Jangan Ngaku Anak Gaul Kalau Belum Tahu 10 Rahasia Menggunakan Whatsapp dengan Maksimal

Kalau lagi inget jaman dulu, SMS jadi santapan sehari-hari. Tapi itu dulu, kalau sekarang? Kalau sekarang mah dah banyak aplikasi pesan instan yang lebih kece gitu. Modal kuota doang, dah bisa macem-macem, mulai dari kirim pesan teks, suara, gambar, video, file, plus video call. Dan kalian pastinya dah pada tahu sama aplikasi yang satu ini, yups WhatsApp!

rahasia menggunakan whatsapp

Aplikasi yang satu ini emang sudah jadi kesukaan orang jaman sekarang. Tampilannya yang sederhana dengan banyak fitur yang ada, bikin orang betah berlama-lama chat dengan aplikasi ini. Ngomong-ngomong tentang WhatsApp, apa aja yang kalian tahu tentang aplikasi pesan instan yang satu ini? Kalau cuma tahu yang itu-itu aja, lama-lama bosen juga, coba 10 cara rahasia menggunakan WA yang jarang orang tahu!

10 Rahasia Menggunakan Whatsapp


1. Buat teks chat di WhatsApp lebih menarik dengan cara ini!

buat tulisan wa keren
Pengen buat tulisan seperti gambar di atas? Langung aja, berikut caranya:

Untuk memiringkan teks kalian bisa menulisnya seperti ini:

_teks_

Untuk menebalkan tulis seperti ini:

*teks*

Dan untuk strikethrough atau tulisan yang dicoret kalian bisa menuliskannya dengan cara seperti ini:

~teks~

Tertarik gak? Gak cuma itu, karena kalian juga bisa mengkombinasikannya juga lho:

*_teks_*

2. Ngumpetin tanda centang biru, biar gak keliatan kalau chatnya sudah dibaca kamu!

cara menyembunyikan centang warna biru di wa

Cara ini cocok buat kalian yang males atau gak sempet langsung balas chat, jadi biar si dia gak baper kalau chatnya cuma diREAD doang, kalian bisa pakai cara ini. Pertama buka settings (pengaturan) > account (akun) > privacy (privasi) > read receipt (laporan dibaca). Atau kalian juga bisa mengaktifkan airplane mode sebelum membuka chat dan keluar dari chat sebelum menonaktifkan airplane mode.

3. Sembunyikan”last seen“ Biar gak ada yang bisa kepoin kapan kalian melihat WA.

cara menyembunyikan last seen di wa

Sama halnya dengan tanda centang dua warna biru, last seen (terakhir dilihat) juga kerap membuat kalian merasa terganggu privasinya kan? Tapi sekarang kalian gak usah khawatir sebab kalian cukup masuk ke settings (pengaturan) > account (akun) > privacy (privasi) > last seen (terakhir dilihat).

4. Munculin pesan-pesan penuh kenangan yang sudah terhapus kembali lagi ke layar percakapan WA kalian, Hehehe.

cara mengembalikan pesan yang terhapus di wa

Jika kalian secara tidak sengaja menghapus pesan yang sebenarnya ingin kalian simpan atau karena faktor lainya, tentunya di saat tertentu kalian akan merasa melihat pesan itu lagi. Nah, kalau kalian telah mengatur backup harian untuk chat di WA kalian dan menyinkronkannya dengan Google Drive, maka kalian gak usah khawatir. Kalian bisa mengembalikan pesan-pesan yang telah terhapus dengan mudah. Caranya cukup menginstall ulang aplikasi WA yang sudah kalian pasang.

5. Cari pesan penting? Harus scrolling? Gak usah! Cukup beri tanda bintang saja.

cara menemukan pesan berbintang di wa

Kalau kalian banyak ikut group WA, Sering sekali kesulitan kalau ada chat penting yang disampaikan ke temen lainnya karena terlalu banyak percakapan, alhasil kalian harus scroll buat nemuin pesan tersebut di grup  Sekarang hanya dengan memberi tanda bintang saja, pesan penting tersebut dengan mudah kalian temukan. Pesan berbintang ini bisa kalian sortir di menu starred messages yang terdapat di settings (pengaturan).

6. Rasakan sensasi chatting Whatsapp di desktop komputer kalian!

cara wa di komputer

Silahkan buka WhatsApp Web di browser komputer kalian. Lalu buka aplikasi WA di hape kalian, pilih settings (pengaturan) > Whatsapp Web. Kemudian kalian akan diminta untuk men-scan QR code dari Whatsapp Web yang ada di desktop komputer kalian. Mudah banget ya?

7. Baru! Whatsapp bisa mem-broadcast pesan pribadi.

cara broadcast lewat wa

Kalian ingin mengirim pesan yang sama ke lebih dari satu orang bukan berarti kalian harus bikin grup chat baru, hanya pakai fitur broadcast saja. Untuk kalian pengguna android, caranya pilih menu lalu pilih new broadcast (siaran baru).

Jika kalian pengguna iPhone, cari tombol broadcast list (daftar siaran) di kiri atas layar chatmu, pilih dan bikin new list (daftar baru). Tidak perlu lama, pesan kalian akan dikirim ke sejumlah orang sebagai pesan pribadi

8. Gak perlu Email! Pake WhatsApp untuk mengirim file dalam bentuk PDF.

cara kirim pdf di wa

Kini gak harus buka email buat kirim file PDF, pasalnya Whatsapp sudah mendukung mengirim file dalam bentuk PDF secara langsung lewat chat Whatsapp.

9. Stalking siapa yang telah membaca dan kapan membaca pesan yang kalian kirim di grup.

cara mengetahui siapa yang baca di grup wa

Caranya sangat mudah, tekan cukup lama pada pesan yang kamu kirim dan tekan info. Maka kamu akan mengetahui siapa saja teman-temanmu yang sudah membaca pesan dan kapan mereka membacanya.

10. Pakai visual reminder untuk balas pesan yang belum sempat kalian balas karena sibuk.

cara balas pesan wa

Saat kalian sedang disibukkan dengan berbagai macam aktifitas kantor dan hanya sempat membaca pesan tanpa membalasnya. Cukup geser pesan tersebut dari kiri ke kanan, maka secara otomatis pesan itu akan ditandai sebagai pesan yang belum dibaca.

Sebenarnya masih ada banyak cara lain yang umumnya jarang digunakan ketika menggunakan Whatsapp seperti mute pemberitahuan grup, mengatur foto agar tidak langsung ter-download, mengatur message preview, dan mem-backup chat. Ada yang sudah pernah coba semua?