan kanan ketika makan ya.

Italia

Kalau kamu menghadiri jamuan orang Italia, kamu wajib tahu etika dan cara makan disana supaya kamu tidak menyinggung perasaan mereka. Contohnya saja jika kamu ditawari makan untuk pertama kalinya, silahkan tolah dan jika ditawari untuk kedua kalinya maka kamu harus menerimanya. Dan satu lagi, kamu jangan sekali-kali meminta tambahan keju. Sebab mereka menganggap meminta tambahan keju dipercayai sebagai dosa besar. Apalagi jika kamu menambahkan keju diatas seafood maka kamu dianggap menghina chef yang menghidangkan makanan.


Rusia

Di Rusia, meletakkan siku di atas pangkuan dianggap sesuatu yang tidak sopan. Maka letakkanlah siku di atas meja dengan garpu dikiri dan pisau di kanan.

Ethiopia

Beda halnya di Ethiopia yang memiliki tradisi makan bersama-sama di satu piring yang besar. Jika kamu makan di piring secara individual maka dianggap mengotori piring dan menyia-nyiakan makanan.

Portugal

Jika kamu berada di restoran Portugal, jangan pernah untuk meminta garam atau merica kepada pelayan. Karena kamu akan dianggap tidak menghargai kemampuan dari chef yang menyediakan makanan.