Rasanya yang Enak! Inilah Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit

Karena asupan makanan yang kalian komsumsi kurang tepat dan tidak seimbang, itu bisa menyebabkan sembelit atau pencernaan tidak lancar. Tentu saja tubuh jadi tidak enak saat pencernaan tidak lancar dan berbagai aktivitas yang harus dilakukan menjadi terganggu.
Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit
Salah satu cara supaya pencernaan kalian tetap lancar adalah dengan mengomsumsi beberapa makanan dan minuman tang tentu nya harus tepat. Berikut ini kami telah ramngkum makana dan minuman yang bisa membantu melancarkan pencernaanmu.

Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit


1. Lemon
Lemon
Lemon memiliki rasa masam, tapi kandungan serat asam di dalam lemon bisa melancarkan pencernaan mu, jangan salah dulu yaaa teman-teman. Masam bukan membuat perut mu makin sembelit tapi vitamin C yang tinggi dalam Lemon berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kalian.

2. Pisang
Pisang
Sebagian besar mungkin sudah pernah mendengar kalau mengomsumsi pisang bisa melancarkan percernaan. Benar, karena serat pisang dan kandungan mineral yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan tubuh dapat melancarkan pencernaan. Komsumsilah pisang yang sudah matang, karena pisang yang belum matang bisa menyebabkan sembelit loh jadi jangan salah yaa teman-teman.

3. Pepaya
Pepaya
Pepaya memiliki kandungan yang bernama papain, papain itulah yang akan membantu melumatkan makanan dan menyerap nutrisi dalam tubuh yang bisa menyebabkan sembelit. Pepaya mempunyai kandungan serat yang banyak yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan.

4. Jahe
Jahe
Coba deh kalian minum air Jahe, kalau ingin pencernaan kalian lancar. Karena jahe mengandung antioksidan dan gingerol yang membersihkan lambung dari produksi asam berlebih dalam tubuh ketika stres. Kandungan dalam jahe bisa menyembuhkan berbagai gangguan usus, pencernaan, mual, dan kembung.

5. Yoghurt
Yoghurt
Yoghurt mengandung Probiotik bakteri yang berperan penting dalam melancarkan pencernaan. Bakteri bersahabat itu dapat membuat proses pencernaan lancar dan tidak terganggu.

Catatan penting, hindari yoghurt yang mengandung banyak gula. Lebih baik komsumsi plain yoghurt alias tanpa rasa.

6. Alpukat
Alpukat
Tahukah kamu bahwa alpukat termasuk salah satu buah kaya serat dan fiber. Buah kaya serat berperan sangat penting dalam proses pencernaan manusia dan Fiber berperan untuk memungkinkan makanan bergerak lebih cepat melalui usus halus dan membantu penyerapan air, supaya tidak terjadi sembelit.

7. Kacang-Kacangan
Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan mengandung serat yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan setiap harinya. Meski dapat membantu sistem pencernaan, jangan mengonsumsi kacang berlebihan ya! dan ingat Mengonsumsi kacang-kacangan juga harus diimbangi dengan minum air mineral yang cukup.

8. Apel
Apel
Kandungan serat baik pada apel dapat membantu kerja usus mencerna makanan yang masuk dalam tubuh. Sangat disarankan untuk bisa memakan satu atau dua apel setiap harinya agar pencernaan tidak terganggu.

9. Bayam
Bayam
Fungsi bayam untuk membantu kinerja usus dan menyerap air untuk melembabkan saluran pencernaan. Bayam yang merupakan makanan atau sayur kesukaan popeye ini merupakan sayur yang mengandung sumber magnesium terbaik untuk tubuh kalian.

10. Buah Beri
Buah Beri
Beri merupakan buah-buahan yang kaya antioksidan. Kandungan seratnya yang banyak bisa membantu meredakan gangguan perut setiap harinya.

Goodbye Sembelit! Kalau kalian sering sembelit, cobalah komsumsi makanan-makanan di atas. Dijamin perut jadi enteng deh, pencernaan jadi lancar dan aman dan aktivitas jadi lancar~. Semoga bermanfaat