Mata Sembab Karena Kurang Tidur? Atau Habis Menangis? Mari Atasi dengan Cara Ini!

Saat sedang bangun tidur, mata sembab karena kurang tidur? atau karena menangis di putusin pacar? Tentu saja mata sembab membuat kita merasa kurang percaya diri bukan? Sebelum semua orang disekitar mulai bertanya-tanya apakah kalian baik-baik saja. Nah, simak cara berikut untuk cara cepat mengatasi mata sembab.
Cara Mengatasi Mata Sembab Karena Kurang Tidur ataupun Sehasbis Menangis

Cara Mengatasi Mata Sembab Karena Kurang Tidur ataupun Sehabis Menangis

1. Kompres dengan Teh Celup Bekas

Caranya, celupkan dua kantong teh ke dalam air es selama sepuluh menit, tekan ke kulit bawah mata sampai kalian mencapai sudut luar mata kalian. Pijat ringan selama sekitar 5 menit. Ulangi prosedur ini beberapa kali.

2. Kompres dengan Sendok Dingin

Caranya, masukkan sendok bersih ke dalam freezer kulkas selama 10-20 menit. Kemudian, tekan sendok dengan lembut langsung di bawah mata kalian, mulai dari bagian mata dalam dan pijat mengarah ke luar. Lakukan bergantian untuk mata yang satunya.

3. Susu Krim

Caranya, Susu yang dingin bisa kalian basuhkan dissekitar mata bengkak. Diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air bersih.

4. Mentimun

Caranya, potong dua iris mentimun segar dan tempelkan di atas masing-masing mata dan biarkan selama 10-15 menit. Ini adalah cara klasik yang menjadi turun-menurun bagi banyak orang.

5. Es Batu atau Air Es

Caranya, Pijat mata kalian menggunakan es batu dengan gerakan melingkar, lakukan selama kurang lebih 15menit.

Lalu kalian juga bisa menggunakan Air Es. caranya, Tuang air ke dalam mangkuk sampai setengahnya. Kemudian, masukkan 4-5 buah es batu ke dalam mangkuk tersebut. Ambil kain atau tisu, celupkan ke dalam air es, kemudian, dimulai dari sudut bagian dalam mata, tekan ke bawah kulit sampai kalian mencapai sudut luar mata kalian. Pijat ringan selama sekitar 5 menit. Ulangi prosedur ini beberapa kali.

6. Minyak Kelapa Alami atau Minyak Zaitun

Caranya, Pijat mata kalian dari dalam mata sampai ke sudut mata menggunakan minyak kelapa alami atau minyak zaitun lakukan selama 5-10 menit, ulangi prosedur ini selama beberapa kali.

7. Kelopak mawar

Sebelum kalian tidur di malam hari, rendam beberapa kelopak mawar di dalam air dan simpan di lemari es. Pada paginya, ketika kalian bangun gunakan air untuk membasuh wajah kalian. Letakkan kelopak bunga mawar dingin ini ke mata kalian untuk mengurangi pembengkakan.

Sementara kalian bereksperimen dengan cara-cara alternatif ini, kalian harus ingat bahwa segera tidur setelah menangis dapat menyebabkan mata sembap lebih parah lagi akibat pengumpulan cairan karena mata tidak berkedip atau bergerak untuk mengeluarkan air mata. Jika kalian tidur, dalam posisi telentang letakkan bantal atau beberapa bantal di bawah kepala kalian sebagai penyangga untuk lebih memungkinkan air untuk keluar dari wajah dan kepala.